Pengenalan NLGI: Standar untuk Grease Kinerja Tinggi

Sejarah NLGI


Sejarah NLGI

NLGI adalah singkatan dari National Lubricating Grease Institute yang merupakan sebuah organisasi yang berbasis di Amerika Serikat dan didirikan pada tahun 1933. Organisasi ini didirikan untuk pembentukan dan pengembangan standar kualitas dari pelumas kenyal atau biasa dikenal dengan nama grease.

Selama masa pembentukannya, NLGI merupakan satu-satunya organisasi yang memberikan informasi dan pengetahuan tentang pelumas kenyal. Organisasi ini telah berhasil membuat aturan dan sistem pengukuran konsistensi yang digunakan di seluruh dunia. Aturan yang dibuat oleh NLGI menjadi referensi dalam merancang pelumas kenyal yang dapat digunakan pada suhu yang berbeda dan lingkungan yang berbeda pula.

Kemudian pada tahun 1946, NLGI memperkenalkan standar kualitas dan sistem penilaian di Amerika Serikat. Standar itu mencakup cara pengujian, metode pengukuran, kadar kekentalan, dan lain-lain untuk pelumas kenyal. Hal ini memungkinkan produsen dan pabrik yang membuat pelumas kenyal untuk membuat produk yang memenuhi standar itu agar dapat digunakan oleh pelanggan dengan percaya diri.

Seiring dengan perkembangan teknologi, NLGI terus mengembangkan standar kualitas yang semakin modern. Aturan yang dibuat oleh NLGI pun disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini. Pada tahun 2008, NLGI memperkenalkan standar tentang pelumas kenyal dengan nama Building Energy Codes program (BECs) yang bertujuan untuk menjamin penghematan energi di dalam bangunan.

Hingga saat ini, NLGI terus melakukan riset dan pengembangan terkait pelumas kenyal. Dalam menjalankan fungsinya di seluruh dunia, NLGI bekerja sama dengan banyak organisasi internasional seperti ASTM International, ISO, dan SAE International.

Kriteria Performa NLGI


NLGI

NLGI adalah kependekan dari National Lubricating Grease Institute, organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1933. Tujuan NLGI adalah untuk mengembangkan standar kualitas untuk pelumas dan juga menciptakan kebijakan dan program penelitian untuk produk greasing. Kriteria performa NLGI menentukan kualitas grease dan kemampuannya untuk menahan beban, mengurangi gesekan, mencegah keausan, dan memberikan pelumasan yang tahan lama.

Viskositas


Viskositas

Viskositas adalah salah satu kriteria performa NLGI yang paling penting dalam penentuan kinerja grease. Viskositas adalah istilah untuk mendeskripsikan kekentalan minyak dan dapat didefinisikan sebagai kekuatan perlawanan terhadap aliran. Grease kental dengan viskositas tinggi memberikan pelumasan yang lebih tahan lama dan dapat melindungi komponen mesin dari aus yang berlebihan. Namun, grease dengan viskositas terlalu tinggi mungkin sulit untuk digunakan dan dapat mempengaruhi efisiensi mesin. Kriteria mengenai viskositas diukur dengan menggunakan tes ASTM D445 Standar Metode Uji untuk Viskositas Kinematik dari Cairan.

Konsistensi


Konsistensi

Konsistensi adalah kemampuan grease untuk mempertahankan bentuknya pada saat aplikasi dan dapat didefinisikan sebagai kekentalan yang dinyatakan dalam NLGI Grade. NLGI Grade dihitung berdasarkan jumlah penjatuh bola standar ke dalam grease dan dapat bervariasi dari NLGI 000 (cair) hingga NLGI 6 (sangat kental). Grease yang terlalu kental dapat sulit diaplikasikan, sementara grease yang terlalu lunak mungkin tidak memberikan pelumasan yang cukup.

Titik Lebur


Titik Lebur

Titik lebur adalah suhu maksimum pada saat grease tetap konsisten, dan setelah itu mulai melunak atau mencair. Grease dengan titik lebur tinggi memberikan pelumasan yang tahan lama dan dapat membantu mencegah keausan pada suhu yang lebih tinggi. Grease dengan titik lebur yang terlalu rendah dapat menyebabkan aus yang berlebihan dan mungkin menghasilkan residu saat digunakan pada suhu yang tinggi. Kriteria mengenai titik lebur diukur dengan menggunakan ASTM D566 – 17, Metode Uji Standar untuk Suhu Lebur Grease Mineral dan Petroleum.

Stabilitas Oksidasi


Stabilitas Oksidasi

Grease dapat teroksidasi dan menyebabkan pengentalan, kehilangan viskositas, dan akhirnya kehilangan kemampuan pelumasannya. Oleh karena itu, resistensi oksidasi adalah kriteria performa NLGI yang penting dan menunjukkan kemampuan grease untuk tetap stabil dalam kondisi operasi yang keras. Grease dengan stabilitas oksidasi yang tinggi mampu memberikan pelumasan yang tahan lama dan dapat membantu mencegah keausan dan kerusakan mesin yang berlebihan. Kriteria mengenai stabilitas oksidasi diujikan dengan menggunakan metode ASTM D942 Standar Uji untuk Stabilitas Oksidasi Grease.

Keberadaan Padatan


Keberadaan Padatan

Grease seringkali mengandung padatan seperti grafit atau tembaga yang dapat membantu dalam mengurangi gesekan dan mencegah keausan pada komponen mesin. Namun, keberadaan padatan yang berlebihan dalam grease dapat mengurangi fluiditas dan membuat grease lebih sulit untuk digunakan. Kriteria mengenai keberadaan padatan diukur dengan menggunakan ASTM D5707 Standar Metode Uji untuk Analisis Karakteristik Grease dari Ketentuan Penyajian Sampel Asli.

Penggunaan NLGI dalam Industri


NLGI

NLGI adalah sebuah kode penomoran yang mengacu pada kekentalan grease dalam proses produksi dan pemakaian. NLGI sering digunakan dalam industrial untuk pembuatan berbagai produk seperti pelumas, minyak, dan grease.

Pengertian NLGI


Pengertian NLGI

NLGI yang merupakan singkatan dari National Lubricating Grease Institute adalah sebuah standar pengukuran untuk menentukan kekentalan grease. NLGI tidak mengukur kinerja grease, namun NLGI sangat penting bagi industri dalam proses pemilihan dan penggunaan grease pada mesin dan industri lainnya. NLGI memiliki kode penomoran antara 000 sampai 6. Semakin besar angka pada pengukuran NLGI, maka semakin kental grease yang digunakan.

Penggunaan NLGI dalam Pelumas


Penggunaan NLGI dalam Pelumas

NLGI digunakan dalam pelumas untuk mengukur kekentalan grease yang digunakan pada mesin-mesin dan industri lainnya. Kekentalan grease diperhatikan untuk menghindari gesekan antar komponen dalam mesin yang bisa menyebabkan suhu yang tinggi yang dapat merusak mesin. Penggunaan grease yang sesuai dengan spesifikasi dan pengukuran NLGI dapat meningkatkan kinerja mesin dan menjaga mesin agar lebih awet. Selain itu, NLGI juga dapat digunakan untuk membuat pelumas dari bahan dasar grease yang lebih efektif dan efisien dalam proses pemakaian.

Penggunaan NLGI dalam Minyak Pelumas


Penggunaan NLGI dalam Minyak Pelumas

NLGI juga memiliki peran penting dalam minyak pelumas. NLGI digunakan sebagai standar penomoran untuk menentukan kekentalan minyak pelumas yang digunakan pada mesin dan industri lainnya. Kekentalan minyak pelumas sangat penting untuk menjaga kinerja mesin dan mencegah mekanisme mesin menjadi rusak karena gesekan yang tinggi. Penggunaan minyak pelumas yang sesuai dengan standar NLGI dapat meningkatkan kinerja mesin dan menjaga mesin agar lebih awet, serta menghindari kerusakan yang bisa menyebabkan biaya perawatan yang mahal.

Penggunaan NLGI dalam Grease


Penggunaan NLGI dalam Grease

NLGI juga digunakan dalam proses pembuatan grease. Pada industri pelumas, grease digunakan sebagai pelumas khusus yang mempunyai viskositas yang tinggi dan perlahan-lahan terurai pada permukaan yang dibasahi oleh pelumas. NLGI digunakan untuk menentukan kekentalan grease yang akan dibuat. Grease yang sesuai dengan spesifikasi dan pengukuran NLGI dapat memberikan perlindungan ekstra pada mesin dan industri lainnya, serta mencegah kerusakan pada permukaan yang dibasahi oleh pelumas. Penggunaan grease dengan kekentalan yang sesuai dengan spesifikasi dan pengukuran NLGI akan meningkatkan kinerja mesin dan menjaga mesin agar lebih awet.

Kesimpulan

NLGI adalah sebuah standar pengukuran untuk menentukan kekentalan grease yang digunakan pada mesin-mesin dan industri lainnya. NLGI juga digunakan dalam proses pembuatan pelumas, minyak pelumas dan grease. Kekentalan grease, minyak pelumas, dan grease yang sesuai dengan spesifikasi dan pengukuran NLGI dapat meningkatkan kinerja mesin dan menjaga mesin agar lebih awet. Penentuan pengukuran NLGI sangat penting dalam industri untuk memudahkan penggunaan bahan-bahan yang efektif dan efisien.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *