Pengertian, Cara Membuat, dan Keuntungan Menggunakan Skim Coat

Apa itu Skim Coat?


Skim Coat Indonesia

Skim coat merupakan lapisan tipis yang digunakan untuk menutupi permukaan dinding agar lebih halus dan rata. Biasanya, skim coat digunakan sebagai preparasi sebelum mengecat dinding agar warna cat lebih merata dan tahan lama. Skim coat juga bisa membuat permukaan dinding lebih kuat dan tahan terhadap goncangan atau guncangan yang mungkin terjadi.

Cara aplikasi skim coat di Indonesia cukup mudah. Namun, sebelum mengaplikasikan skim coat, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, antara lain:

1. Membersihkan permukaan dinding dari debu dan kotoran. Pastikan permukaan dinding sudah kering dan tidak lembab.

2. Menutup permukaan dinding yang hendak dilindungi terhadap pengaplikasian skim coat. Misalnya, bila hendak mengaplikasikan skim coat pada lantai, tutup permukaan lantai dengan koran atau karton agar tidak terkena noda.

3. Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti kuas, pengaduk semen, dan skim coat. Pastikan alat dan bahan dalam kondisi baik agar hasil aplikasi lebih maksimal.

Setelah persiapan selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan adukan skim coat. Aduk semen dan air hingga merata menggunakan pengaduk semen ataupun mesin mixer. Pastikan konsistensi adukan tepat agar hasil skim coat dapat merata dan halus.

Aplikasikan skim coat ke permukaan dinding menggunakan kuas atau alat aplikasi lain yang sesuai. Tarik skim coat perlahan dengan arah kesamping hingga merata tanpa terlihat bergelombang. Apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih halus, lakukan pengamplasan setelah skim coat kering selama 24 jam. Setelah itu, permukaan skim coat siap di warnai atau dihias sesuai keinginan.

Skim coat dapat diaplikasikan pada berbagai macam permukaan, seperti dinding, lantai, atau bahkan tangga. Skim coat memberikan hasil akhir yang lebih halus dan indah dibandingkan lapisan yang tebal dan kasar. Terlebih lagi, skim coat kuat menahan kelembapan dan tidak mudah terkelupas. Inilah mengapa, skim coat sudah menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang Indonesia dalam menutupi permukaan dinding mereka.

Namun, ada juga beberapa kekurangan dalam penggunaan skim coat. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan skim coat cukup tinggi, terutama jika dibandingkan dengan lapisan biasa yang hanya memerlukan cat dinding. Selain itu, lapisan skim coat yang tebal dapat mengurangi tinggi ruangan secara keseluruhan. Oleh karena itu, sebaiknya dipertimbangkan lagi untuk menggunakan skim coat terutama jika luas bangunan yang akan diaplikasi cukup besar.

Jenis-jenis Skim Coat


jenis skim coat

Skim coat atau plaster tipis, merupakan lapisan tipis yang dioleskan pada permukaan dinding untuk meratakan permukaan. Banyak jenis skim coat yang digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis skim coat yang biasa digunakan di Indonesia.

1. Skim Coat Water Resistant

skim coat water resistant

Skim coat water resistant adalah jenis skim coat yang dapat tahan terhadap air. Biasanya digunakan pada dinding yang akan sering terkena air, seperti kamar mandi atau dapur. Skim coat ini sangat cocok digunakan pada dinding yang sering terpapar kelembaban. Selain itu, jenis skim coat ini juga sangat cocok digunakan pada dinding yang terkena air hujan pada saat musim hujan.

2. Skim Coat Putih

skim coat putih

Skim coat putih biasanya digunakan untuk meratakan permukaan dinding yang telah dilakukan pengamplasan atau pembangunan baru. Skim coat ini dapat memperbaiki ketidakrataan permukaan dinding dan membuatnya menjadi lebih halus dan rata. Skim coat putih juga dipilih karena warnanya yang netral dapat dijadikan dasar pada dinding yang akan diwarnai dengan warna-warna cerah.

Jenis skim coat putih yang terkenal di Indonesia adalah C-Tech Putty. Produk dari PT Citra Mandiri Teknologi ini memiliki keamanan yang terjamin karena telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, skim coat ini terbukti dapat membuat permukaan dinding halus dan rata tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 1 kg hingga 25 kg.

3. Skim Coat Anti-Fungi

skim coat anti-fungi

Skim coat anti-fungi adalah jenis skim coat yang mengandung anti-jamur dan dapat mencegah jamur tumbuh pada permukaan dinding. Jenis skim coat ini sangat cocok digunakan pada dinding yang sering terkena kelembaban, seperti dinding kamar mandi, dapur, dan taman. Selain itu, skim coat jenis ini juga mampu menjaga kebersihan pada dinding karena dapat mencegah tumbuhnya lumut atau jamur pada dinding.

4. Skim Coat Bonding Agent

skim coat bonding agent

Skim coat bonding agent adalah jenis skim coat yang berfungsi sebagai perekat untuk mengikat material dengan permukaan dinding, seperti keramik, batu alam, atau plester tembok. Jenis skim coat ini sangat cocok digunakan pada permukaan dinding yang licin atau permukaan dinding yang terlalu keras, sehingga sulit untuk menempelkan bahan lainnya. Skim coat jenis ini mencegah bahan yang merekat pada dinding melepaskan atau mengelupas.

5. Skim Coat Tahan Api

skim coat tahan api

Skim coat tahan api adalah jenis skim coat yang memiliki sifat tahan api atau sulit terbakar. Jenis skim coat ini sangat cocok digunakan pada area yang memiliki risiko kebakaran tinggi, seperti area dapur atau dekat dengan alat pemadam kebakaran. Selain itu, skim coat ini juga dapat digunakan pada area terbuka yang sering terkena sinar matahari langsung.

Itulah beberapa jenis skim coat yang dikenal di Indonesia. Pilihlah jenis skim coat yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Cara Mengaplikasikan Skim Coat


Skim Coat Indonesia

Skim coat merupakan salah satu jenis penutup dinding yang banyak digunakan di Indonesia. Produk ini bisa memberikan hasil akhir yang halus dan rata pada dinding rumah maupun gedung. Penggunaannya sangat bervariasi, mulai dari diaplikasikan pada tembok luar hingga digunakan untuk perlengkapan interior rumah seperti plafon, dinding kamar mandi, maupun dinding dapur. Berikut adalah cara mengaplikasikan skim coat:

1. Persiapan permukaan dinding


Persiapan permukaan dinding Indonesia

Langkah pertama untuk mengaplikasikan skim coat adalah dengan menyiapkan permukaan dinding yang akan dipoles. Pastikan dinding dalam keadaan kering dan bersih dari debu, kotoran, dan minyak. Jika permukaan dinding yang akan diaplikasikan masih dalam keadaan kasar atau tidak rata, maka sebaiknya dinding tersebut diampelas terlebih dahulu hingga halus dan rata.

2. Campur bahan skim coat


Campur bahan skim coat Indonesia

Setelah permukaan dinding dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah mencampurkan bahan skim coat. Adaptasi perbandingan antara air dan skim coat perlu dilakukan dengan baik agar tidak terlalu cair atau kental. Biasanya sudah tertera rekomendasi perbandingan bahan pada bagian kemasan skim coat. Campurkan dengan mencampurkan air sedikit demi sedikit ke dalam skim coat. Aduk menggunakan mesin mixer hingga bahan menjadi kental dan tidak ada gumpalan yang terbentuk.

3. Pengaplikasian skim coat pada dinding


Mengaplikasikan skim coat pada dinding Indonesia

Sambungkan diberikan tipe kuas di tempat skim coat yang sudah disiapkan untuk menaungi dinging. Setelah itu aplikasikan skim coat mulai dari titik yang paling jauh dari pintu pada area yang sudah di tentukan. Setelah itu langkah selanjutnya yaitu pembuatan acian. untuk membuat acian cukup menambahkan sedikit matrial sifatnya cukup basah yang disebut scaper dengan cara mengikis permukaan skim coat agar permukaan menjadi halus dan rata. Ulangi pengaplikasian skim coat sebanyak dua-tiga kali hingga akan terlihat hasil yang mantap dan menakjubkan.

4. Finishing


Finishing Skim Coat Indonesia

Setelah penerapan skim coat pada dinding selesai, tunggu hingga permukaan kering dengan sempurna. jangan biarkan permukaan saat masih basah atau terkena sinar matahari langsung,sebab dapat mengakibatkan warna yang belum matang dan rusak karena perbedaan keringat permukaan yang terkena sinar matahari akan berbeda dengan yang tidak terkena. Sekarang jenis cat bisa digunakan sebagai media finishing setelah permukaan skim coat yang sudah kering dan matang. Terkesan lebih sempurna dan indah pada dinding ruangan.

Skim coat memang produk yang cukup populer di Indonesia dan dapat memberikan hasil akhir yang halus dan rata pada dinding atau plafon. Proses aplikasi skim coat membutuhkan ketelitian dan kesabaran, namun hasil akhir yang akan didapatkan dapat menghasilkan rumah yang lebih indah, bersih, dan nyaman. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin tahu tentang cara mengaplikasikan skim coat pada dinding atau plafon.

Keuntungan Menggunakan Skim Coat


Skim Coat Indonesia

Skim coat adalah campuran semen tipis yang sangat mudah digunakan. Skim coat digunakan untuk menutupi permukaan seperti beton, tembok, atau kayu dan menciptakan permukaan yang halus, rata, dan mudah dicat. Ini adalah salah satu teknik finishing terbaik untuk renovasi dan pengecatan interior atau eksterior. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan skim coat:

1. Permukaan yang Halus dan Bersih

Skim Coat Indonesia

Dengan menggunakan skim coat, Anda bisa membentuk permukaan halus dan bersih yang sempurna untuk pekerjaan cat. Dengan permukaan yang halus ini, lapisan cat akan menempel dengan baik pada dinding, dan warna cat yang dipilih akan terlihat lebih jelas dan tajam. Permukaan yang halus juga memudahkan untuk mendeteksi cacat dan mengatasi masalah seperti goresan, noda, atau permukaan kasar.

2. Kelembutan Aplikasi

Skim Coat Indonesia

Skim coat dicampur dengan air dan kemudian diaplikasikan dengan alat penghalus seperti kasa atau traul. Aplikasi teknik ini sangat lembut, memungkinkan untuk mendistribusikan bahan dengan baik pada area yang diinginkan. Kelembutan aplikasi skim coat mudah dikendalikan dan lebih mudah daripada teknik aplikasi plaster pada dinding. Kelembutan aplikasi ini memungkinkan skim coat mampu menciptakan permukaan yang halus dan bersih.

3. Hemat Waktu dan Beban Pekerjaan

Skim Coat Indonesia

Skim coat sangat mudah digunakan dan menghemat waktu pekerjaan. Ketika digunakan untuk permukaan datar, produk ini akan melekat dengan cepat ke permukaan, menghemat waktu pemohonan. Pekerjaan skim coat akan mengurangi beban pekerjaan dalam pengecatan dinding dan membuat dinding lebih sehat karena tidak ada remah atau debu yang membandel lagi di permukaan dinding.

4. Tahan Lama

Skim Coat Indonesia

Skim coat dirancang untuk tahan lama. Sangat baik digunakan pada permukaan yang akan sering terkena goresan atau lalu lintas, dan dinding yang akan sering dibersihkan. Kelembutan skim coat juga memungkinkan untuk tetap lentur selama bertahun-tahun tanpa pecah atau retak.

Dalam kesimpulan, keuntungan menggunakan skim coat sangatlah penting. Produk ini membuat pekerjaan pengecatan dinding lebih mudah, menghemat waktu dan biaya, dan memberikan hasil yang sangat diinginkan. Dengan permukaan halus dan optimal, dinding Anda akan menunjukkan hasil yang optimal dan tahan lama. Jadi, penggunaan skim coat dalam proyek cat dinding akan menjadi pilihan yang tepat dan ampuh untuk menghasilkan kualitas pengecatan dinding yang terbaik dan optimal.

Produk Skim Coat yang Direkomendasikan


Skim Coat

Skim coat merupakan material yang digunakan untuk menutupi permukaan dinding dengan cara dioles tipis-tipis. Produk jenis ini banyak digunakan sebagai lapisan akhir untuk memberi kesan yang rata dan halus pada dinding Rumah. Ada berbagai macam produk skim coat yang tersedia di Indonesia, tetapi tidak semuanya dapat memberikan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, kami akan merekomendasikan lima merek skim coat terbaik di Indonesia untuk membuat dinding rumah Anda tampak lebih baik.

1. Ultracoat Skim Coat


Ultracoat Skim Coat

Ultracoat Skim Coat adalah produk skim coat berkualitas yang diproduksi oleh PT Delta Permata Embun. Produk ini terbuat dari bahan alami dan ramah lingkungan, sangat mudah diaplikasikan, tahan lama, dan memberikan hasil yang halus dan rata. Ultracoat Skim Coat tersedia dalam dua varian, yaitu Ultracoat Skim Coat F dan Ultracoat Skim Coat Ceiling. Produk ini sangat sesuai digunakan untuk dinding rumah, hotel, apartemen, dan bangunan lainnya.

2. Coba Skim Coat


Coba Skim Coat

Coba Skim Coat adalah produk skim coat ternama yang diproduksi oleh PT Coba Indonesia. Produk ini terkenal karena kualitasnya yang baik dan mudah dioleskan pada permukaan dinding. Coba Skim Coat tersedia dalam beberapa jenis varian yang disesuaikan dengan jenis permukaan dinding. Produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memperbaiki dinding rumah, gedung, dan lainnya.

3. Phitkari Skim Coat


Phitkari Skim Coat

Jika Anda mencari produk skim coat yang tahan lama dan berkualitas, Phitkari Skim Coat adalah produk yang tepat. Produk ini diproduksi oleh PT Fitrindo Megah Sejahtera dan terbuat dari bahan alami yang ramah lingkungan. Phitkari Skim Coat memberikan hasil yang halus dan rata pada permukaan dinding dan dapat digunakan di berbagai jenis permukaan dinding.

4. Dulux Aquatech Skim Coat


Dulux Aquatech Skim Coat

Dulux Aquatech Skim Coat adalah produk skim coat terkenal yang diproduksi oleh PT ICI Paints Indonesia. Produk ini dijamin tahan lama dan mudah dioleskan pada permukaan dinding. Dulux Aquatech Skim Coat tersedia dalam beberapa varian yang disesuaikan dengan jenis permukaan dinding. Produk ini sangat cocok digunakan untuk gedung, apartemen, hotel, dan rumah.

5. Grandux Skim Coat


Grandux Skim Coat

Grandux Skim Coat adalah produk skim coat premium yang diproduksi oleh PT Tiga Bintang Bersaudara. Produk ini terkenal karena kualitasnya yang baik dan mudah dioleskan pada permukaan dinding. Grandux Skim Coat tersedia dalam dua varian, yaitu Grandux Skim Coat F dan Grandux Skim Coat Ceiling. Produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memperbaiki dinding rumah, gedung, dan lainnya.

Itulah lima merek skim coat terbaik di Indonesia yang dapat kami rekomendasikan. Namun, sebelum membeli skim coat, pastikan Anda telah mempertimbangkan kebutuhan dan permukaan dinding yang akan diaplikasikan. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan ahli rumah jika perlu dan selalu pilih produk skim coat berkualitas untuk hasil terbaik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *