Pekerjaan Surveyor di Indonesia: Tugas, Kualifikasi dan Prospek Karir

Apa Itu Pekerjaan Surveyor?


Pekerjaan Surveyor di Indonesia

Pekerjaan surveyor adalah salah satu pekerjaan yang memiliki peran penting dalam berbagai sektor di Indonesia. Seorang surveyor bertanggung jawab untuk melakukan pengukuran dan pemetaan pada suatu area tertentu, seperti tanah, gedung, jalan, sungai, dan lain sebagainya. Kemudian hasil pengukuran ini akan dianalisis dan diproses untuk digunakan dalam rencana pembangunan, pembuatan peta, perencanaan proyek dan sebagainya.

Seorang surveyor harus memiliki kemampuan untuk mengukur dengan tepat dan akurat dan akan menggunakan berbagai alat surveying seperti total station, theodiolite, GPS, dan lain-lain. Selain itu, seorang surveyor juga harus memiliki kemampuan analisis data, pengumpulan data lapangan dan kemampuan komunikasi yang baik. Oleh karena itu, pendidikan dan sertifikasi menjadi faktor penting dalam menunjang karir di bidang surveyor.

Secara umum, pekerjaan surveyor dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Surveyor tanah bertanggung jawab untuk melakukan pengukuran tanah dan mendapatkan data yang dibutuhkan untuk membuat sertifikat tanah, peta, rencana pembelian, dan perencanaan konstruksi.
  • Surveyor bangunan bertanggung jawab untuk melakukan pengukuran dan pemetaan pada bangunan, struktur, dan arsitektur bangunan. Data yang diperoleh akan dimanfaatkan untuk merencanakan proyek renovasi, konstruksi bangunan, atau pembangunan fasilitas baru.
  • Surveyor topografi bertanggung jawab untuk melakukan pengukuran dan pemetaan pada keadaan permukaan bumi, seperti lereng, bukit, daerah banjir, dan lain-lain. Kegiatan surveyor topografi sangat penting dalam pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, bendungan, jalan raya, dan sebagainya

Pekerjaan surveyor sangat dibutuhkan di Indonesia, terutama untuk pembangunan infrastruktur yang pesat dan proyek-proyek besar. Surveyor juga berkontribusi dalam bidang lingkungan, seperti pengukuran dan pemetaan daerah-daerah yang berpotensi bencana dan lingkungan hidup.

Jika Anda tertarik dalam bidang surveyor, ada beberapa langkah yang harus diambil untuk memulai karir dalam bidang ini. Yang pertama, adalah memperoleh pendidikan dan sertifikasi di bidang surveying. Kemudian, dapat bergabung dalam kelompok surveyor yang diakui atau mendapatkan pengalaman kerja pada lembaga-lembaga surveying. Dengan meningkatkan kompetensi, kualitas kerja, dan pengalaman, maka peluang Anda untuk sukses di bidang surveyor akan meningkat.

Kualifikasi dan Keahlian yang Dibutuhkan untuk Menjadi Surveyor


Surveyor Indonesia keahlian dan kualifikasi

Surveyor adalah profesi yang sangat penting dalam pembangunan dan konstruksi. Tugas utama seorang surveyor adalah mengumpulkan informasi yang akurat tentang permukaan bumi serta elemen geografis lainnya yang diperlukan dalam proses konstruksi. Surveyor juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa konstruksi sesuai dengan peraturan dan standar yang telah ditetapkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi surveyor di Indonesia.

Kualifikasi

Untuk menjadi surveyor di Indonesia, setiap calon diminta untuk memiliki kualifikasi pendidikan minimal SMA atau sederajat. Namun, untuk menjadi surveyor yang baik, direkomendasikan untuk memiliki pendidikan perguruan tinggi jurusan Teknik Geodesi, Geomatika, atau Kartografi. Selain itu, calon surveyor juga harus memiliki sertifikasi dari lembaga terkait seperti Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) atau Lembaga Surveyor Indonesia (LSI).

Keahlian

Selain kualifikasi pendidikan yang memadai, seorang surveyor juga harus memiliki keahlian dan kemampuan tertentu. Berikut adalah beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang surveyor:

1. Mampu Mengoperasikan Alat Survey

Sebagai surveyor, kemampuan untuk mengoperasikan alat survey sangatlah penting. Dalam melaksanakan tugasnya, surveyor akan menggunakan berbagai jenis alat seperti theodolite, GPS, total station, dan lainnya. Oleh karena itu, seorang surveyor harus mampu menggunakan alat-alat tersebut dengan baik dan benar agar hasil survei yang diperoleh cukup akurat.

2. Memiliki Kemampuan Analisis Data yang Baik

Setelah mengumpulkan data dari lapangan, surveyor harus mampu menganalisis data tersebut dengan baik. Kemampuan untuk menganalisis data sangat penting dalam menentukan ukuran, jarak, dan tinggi benda yang akan dibangun atau diukur. Oleh karena itu, seorang surveyor harus memiliki kemampuan menganalisa data yang baik dan cekatan.

3. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Seorang surveyor biasanya bekerja dalam tim, baik dengan kontraktor, insinyur, arsitek, dan pekerja lapangan lainnya. Oleh karena itu, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik sangatlah penting. Seorang surveyor harus mampu berkomunikasi dengan baik dan mengerti instruksi yang diberikan oleh manajer proyek atau pihak lain yang memerlukan jasa survei.

4. Cukup Menguasai Ilmu Fisika dan Matematika

Surveyor harus memiliki pemahaman yang cukup akan ilmu fisika dan matematika. Hal ini penting dalam penentuan ukuran, perhitungan elevasi dan tapi yang diperoleh dari hasil survey. Tanpa pemahaman yang cukup pada ilmu fisika dan matematika, seorang surveyor akan kesulitan dalam menginterpretasikan hasil survei yang diperoleh.

5. Memiliki Kepribadian yang Baik

Kepribadian seorang surveyor haruslah baik dan dapat berkerja dengan tim dengan baik. Surveyor harus mempunyai sifat teliti, akurat, dan rajin dalam melakukan tugasnya. Selain itu, seorang surveyor juga harus mampu bekerja dengan efisien dan cepat dalam menyelesaikan tugas yang ada.

Kesimpulan

Itulah beberapa kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang surveyor di Indonesia. Selain ketentuan yang telah ditetapkan di atas, seorang surveyor juga harus dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi lapangan yang berbeda dan mengikuti perkembangan teknologi yang terkait dengan alat survey. Semua keahlian dan kualifikasi tersebut nantinya akan membantu surveyor dalam menjalankan tugasnya dengan baik dan memberikan hasil yang akurat sesuai dengan yang diharapkan.

Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan Surveyor


Ilustrasi Pekerjaan Surveyor

Pekerjaan surveyor di Indonesia adalah profesi yang bertanggung jawab untuk melakukan survei, pemetaan, dan pemantauan atas lahan, bangunan, dan juga infrastruktur. Pekerjaan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa tanah, bangunan, dan infrastruktur yang digunakan oleh masyarakat, pemerintah, dan swasta memenuhi standar kelayakan, aman, dan sesuai peraturan yang berlaku.

1. Tugas Surveyor

Ilustrasi Tugas Surveyor

Beberapa tugas yang dilakukan oleh seorang surveyor adalah:

a. Melakukan survei dan pemetaan atas tanah, lahan, bangunan, dan infrastruktur yang ada di Indonesia.

b. Menentukan lokasi pembangunan bangunan baru seperti rumah, jalan, dan gedung-gedung.

c. Melakukan pemantauan dan evaluasi atas kondisi tanah dan bangunan yang sudah ada untuk memastikan bahwa masih layak digunakan atau perlu perbaikan.

d. Membuat laporan hasil survey dan pemetaan yang digunakan sebagai dasar untuk perencanaan pembangunan atau pembaruan peraturan yang berlaku.

e. Menentukan pemakaian lahan untuk dijadikan tempat pembangunan, baik untuk perumahan, kantor, atau tempat industri.

2. Tanggung jawab Surveyor

Ilustrasi Tanggung Jawab Surveyor

Tanggung jawab surveyor terdiri dari 2 macam.

a. Tanggung jawab terhadap klien/pelanggan, yaitu untuk menyediakan layanan yang berkualitas tinggi, dan relevan dengan kebutuhan mereka. Surveyor harus memiliki kemampuan untuk memahami kebutuhan pelanggan dan menawarkan solusi yang tepat sesuai dengan standar yang berlaku.

b. Tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan, yaitu untuk menjaga keseimbangan ekologi dan sosial. Hal ini dimaksudkan agar setiap hasil survey atau pemetaan yang dilakukan tidak merusak lingkungan dan tidak menimbulkan masalah sosial di dalam masyarakat.

3. Keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Surveyor

Ilustrasi Keahlian Surveyor

Untuk menjadi seorang surveyor, dibutuhkan kemampuan dalam bidang teknik dan matematika, karena tugas utama dari pekerjaan ini adalah melakukan perhitungan, pemetaan, dan juga memahami berbagai instrumen teknik. Keahlian teknis juga penting untuk memastikan hasil survey dan pemetaan yang dihasilkan akurat dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Selain itu, seorang surveyor juga harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, serta memiliki sikap teliti, cermat, dan kritis dalam melakukan pemetaan dan survei. Hal ini karena kesalahan yang terjadi dalam pekerjaan surveyor dapat berdampak buruk pada keamanan dan kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Terakhir, seorang surveyor juga harus memahami peraturan dan standar yang berlaku dalam melakukan pekerjaannya dan harus selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang survei dan pemetaan agar dapat memberikan hasil yang terbaik dan memenuhi standar yang berlaku di Indonesia.

Jenis-jenis Survey dan Teknologi yang Digunakan oleh Surveyor


Jenis-jenis Survey dan Teknologi yang Digunakan oleh Surveyor

Surveyor adalah profesi yang bertugas untuk melakukan survey terhadap suatu wilayah atau lokasi yang akan dikembangkan. Pekerjaan surveyor sangat diperlukan dalam berbagai proyek seperti pembangunan jalan, jembatan, gedung, dan sebagainya. Ada beberapa jenis survey dan teknologi yang digunakan oleh surveyor untuk mendukung pekerjaan mereka. Berikut adalah penjelasannya.

1. Survey Topografi


Survey Topografi

Survey topografi adalah jenis survey yang dilakukan untuk mengumpulkan data tentang bentuk lahan, elevasi, serta keadaan geografis dari suatu wilayah. Survey ini sangat penting dilakukan untuk menentukan rencana pembangunan infrastruktur seperti jalan, gedung, atau bahkan pemetaan wilayah. Untuk melakukan survey topografi, surveyor biasanya menggunakan alat seperti total station, GPS, dan drone.

2. Survey Batimetri


Survey Batimetri

Survey batimetri adalah jenis survey yang dilakukan di perairan untuk mengukur kedalaman, bentuk dasar laut, serta detail-detail lainnya di bawah permukaan laut. Survey ini sangat penting dilakukan untuk berbagai proyek seperti perencanaan pembangunan pelabuhan, dermaga, atau pembangkit listrik di laut. Untuk melakukan survey batimetri, surveyor biasanya menggunakan alat seperti multibeam echosounder atau singlebeam echosounder.

3. Survey Geodetik


Survey Geodetik

Survey geodetik adalah jenis survey yang dilakukan untuk mengukur dan memetakan posisi dan bentuk bumi, serta letaknya dalam koordinat. Survey ini sangat penting dilakukan dalam berbagai proyek seperti pembangunan infrastruktur, pemetaan wilayah, atau bahkan dalam penelitian geologi. Untuk melakukan survey geodetik, surveyor biasanya menggunakan alat seperti total station, GPS, dan teropong.

4. Photogrammetry


Photogrammetry

Photogrammetry adalah teknologi survey yang menggunakan foto udara untuk menghasilkan data 3D tentang wilayah yang di-survey. Photogrammetry sangat berguna dalam hal membuat peta, menggunakan citra satelit, arsitektur, dan penggunaan tanah. Fotogrametri menggunakan gambar overlapped 2 dimensional untuk menghasilkan visible points 3 dimensional. Berbagai alat photogrammetry yang digunakan seperti photogrammetry software, aerial cameras, dan unmanned aircraft.

Demikianlah beberapa jenis survey dan teknologi yang digunakan oleh surveyor. Dalam melakukan pekerjaannya, surveyor sangat membutuhkan ketepatan dan ketelitian dalam mengumpulkan data. Teknologi yang digunakan akan mempermudah pekerjaan surveyor untuk memperoleh data dan menjadikan data tersebut akurat dan tepat.

Peluang Karir dan Gaji bagi Surveyor di Indonesia


Peluang Karir dan Gaji bagi Surveyor di Indonesia

Surveyor merupakan profesi yang kian diminati di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta yang membutuhkan jasa surveyor guna mengetahui detail topografi serta menghindari kesalahan pada proses pembangunan. Berikut adalah peluang karir dan gaji bagi surveyor di Indonesia yang layak dijadikan referensi bagi Anda yang ingin meniti karir di bidang ini.

Peluang Karir


Peluang Karir Surveyor di Indonesia

Peluang karir bagi surveyor di Indonesia cukup besar mengingat banyaknya proyek-proyek besar yang sedang dan akan berlangsung di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa instansi seperti pemerintah, swasta, serta perusahaan konstruksi sangat membutuhkan banyak surveyor yang berpengalaman di bidangnya. Surveyor juga diperlukan dalam beberapa proyek seperti jalan tol, bendungan, dan jalan raya. Peluang karir yang cukup besar tersebut membuat surveyor termasuk dalam salah satu profesi yang cukup menjanjikan.

Gaji Surveyor


Gaji Surveyor di Indonesia

Profesi surveyor di Indonesia memiliki gaji yang cukup menjanjikan. Gaji tersebut ditentukan oleh beberapa faktor seperti pengalaman, Skill, dan jenis pekerjaan yang dijalankan. Berdasarkan data dari situs Pekerjaan, rata-rata gaji surveyor di Indonesia berkisar antara 3-5 juta rupiah per bulan. Namun, jika Anda berpengalaman dan memiliki adiksi yang tinggi, maka gaji surveyor bisa mencapai 10-11 juta rupiah per bulan.

Kualifikasi Surveyor


Kualifikasi Surveyor di Indonesia

Untuk menjadi surveyor di Indonesia, setidaknya harus memiliki kualifikasi akademik seperti lulusan sarjana Teknik Sipil, Geodesi, dan lingkungan hidup. Selain itu, Anda juga harus memiliki sertifikat dari Lembaga Surveyor Indonesia (LSI) yang diakui oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementerian Sumber Daya Air (KSDA). Anda juga harus memiliki beberapa keterampilan di bidang teknologi seperti penggunaan AutoCAD dan GIS.

Keuntungan Menjalankan Profesi Sebagai Surveyor


Job Desk Surveyor di Indonesia

Menjadi surveyor di Indonesia memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah kesempatan traveling. Profesi surveyor akan menuntut Anda untuk melakukan survey pada tempat yang berbeda di berbagai daerah di Indonesia. Anda akan diberikan kesempatan untuk melihat keindahan alam serta budaya lokal yang ada di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, sebagai surveyor Anda juga berkesempatan untuk bekerja di banyak proyek yang berbeda, sehingga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanakan pekerjaan.

Kesimpulan


Kesimpulan Peluang Karir dan Gaji bagi Surveyor di Indonesia

Surveyor di Indonesia adalah profesi yang cukup menjanjikan dengan peluang karir dan gaji yang besar. Untuk menjadi surveyor, setidaknya harus memiliki kualifikasi akademik seperti lulusan sarjana Teknik Sipil, Geodesi, dan lingkungan hidup. Selain itu, Anda harus memiliki beberapa keterampilan di bidang teknologi seperti penggunaan AutoCAD dan GIS. Keuntungan yang didapatkan dalam menjalankan profesi sebagai surveyor adalah kesempatan traveling serta juga dapat bekerja di banyak proyek yang berbeda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *