Teknik Memasang Plester Dinding Hebel dengan Mudah

Apa Itu Plester Dinding Hebel?


Plester Dinding Hebel

Plester dinding hebel merupakan salah satu jenis bahan bangunan yang banyak digunakan di Indonesia. Hebel sendiri adalah singkatan dari Hebel Autoclaved Aerated Concrete (AAC), yaitu material konstruksi yang sangat ringan, kuat, dan tahan api. Plester dinding hebel digunakan untuk memberikan lapisan penutup pada dinding hebel agar terlihat lebih rapi dan menambah ketahanannya terhadap cuaca.

Proses produksi plester dinding hebel sangatlah mudah. Bahan baku plester ini terbuat dari campuran semen, pasir, dan komponen Kimia, sehingga produk akhirnya mudah dibentuk dan didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia. Plester dinding hebel terbukti sangat kuat dan tahan lama karena memiliki daya rekat yang tinggi pada dinding hebel, sehingga dapat mencegah air dan udara masuk ke dalam dinding dan merusak struktur bangunan.

Plester dinding hebel juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan plester dinding lainnya. Salah satu keunggulan utamanya adalah bahan ini sangat ringan, sehingga dapat mengurangi beban pada struktur bangunan dan lebih tahan terhadap gempa bumi. Selain itu, plester dinding hebel juga memiliki karakteristik yang tidak mudah retak, tidak terkena rayap, dan mudah dipasang sehingga dapat menghemat waktu dan biaya konstruksi.

Selain untuk memperbaiki tampilan dinding, plester dinding hebel juga dapat menjadi solusi untuk menghemat biaya pemasangan AC pada ruangan. Karena daya hantar panas dari plester dinding hebel sangat baik, suhu ruangan dalam akan tetap terjaga meskipun cuaca panas atau dingin.

Tidak hanya itu saja, plester dinding hebel juga sangat ramah lingkungan. Selain produksi yang mudah dan efisien, plester ini juga dapat didaur ulang sebagai bahan baku untuk produk lainnya. Dengan menggunakan plester dinding hebel ini, kita turut serta dalam menjaga lingkungan hidup dan mendukung program pembangunan berkelanjutan.

Keuntungan Menggunakan Plester Dinding Hebel


plester dinding hebel indonesia

Plester dinding hebel merupakan salah satu solusi untuk membuat dinding rumah menjadi lebih kuat dan tahan lama. Plester dinding hebel sangat populer digunakan di Indonesia karena memiliki banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan plester dinding hebel:

Mudah Dipasang


plester dinding hebel indonesia

Pemasangan plester dinding hebel sangat mudah karena bahan dasarnya yang ringan. Dengan demikian, tenaga dan waktu yang dibutuhkan dalam pemasangan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan plester dinding konvensional. Selain itu, plester dinding hebel dapat dengan mudah dipotong dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan, sehingga pengerjaannya bisa lebih cepat dan akurat.

Menahan Gempa


plester dinding hebel

Plester dinding hebel memiliki kekuatan dan daya tahan yang tinggi, sehingga sangat cocok digunakan di daerah yang sering terjadi gempa. Dalam kondisi tertentu, plester dinding hebel bisa menahan gempa hingga derajat tertentu. Oleh karena itu, banyak rumah-rumah di Indonesia yang menggunakan plester dinding hebel untuk mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa bumi.

Tahan Lama


plester dinding hebel

Selain mudah dipasang dan tahan gempa, plester dinding hebel juga terbukti tahan lama dan tidak mudah rusak. Bahan dasarnya yang terbuat dari foam concrete, yaitu campuran semen, pasir dan air plus bahan tambahan, membuat plester dinding hebel menjadi tahan terhadap segala cuaca dan lingkungan. Bahkan, plester dinding hebel bisa bertahan hingga puluhan tahun tanpa perlu dilakukan perawatan khusus.

Memiliki Daya Isolasi yang Baik


plester dinding hebel

Plester dinding hebel memiliki daya isolasi yang baik terhadap suara dan panas, sehingga membuat suhu di dalam rumah tetap nyaman dan tenang. Daya isolasi plester dinding hebel ini bekerja dengan cara menyerap suara dan mengurangi getaran suara yang berasal dari luar ruangan. Selain itu, plester dinding hebel juga memiliki kemampuan untuk meredam suara dari dalam rumah, sehingga memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Ramah Lingkungan


plester dinding hebel

Plester dinding hebel terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan dan tidak mencemari lingkungan sekitarnya. Bahkan, plester dinding hebel mempunyai nilai daur ulang yang tinggi sehingga bisa diolah kembali menjadi bahan-bahan bangunan yang baru. Dengan menggunakan plester dinding hebel, kita bisa berkontribusi dalam menjaga lingkungan hidup dan terhindar dari dampak negatif penggunaan bahan bangunan yang berbahaya.

Jadi, itu adalah beberapa keuntungan menggunakan plester dinding hebel, mulai dari mudah dipasang, menahan gempa, tahan lama, memiliki daya isolasi yang baik, hingga ramah lingkungan. Dengan mengunakan plester dinding hebel yang memiliki kualitas yang baik, maka Anda tidak hanya mendapatkan dinding rumah yang kuat dan tahan lama, namun juga memberi kontribusi dalam menjaga lingkungan hidup yang lebih baik.

Langkah-Langkah Pemasangan Plester Dinding Hebel


Pemasangan Plester Dinding Hebel

Plester dinding hebel adalah produk yang menjadi pilihan banyak orang dalam membangun dinding rumah. Bahan yang terbuat dari pasir, kapur, semen, dan bahan tambahan lain ini sudah terkenal dengan kelebihannya sebagai penyejuk ruangan, tahan api, maupun tahan gempa. Namun dalam melakukan pemasangan plester dinding hebel, ada beberapa langkah-langkah penting yang harus diperhatikan agar hasilnya maksimal. Berikut ini adalah langkah-langkah pemasangan plester dinding hebel:

1. Penyiapan Alat dan Bahan

Alat dan Bahan Pemasangan Plester Dinding Hebel

Langkah pertama adalah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Beberapa alat yang dibutuhkan antara lain: palu, mistar, kikir, ampelas, karung, ember, corong, serta alat pengaduk dan pemadat plester. Sedangkan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu plester dinding hebel, semen, dan air.

2. Persiapan Dinding Hebel

Dinding Hebel

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, langkah berikutnya adalah persiapan dinding hebel. Pastikan dinding hebel dalam keadaan bersih, rata, dan tidak berdebu. Selanjutnya, celupkan dinding hebel ke dalam air selama beberapa menit dan lap kering dengan kain bersih.

3. Aplikasi Plester Dinding Hebel

Plester Hebel

Aplikasi plester dinding hebel dapat dilakukan dalam satu atau dua lapisan, tergantung pada kebutuhan. Untuk mengaplikasikan plester dinding hebel, pertama-tama siapkan campuran semen dengan air dalam jumlah yang sesuai. Tuangkan campuran tersebut ke dalam corong dan mulai melakukan pengaplikasian plester pada dinding hebel. Pengaplikasian bisa dilakukan dengan menggunakan sekat yang telah ditandai dengan mistar. Pastikan plester yang diaplikasikan merata dan rata. Setelah plester merata, pergunakan ampselas untuk meratakan plester.

Untuk lapisan kedua, aplikasikan plester dinding hebel kembali. Namun sebelum itu, usaplah sejenis pemutih pada permukaan plester atau celah yang masih belum merata sempurna untuk mengetahui mana yang harus diampelas dan mana yang sudah merata. Lakukan pengamplan setelah selesai mengaplikasikan plester, dengan demikian permukaan plester akan lebih halus dan sempurna.

4. Pengeringan dan Finishing

Pengeringan Plester Dinding Hebel

Jangan tergesa-gesa dalam tahap pengeringan. Setelah plester dinding hebel merata, biarkan selama beberapa menit hingga sedikit mengering. Kemudian rapikan dengan ampelas. Setelah itu, plester hanya perlu dikeringkan selama 24 jam atau 1 hari penuh. Dalam tahap finishing, setelah pengeringan, plester sudah terlihat siap untuk dirapikan lagi. Setelah selesai seluruhnya dan dirasa halus, sekarang lakukan finishing seperti memberikan cat varian keinginan kamu. atau aku punya rekomendasi pemilik berikutnya. Seorang teman menyarankan dia akan memberikan finishing lebih baik dengan menyuruh tukang memberikan cat atau produk pembuatan mesin plester dinding hebel dengan cat khusu.

Demikianlah langkah-langkah pemasangan plester dinding hebel. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam membangun rumah impianmu dengan rapi dan rapi.

Perawatan Terhadap Plester Dinding Hebel


Berkat Plester Hebel

Plester dinding Hebel menjadi pilihan yang populer di Indonesia karena keunggulannya yang unggul dalam segi kekuatan dan tahan lama. Walaupun begitu, perawatan tetap diperlukan untuk mempertahankan keindahan dan kekuatan dinding Hebel tersebut.

1. Membersihkan debu dan kotoran

Langkah pertama dalam merawat plester dinding Hebel adalah dengan membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Kotoran yang menempel dapat menjadikan warna plester terlihat kusam dan berpotensi menyebabkannya rusak lebih cepat. Membersihkannya bisa dilakukan dengan menggunakan lap lembab atau vacuum cleaner.

2. Menghindari air menggenang

Plester dinding Hebel memiliki sifat tidak tahan air, sehingga penting untuk memastikan bahwa air tidak tergenang di sekitar dinding. Selain itu, penting juga untuk menghindari adanya tumpukan bahan-bahan yang dapat menahan air, seperti pot tanaman atau papan kayu. Pastikan saluran air lancar dan tidak tersumbat agar air tidak berkumpul.

3. Melakukan pengecatan secara rutin

Pada plester dinding Hebel yang dicat, cat menjadi lapisan pelindung yang membuat plester tetap tampak segar dan dipercantik. Meskipun Hebel memiliki lapisan pelindung, plester tetap rentan terkena dampak cuaca dan bahan kimia yang mungkin merusaknya. Oleh karena itu, perawatan rutin pada cat plester dinding Hebel dibutuhkan agar lapisan pelindung tetap terjaga.

4. Memperbaiki kerusakan secara cepat

Kerusakan Pada Plester Hebel

Kerusakan pada plester dinding Hebel bisa terjadi karena beberapa sebab, seperti goresan atau retak akibat goncangan. Apabila menemukan kerusakan pada dinding, jangan dibiarkan begitu saja karena bisa membuat masalah menjadi lebih parah. Segeralah melakukan perbaikan dengan menutupi keretakan dengan plester baru sehingga dinding terlihat rapi dan bersih.

5. Hindari kerusakan akibat bahan kimia

Menggunakan bahan kimia pada plester dinding Hebel harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak plester. Hindari penggunaan bahan kimia yang mengandung zat korosif atau berbahaya yang mungkin merusak struktur plester. Pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian pada label produk untuk memastikan keamanannya pada plester dinding Hebel.

Perawatan plester dinding Hebel sangat penting untuk membuatnya tetap terlihat indah dan kuat. Dengan menjaga perawatan yang baik, plester dinding Hebel bisa tetap tampak seperti baru dan menjaga rumah menjadi lebih baik. Anda bisa mendengarkan saran dari ahli atau penjual agar perawatan plester Hebel bisa berjalan dengan baik dan tetap dalam kondisi terbaik.

Alternatif Lain Selain Plester Dinding Hebel


Tembok Kalsiboard

Memiliki rumah yang nyaman tentu menjadi keinginan setiap orang. Salah satu cara untuk menciptakan rumah yang nyaman adalah dengan memperhatikan kualitas pembangunan rumah dari dinding hingga atap. Salah satu bahan yang banyak digunakan untuk pengerjaan dinding rumah adalah plester dinding hebel. Namun, ada berbagai alternatif lain yang dapat dipertimbangkan, berikut diantaranya:

Tembok Kalsiboard


Tembok Kalsiboard

Salah satu alternatif pembangunan dinding rumah selain plester dinding hebel adalah menggunakan material tembok kalsiboard. Tembok kalsiboard terbuat dari campuran semen, serat selulosa, dan air sehingga dapat menghasilkan material tembok yang ringan dan tidak mudah retak. Selain itu, tembok kalsiboard juga mudah dalam pemasangan dengan sistem kunci yang rapat sehingga menghasilkan sambungan yang kuat dan rapat. Dalam segi harga, tembok kalsiboard lebih terjangkau dibandingkan dengan plester dinding hebel.

Papan Gipsum


Papan Gipsum

Papan gipsum juga menjadi pilihan alternatif selain plester dinding hebel untuk keperluan pembangunan dinding rumah. Papan gipsum terbuat dari bahan gypsum yang dilapisi dengan kertas tahan air pada kedua sisinya. Kelebihan dari papan gipsum adalah mudah dalam pemasangan, lebih ringan dari material tembok, dan memiliki keunggulan dalam segi akustik serta isolasi panas serta dingin. Dalam segi harga, papan gipsum juga lebih terjangkau dibandingkan dengan plester dinding hebel.

Tembok Batako


Tembok Batako

Alternatif selanjutnya adalah menggunakan material tembok batako. Tembok batako terbuat dari adonan semen, abu batu atau pasir, dan air. Kelebihan dari tembok batako adalah tahan terhadap gempa, memiliki keunggulan dalam segi kestabilan dan ketahanan yang lebih baik, dan dianggap sebagai konstruksi bangunan yang lebih kuat dibandingkan dengan plester dinding hebel. Namun, dalam segi harga, tembok batako lebih mahal dibandingkan dengan alternatif lainnya.

Tembok Batu Alam


Tembok Batu Alam

Tidak hanya plester dinding hebel, tembok batu alam juga menjadi pilihan dalam konstruksi rumah. Tembok batu alam dianggap memberikan kesan alami, klasik, dan estetik yang membangun suasana menjadi lebih hangat. Namun, tembok batu alam juga membutuhkan biaya yang lebih mahal dalam pengerjaannya dan memakan waktu yang lebih lama pada pengerjaannya dibandingkan dengan alternatif lainnya.

Tembok Kayu


Tembok Kayu

Alternatif selanjutnya adalah menggunakan material tembok kayu. Tembok kayu umumnya digunakan pada rumah tradisional. Namun, tembok kayu tetap menjadi favorit bagi sebagian orang karena selain memberikan kesan hangat dan klasik, tembok kayu juga memiliki keunggulan dalam segi insulasi panas serta dingin. Namun, tembok kayu membutuhkan pemeliharaan yang lebih sering dibandingkan dengan alternatif lainnya karena memiliki resiko kerusakan yang lebih tinggi akibat serangga, pembusukan, dan api.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *