Teknik Plester Dinding Kasar: Panduan Lengkap

Apa itu plester dinding kasar?


Plester Dinding Kasar

Plester dinding kasar adalah lapisan plester yang digunakan sebagai penutup dinding sebelum dinding tersebut dicat atau diaplikasikan dengan bahan dekoratif lainnya. Biasanya, plester dinding kasar digunakan di bagian luar dinding rumah atau bangunan. Plester dinding kasar terbuat dari campuran semen, pasir, dan air.

Plester dinding kasar memiliki kelebihan dalam menjaga dinding dari kerusakan dan menambah kesan estetik rumah atau bangunan. Dalam hal keamanan, plester dinding kasar juga berfungsi untuk memperkuat struktur dinding dan menjadikannya lebih tahan terhadap guncangan dan perubahan cuaca. Selain itu, plester dinding kasar juga dapat menahan panas, suara dan kelembapan.

Plester dinding kasar ada dua jenis yaitu yang berstruktur halus dan kasar. Plester dinding kasar berstruktur halus biasanya digunakan di dalam rumah karena jenis ini dapat memberikan kesan bersih dan rapi. Sedangkan plester dinding kasar jenis kasar cocok untuk digunakan di luar rumah atau bangunan karena dapat memberikan kesan natural dan terlihat kuat.

Plester dinding kasar tidak hanya berfungsi sebagai lapisan penutup dinding, tetapi juga dapat membantu meningkatkan efisiensi energi rumah atau bangunan. Hal ini dikarenakan plester dinding kasar dapat menahan panas dan menjaga suhu dalam rumah atau bangunan agar tetap stabil. Sehingga, penggunaan AC atau pemanas di dalamnya menjadi lebih efisien.

Ketika menggunakan plester dinding kasar, sangat perlu untuk memperhatikan cara pengerjaannya. Sebab jika tidak dilakukan dengan benar, dinding yang dipasangi plester kasar dapat menciptakan bermacam masalah, seperti retak, keropos, dan berjamur. Oleh sebab itu, sebelum memasang plester dinding kasar, pastikan untuk memahami metode dan teknik yang tepat.

Dalam memilih plester dinding kasar juga perlu memperhatikan faktor kondisi cuaca di wilayah yang akan menggunakan plester dinding kasar. Sebab, jika cuaca yang sering terjadi adalah wilayah yang berhujan, memilih plester dinding kasar kasar lebih disarankan. Sedangkan jika wilayahnya beriklim kering, maka plester dinding kasar halus bisa menjadi pilihan yang lebih cocok.

Plester dinding kasar juga dapat diaplikasikan dengan berbagai macam style dan warna. Anda dapat menggunakan warna yang serasi dengan cat dinding atau yang serasi dengan lingkungan sekitar. Sehingga, warna plester dinding kasar dapat memberikan kesan harmonis dan serasi dengan tampilan keseluruhan rumah atau bangunan.

Dalam menjaga plester dinding kasar tetap terlihat bagus, perlu melakukan perawatan yang tepat. Salah satunya adalah dengan rutin membersihkannya dari debu dan kotoran. Cara membersihkan plester kasar yang benar adalah dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang lembut dan tidak merusak plester dinding kasar.

Jadi, itu tadi penjelasan singkat mengenai plester dinding kasar di Indonesia. Dengan plester dinding kasar, rumah atau bangunan Anda dapat terlihat lebih estetik dan kuat, menjaga kondisi dinding dari kerusakan, serta menambah efisiensi energi rumah atau bangunan.

Jenis-jenis Plester Dinding Kasar


Plester Dinding Kasar

Plester dinding kasar adalah bahan yang digunakan untuk menghaluskan permukaan dinding agar lebih rata dan terlihat lebih indah. Plester dinding kasar juga berfungsi untuk menambah kekuatan pada dinding dan sebagai pengontrol kelembaban pada dinding. Terdapat beberapa jenis plester dinding kasar yang biasa digunakan di Indonesia:

Plester Semen

Plester Semen

Plester semen adalah jenis plester dinding kasar yang umum digunakan di Indonesia. Bahan utama dari plester semen adalah bahan semen dan pasir. Plester semen memiliki daya tahan yang cukup baik dan tergolong murah. Selain itu, plester semen juga dapat membantu menghindari timbulnya jamur dan kelembaban pada dinding.

Plester Paris

Plester Paris

Plester Paris atau yang juga dikenal sebagai gypsum plaster merupakan plester dinding kasar yang terbuat dari bahan dasar gypsum. Bahan ini ditemukan cukup melimpah di Indonesia dan biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam dekorasi interior. Plester Paris memiliki keuntungan yaitu mudah dioleskan, lebih halus, tidak mudah retak dan mengering lebih cepat. Namun, harga plester Paris lebih mahal dibanding plester semen.

Plester Acian

Plester Acian

Plester acian adalah jenis plester dinding kasar yang terbuat dari bahan semen, pasir, aditif, dan bahan pengontrol air. Plester ini biasanya digunakan untuk menghaluskan permukaan dinding sebelum diaplikasikan plester halus. Plester acian memiliki kemampuan anti-jamur, tahan air, dan tahan pada suhu yang tinggi.

Plester Spesial

Plester Spesial

Plester spesial memiliki bahan dasar seperti plester semen dan plester Paris. Kelebihan dari plester spesial adalah kelembutan dan ketahanannya pada suhu tinggi. Plester ini sering digunakan di area dapur dan kamar mandi karena tahan terhadap tingkat kelembaban yang tinggi. Harga jual plester spesial juga lebih mahal dibandingkan jenis plester dinding kasar lainnya.

Plester Struktur

Plester Struktur

Plester struktur digunakan untuk memberikan aksen pada dinding. Dibuat dari bahan semen, pasir, dan bahan pengikat, plester ini dapat memberikan tekstur pada dinding yang berbeda-beda, seperti halnya bentuk bulat, persegi, atau bentuk yang lainnya. Plester struktur cukup menyulitkan saat hendak mengaplikasikan dan harga dari plester ini relatif tinggi.

Jadi, itulah beberapa jenis plester dinding kasar yang digunakan di Indonesia. Memilih jenis plester dinding kasar yang tepat akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan hasil akhir dinding yang bagus dan tahan lama.

Langkah-langkah Memasang Plester Dinding Kasar


Plester Dinding Kasar

Salah satu cara untuk meningkatkan nilai estetika sebuah ruangan adalah dengan plester dinding kasar. Teknik ini cukup populer di Indonesia. Pasalnya, dengan plester kasar, dinding akan terlihat lebih bergaya. Selain itu, plester kasar juga bisa membantu menyembunyikan tutupan dan lubang bekas tembok yang dipasang pada dinding. Berikut adalah langkah-langkah memasang plester dinding kasar yang bisa kamu ikuti.

1. Siapkan Alat dan Bahan


gambar alat dan bahan

Persiapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan sebelum memulai memasang plester dinding kasar. Alat yang akan digunakan seperti kiku, palu, cangkul, majelis kayu, dan alat pengikis. Sedangkan untuk bahan yang harus disiapkan seperti semen instan, biocide, primer, dan plester kasar.

2. Bersihkan Dinding


Dinding Bersih

Bersihkan dinding terlebih dahulu dari kotoran, debu atau noda minyak pada dinding yang ingin diplester. Hal ini dilakukan agar permukaan plesteran nantinya bisa menjadi lebih rata dan sempurna. Sobekan dan gosok bagian dinding yang berlapis cat agar catnya hilang dan permukaan plesteran nantinya bisa menempel dengan baik.

3. Campurkan Semen dan Air


Campur Semen

Campurkan semen instan dan air untuk membuat jalan terhadap lembar keras untuk ditempelkan pada dinding. Aduk hingga padatan semen benar-benar tercampur dengan air perbandingan 2:1. Pastikan bahwa adonan semen tercampur dengan rata dan tidak ada gumpalan.

4. Olesi Dinding dengan Primer


Olesi dinding dengan primer

Sebelum memasang plester kasar, terapkan primer pada dinding yang telah dibersihkan. Primer yang digunakan adalah jenis primer yang biasa digunakan untuk dinding dalam rumah. Primer ini berguna untuk membuat plesteran menempel pada dinding dengan sempurna dan hasil plester lebih tahan lama. Balur dinding dengan primer menggunakan kuas atau spon busa hingga merata di seluruh permukaan dinding.

5. Pasang Kanvas atau Majelis Kayu


Pasang kanvas atau majelis kayu

Pasang kanvas atau majelis kayu untuk mengatasi dinding yang tidak rata. Pasang kanvas atau majelis kayu dan jangan lupa untuk memastikan kekuatannya agar dapat menahan bongkahan dengan adonan semen. Pasang kanvas atau majelis kayu dengan memakai sekrup. Sekrup harus ditempatkan dalam setiap 15 sentimeter untuk memberi kekuatan terbaik dan bisa menahan beban plester kasar nantinya.

6. Pasang Plester Kasar


Pasang Plester Kasar

Pada tahap ini, kalian siap untuk memasang plester kasar pada dinding. Pastikan plester kasar terhisap ke ujung majelis kayu hingga dibuat permukaan yang benar-benar rata. Dalam menempelkan plester kasar, gunakan gerakan memutar dan gerakan maju-mundur secara teratur agar plester tersebut dapat melekat dengan kuat di permukaan dinding. Sehingga permukaan plester bisa terlihat rata dan sempurna.

7. Filing


Filing

Setelah permukaan plester tampak rata, jangan langsung menerapkan lapisan cat. Biarkan plester mengering terlebih dahulu selama dua jam. Kemudian gunakan pengikis atau pasir halus pada permukaan yang kering untuk memfilenya. Filen ke arah yang berlawanan dengan arah miring, secara perlahan. Filen hingga terasa cukup halus, tandanya sudah siap untuk dilapisi laporan kembali

Demikain Langkah-langkah untuk memasang plester dinding kasar. Proses memasang plester dinding kasar ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Namun hasilnya akan sangat memuaskan ketika pekerjaan ini selesai. Plester kasar bisa membuat dinding terlihat lebih cantik dan bergaya. Dengan teknik ini kamu bisa mengubah suasana dalam ruangan hanya dengan memasang plester kasar di dinding. Silahkan dicoba, semoga membantu!

Tips Merawat Plester Dinding Kasar


plester dinding kasar

Plester dinding kasar adalah salah satu bahan bangunan yang paling sering digunakan di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, plester dinding kasar juga mudah dipasang dan menawarkan kekuatan yang baik. Namun, seperti semua material bangunan lainnya, plester dinding kasar juga membutuhkan perawatan agar tetap awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat plester dinding kasar.

Pembersihan Rutin


pembersihan rutin plester dinding kasar

Salah satu cara terbaik untuk merawat plester dinding kasar adalah dengan melakukan pembersihan rutin. Anda dapat membersihkan plester dinding kasar setiap 3 bulan sekali dengan menggunakan lap basah atau spons lembut. Hindari menggunakan sabun atau deterjen karena dapat merusak plester dinding kasar. Jangan lupa untuk membersihkan debu dan kotoran pada permukaan plester dinding kasar secara berkala, terutama pada area yang terkena sinar matahari langsung.

Perbaikan Secara Teratur


perbaikan plester dinding kasar

Jika terdapat kerusakan pada plester dinding kasar, sebaiknya segera dilakukan perbaikan. Kerusakan kecil seperti retakan atau tanda lecet dapat diperbaiki dengan menggunakan plester tambahan atau cat tembok. Namun, jika kerusakannya cukup parah, sebaiknya memanggil tenaga ahli untuk memperbaikinya. Perbaikan secara teratur akan membantu menjaga plester dinding kasar tetap awet dan tahan lama.

Pengecatan Kembali


cat plester dinding kasar

Plester dinding kasar dapat dicat ulang setelah beberapa tahun terpasang. Pengecatan kembali dapat membantu memperbaiki tampilan plester dinding kasar yang sudah pudar atau terkelupas akibat cuaca. Pastikan untuk memilih cat yang cocok dengan plester dinding kasar untuk menghasilkan tampilan yang lebih baik.

Menjaga Kelembapan


kelembapan plester dinding kasar

Plester dinding kasar sangat rentan terhadap kelembapan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan di rumah atau bangunan Anda. Pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik dan hindari menempelkan benda yang dapat meningkatkan kelembapan seperti tanaman atau kolam ikan dekat plester dinding kasar. Jika plester dinding kasar terkena air, pastikan segera mengeringkannya dengan lap kering atau kipas angin untuk menghindari terjadinya kerusakan.

Menjaga Jarak dari Benda Tumpul


plester dinding kasar terkena benda tumpul

Kerusakan plester dinding kasar juga dapat disebabkan oleh benda tumpul seperti helm, sepatu bot atau lainnya. Pastikan plester dinding kasar terhindar dari benda-benda yang dapat merusaknya agar tetap awet dan tahan lama. Jika suatu saat Anda harus memasang atau melepas benda yang cukup besar di dekat plester dinding kasar, pastikan terlebih dahulu untuk membungkusnya dengan kain atau plastik agar tidak merusak plester dinding kasar.

Dengan merawat plester dinding kasar secara rutin, Anda dapat memperpanjang umur plester dinding kasar dan menghemat biaya perbaikan. Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi plester dinding kasar setiap beberapa bulan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan segeralah memperbaiki jika terdapat kerusakan.

Keuntungan Menggunakan Plester Dinding Kasar


Plester Dinding Kasar Indonesia

Plester dinding kasar adalah lapisan tipis campuran semen, pasir, dan air yang digunakan untuk meratakan permukaan dinding atau langit-langit. Terdapat beberapa keuntungan menggunakan plester dinding kasar di Indonesia, salah satunya adalah:

Lebih Tahan Lama


Lebih Tahan Lama Plester Dinding Kasar

Dibandingkan dengan dinding yang tidak diolesi plester dinding kasar, dinding yang dilapisi plester kasar lebih tahan lama. Plester dinding kasar dapat melindungi dinding dari kerusakan fisik seperti retak dan goresan. Bahkan jika plester dinding kasar mengalami kerusakan, hanya perlu beberapa retouch pada area yang rusak.

Tahan Air


Tahan Air Plester Dinding Kasar

Plester dinding kasar dapat menahan air, sehingga cocok digunakan di daerah Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi. Plester dinding kasar meminimalkan risiko kerusakan dinding akibat rembesan air atau kelembapan. Hal ini karena plester dinding kasar memiliki daya serap air yang cukup tinggi dan bisa mencapai 25% dari volume plester.

Estetik


Plester Dinding Kasar Estetik

Banyak orang membubuhkan plester dinding kasar untuk memberi sentuhan estetik pada dinding rumah atau gedung. Tidak hanya mempercantik, tetapi juga memberi kesan natural pada dinding. Berbeda dengan dinding tanpa plester dinding kasar yang bisa terlihat terlalu ‘polos’. Ada banyak alternatif plester dinding kasar yang bisa dipilih, salah satunya yang populer adalah plester dinding kasar warna putih yang memberikan kesan minimalis atau clean.

Pemasangan Mudah


Pemasangan Mudah Plester Dinding Kasar

Plester dinding kasar memudahkan dalam pemasangan karena bahan baku dan alat installasinya mudah ditemukan. Bahan baku plester dinding kasar seperti semen dan pasir memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, plester dinding kasar mudah digunakan bahkan oleh pemula karena dapat diaplikasikan di atas berbagai jenis permukaan dinding dengan metode bacok kasar yang sederhana.

Harga Terjangkau


Harga Terjangkau Plester Dinding Kasar

Meskipun memiliki banyak keuntungan, harga plester dinding kasar cukup terjangkau. Harga plester dinding kasar sangat bersaing dan tergantung dari jenis plester dinding kasar yang dipilih. Selain itu, plester dinding kasar termasuk dalam kategori bahan bangunan yang relatif murah dan mudah didapat di toko bangunan.

Demikian keuntungan menggunakan plester dinding kasar di Indonesia. Mulai dari keawetan, daya tahan air, sentuhan estetik, kemudahan pemasangan hingga harga terjangkau. Oleh karena itu, plester dinding kasar menjadi pilihan tepat untuk membantu menjaga dan menjaga keindahan rumah atau gedung Anda di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *