Macam-Macam Atap Kanopi dan Harganya di Indonesia

Jenis-jenis Atap Kanopi


Macam-macam Atap Kanopi

Atap kanopi menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin melestarikan kesejukan, pelindung dan dengan harga yang terjangkau. Pada umumnya, atap kanopi dapat dipasang pada garasi mobil, carport, taman, teras dan beberapa bentuk lainnya. Atap kanopi terdiri dari beberapa jenis yang memiliki spesifikasi dan keunggulan masing-masing.

1. Atap Polikarbonat


Atap Polikarbonat

Atap polikarbonat adalah jenis atap yang terbuat dari plastik berkualitas tinggi. Atap ini cukup populer di pasaran karena memiliki berbagai kelebihan seperti ringan, mudah dipasang, tidak mudah rusak, transparan dan tentunya sangat efektif dalam menghalau sinar matahari. Dalam hal harga, atap polikarbonat dapat dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Atap ini tersedia dalam berbagai bentuk, warna dan ketebalan.

Selain itu, atap polikarbonat juga cukup ramah lingkungan dan tahan lama. Atap ini sangat cocok dipasang pada area taman, teras atau bahkan ruang tamu karena dapat memberikan kesan modern dan minimalis. Namun, Anda harus mengingat bahwa atap polikarbonat perlu dirawat dengan hati-hati agar tetap memiliki keunggulan seperti resisten dan transparan. Harus selalu dibersihkan dan hindari benda tajam yang dapat menyebabkan goresan atau kerusakan.

2. Atap Seng Gelombang


Atap Seng Gelombang

Atap seng gelombang memiliki beberapa keunggulan seperti kuat, awet dan juga tahan lama. Atap ini biasanya dijual dalam bentuk gulungan dengan ukuran tertentu agar bisa dipotong sesuai bentuk yang diinginkan. Atap seng ini dapat memberikan kesan tradisional yang cocok untuk digunakan pada rumah bergaya klasik.

Harga atap seng gelombang cukup terjangkau dan sangat mudah didapatkan di pasaran. Namun, perlu diperhatikan bahwa atap seng ini cenderung lebih berat dan lebih sulit dalam proses pemasangannya. Anda juga harus rajin membersihkannya dengan mengusir lumut atau jamur pada permukaannya. Meski demikian, atap seng gelombang tetap direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan kesan klasik pada area yang diinginkan.

3. Atap Baja Ringan


Atap Baja Ringan

Atap baja ringan terbuat dari campuran baja dan alumunium sehingga ringan dan mudah dipasang. Selain itu, atap ini juga lebih tahan lama dan sangat cocok dipasang pada area eksterior dan struktur rumah yang lebih modern. Atap baja ringan sangat kuat dan bisa tahan dalam waktu yang lama meskipun berada pada ko ndisi cuaca yang cukup berat.

Dalam hal harga, atap baja ringan berada pada rentang harga yang menengah hingga tinggi. Namun, keunggulannya yang tahan lama dan ringan akan sedikit menggantinya. Kelemahan dari atap baja ringan mungkin ada pada saat terjadi perbaikan atau perawatan. Karena atap ini cukup sulit untuk diwarnai atau diubah bentuknya.

4. Atap Asbes


Atap Asbes

Atap asbes juga merupakan jenis atap yang cukup populer dan mudah untuk didapatkan di pasaran. Atap asbes terbuat dari serat semen atau serat asbes dan terkenal dengan kekuatannya. Atap ini sangat terkenal untuk mempertahankan kekuasaannya di bawah kondisi cuaca yang sulit.

Atap asbes biasanya hadir dalam bentuk panel atau lembaran yang dapat dipotong sesuai ukuran yang dibutuhkan. Meskipun harganya cukup terjangkau, Atap asbes mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, penggunaan atap asbes beberapa waktu terakhir ini mulai berkurang. Satu-satunya sisi positif dalam penggunaan atap asbes mungkin adalah sifat tahan pada iklim yang cukup sulit.

5. Atap Kaca


Atap Kaca

Atap kaca cukup populer dalam gaya arsitektur yang minimalis dan modern. Atap ini memberikan kesan kelas dan elegan pada rumah Anda. Namun begitu, harga dari atap kaca cukup mahal dan bahkan yang termurah bisa bernilai puluhan juta rupiah. Lebih dari itu, atap kaca harus dirawat dan dibersihkan dengan hati-hati agar tetap terlihat bersih dan indah. Kaca juga mudah tergores dan berisiko terhadap cuaca yang ekstrim.

Atap kaca memiliki keuntungan dari sisi tampilan yang menarik dan sekaligus cukup subur dalam memancarkan cahaya alami dalam sebuah ruangan. Dan karena itu, atap kaca sangat cocok untuk dipasang pada area ruangan yang membutuhkan pencahayaan alami seperti ruang keluarga dan kamar tidur. Meski cukup rentan terhadap cuaca, namun atap kaca memiliki ketahanan terhadap terpaan angin dan benturan yang agak besar.

Bahan yang biasa digunakan untuk atap kanopi


Bahan yang biasa digunakan untuk atap kanopi

Atap kanopi adalah salah satu elemen penting dalam merealisasikan desain bangunan modern. Selain memberikan perlindungan dari hujan dan sinar matahari, atap kanopi juga dapat meningkatkan estetika bangunan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa atap kanopi dapat diaplikasikan pada banyak jenis bangunan, dari hunian pribadi hingga gedung-gedung komersial.

Bahan yang dipilih untuk atap kanopi sangatlah penting, karena mempengaruhi ketahanan dan masa pakai atap kanopi. Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk atap kanopi di Indonesia, antara lain:

Baja Ringan

Baja ringan

Baja ringan adalah bahan yang paling umum digunakan untuk membuat atap kanopi di Indonesia. Beberapa alasan mengapa baja ringan menjadi pilihan utama adalah karena harga yang relatif murah, mudah dipasang, tahan lumpur, karat, dan cuaca ekstrem. Selain itu, baja ringan juga ringan dan kuat, sehingga tidak membebani struktur bangunan.

Polycarbonate

Polycarbonate

Polycarbonate adalah salah satu jenis plastik yang sering digunakan untuk membuat atap kanopi. Beberapa kelebihan polycarbonate adalah transparan, tahan terhadap sinar UV, ringan, serta mudah untuk dibentuk. Selain itu, polycarbonate juga cukup kuat dan tahan terhadap benturan, sehingga aman untuk dipakai di daerah yang sering terkena angin kencang. Namun, polycarbonate juga mudah tergores dan buram seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, perlu diperhatikan perawatannya agar tetap terlihat bersih dan bening.

Asbes

Asbes

Asbes dulunya seringkali digunakan untuk atap kanopi di Indonesia. Namun, karena kandungan serat asbes yang berpotensi merusak kesehatan, penggunaan atap asbes semakin dilarang. Seiring dengan kebijakan pemerintah yang menghapus penggunaan asbes, penggunaan bahan ini saat ini sudah sangat terbatas. Namun, beberapa orang masih memilih asbes karena harganya yang lebih murah dibandingkan bahan lainnya.

Genteng Beton

Genteng beton

Genteng beton juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat atap kanopi. Kelebihan dari genteng beton adalah terlihat lebih elegan dan tahan lebih lama dibandingkan bahan lainnya. Selain itu, genteng beton juga dapat dikombinasikan dengan atap lainnya.

Pemilihan bahan untuk atap kanopi tergantung pada budget yang dimiliki, fungsi atap kanopi itu sendiri, serta tuntutan estetika pada bangunan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempertimbangkan dengan matang sebelum memilih bahan untuk membuat atap kanopi.

Kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis atap kanopi


Jenis Atap Kanopi

Atap kanopi menjadi salah satu elemen penting bagi bangunan, terutama pada bagian luar bangunan seperti teras atau garasi. Atap kanopi berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari dan hujan, sekaligus memberi estetika pada bagian luar bangunan. Ada berbagai macam jenis atap kanopi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Setiap jenis atap kanopi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis atap kanopi yang sering digunakan dan penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangannya:

1. Atap Polycarbonate

Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate adalah jenis atap kanopi yang terbuat dari bahan polycarbonate. Atap ini menjadi pilihan populer karena daya tahannya yang cukup baik terhadap cuaca dan tahan terhadap goresan. Atap polycarbonate juga memiliki sifat transparan sehingga dapat memperbaiki pencahayaan pada area yang tertutup. Kelebihan lain dari jenis atap kanopi ini adalah mudah dalam pemasangan dan perawatan yang cukup mudah. Namun, kelemahan dari atap polycarbonate adalah kurang tahan terhadap api dan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan jenis atap kanopi lainnya.

2. Atap Seng Gelombang

Atap Seng Gelombang

Jenis atap kanopi yang kedua adalah atap seng gelombang. Atap ini umumnya terbuat dari bahan seng yang diolah menjadi bentuk gelombang. Kelebihan dari atap seng gelombang adalah mudah didapat dan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis atap kanopi lainnya. Namun, atap seng gelombang memiliki kelemahan di mana sifatnya yang mudah berkarat dan lebih berisiko bocor. Selain itu, atap seng gelombang terkadang tidak cocok digunakan pada bangunan dengan arsitektur modern.

3. Atap Terpal

Atap Terpal

Atap terpal adalah jenis atap kanopi yang terbuat dari kain vinyl atau bahan plastik lainnya. Kelebihan dari atap terpal adalah mudah dalam pemasangan, tergolong ringan, dan harganya yang relatif murah. Selain itu, atap terpal juga dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan selera pemilik bangunan. Namun, kelemahan dari atap terpal adalah sifatnya yang tidak tahan terhadap cuaca ekstrem atau terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. Atap terpal juga tidak cukup kokoh dalam menghadapi angin kencang dan menahan air hujan dalam jumlah banyak.

Itulah beberapa jenis atap kanopi yang sering digunakan beserta kelebihan dan kekurangannya. Sebelum memilih jenis atap kanopi, pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti budget, ketersediaan bahan, serta kebutuhan estetika dan fungsional. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca yang ingin merenovasi atau membangun bangunan dengan atap kanopi yang sesuai!

Faktor-faktor yang mempengaruhi harga atap kanopi


kanopi jendela

Atap kanopi adalah elemen penting untuk melindungi properti Anda dari cuaca panas atau hujan. Material dan ukuran yang digunakan dalam pembuatan atap kanopi adalah 2 faktor utama yang mempengaruhi harga atap kanopi. Namun, ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi harga atap kanopi, seperti:

1. Pilihan Jenis Atap Kanopi

kanopi teras

Tidak semua atap kanopi dibuat dengan bahan yang sama. Ada banyak jenis material yang dapat digunakan dalam pembuatan atap kanopi, seperti metal, aluminium, pvc, polycarbonate, dan sebagainya. Material seperti aluminium dan besi yang lebih kuat mungkin lebih mahal, sementara polycarbonate atau plastik mungkin lebih murah.

2. Ukuran Atap Kanopi

ukuran kanopi

Semakin besar ukuran atap kanopi untuk melindungi area properti Anda, semakin tinggi pula harga atap kanopi. Perhitungan harga atap kanopi didasarkan pada metre persegi, sehingga semakin banyak bahan yang digunakan untuk membuat atap, semakin mahal harganya.

3. Keandalan Atap Kanopi

kanopi minimalis

Keandalan adalah aspek penting dalam pembelian atap kanopi. Jenis material dan struktur pemasangan akan mempengaruhi harga atap kanopi. Jika atap kanopi dibuat dari bahan yang lebih kuat, maka keandalannya lebih tinggi, namun harganya juga lebih tinggi. Sebaliknya, jika atap kanopi dibuat dari bahan yang lebih lemah, maka harganya lebih murah tetapi tidak terlalu tahan lama.

4. Biaya Pemasangan

biaya pemasangan kanopi

Biaya pemasangan atap kanopi juga mempengaruhi harga total. Biaya pemasangan dapat berbeda-beda menurut ukuran dan jenis material atap kanopi. Pada umumnya, biaya pemasangan atap kanopi lebih tinggi jika diperlukan pekerjaan lebih banyak seperti konstruksi rangka besi atau pengecatan. Harga tersebut harus dimasukkan ke dalam anggaran total untuk memastikan efisiensi pengeluaran dan keandalan pemasangan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang terdaftar di atas, Anda akan dapat memperkirakan harga atap kanopi yang akan Anda bayar. Namun, pastikan untuk mencari tahu dahulu tentang tipe atap kanopi yang tersedia untuk memastikan pilihan atap kanopi terbaik untuk kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengevaluasi kebutuhan dengan bijak dan mendapatkan atap kanopi yang tepat dengan harga yang wajar.

Range harga atap kanopi sesuai jenis dan bahan yang dipilih


Macam-macam Atap Kanopi

Atap kanopi saat ini menjadi salah satu pilihan terbaik dalam hal memberikan perlindungan dari panas dan hujan. Secara umum, harga atap kanopi bervariasi sesuai dengan jenis dan bahan yang dipilih. Berikut adalah informasi mengenai harga atap kanopi yang dapat dijadikan referensi bagi Anda yang sedang mencari atap kanopi untuk rumah atau bangunan:

1. Atap Kanopi Polycarbonate


Atap Kanopi Polycarbonate

Atap kanopi jenis polycarbonate menjadi pilihan yang banyak dipilih oleh banyak orang karena memiliki ketahanan yang cukup baik, ringan dan mudah dalam proses pemasangan. Harga atap kanopi polycarbonate mulai dari Rp. 350.000 hingga Rp. 450.000 per meter.

2. Atap Kanopi Seng


Atap Kanopi Seng

Atap kanopi dari bahan seng memang menjadi salah satu yang paling populer. Selain harganya yang terjangkau, atap kanopi seng juga memiliki ketahanan yang baik dan dapat digunakan dalam kurun waktu yang lama. Harga atap kanopi seng mulai dari Rp. 250.000 hingga Rp. 350.000 per meter.

3. Atap Kanopi Baja Ringan


Atap Kanopi Baja Ringan

Atap kanopi dari bahan baja ringan merupakan salah satu pilihan yang sangat baik karena memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap cuaca. Walaupun harganya terbilang mahal, tapi bahan ini bisa bertahan sampai bertahun-tahun dan memang layak untuk dijadikan investasi. Harga atap kanopi baja ringan mulai dari Rp. 350.000 hingga Rp. 550.000 per meter.

4. Atap Kanopi Terpal


Atap Kanopi Terpal

Atap kanopi dari bahan terpal biasanya digunakan untuk bangunan yang bersifat sementara. Atap kanopi terpal murah dan memiliki ketahanan yang cukup baik, namun kelebihannya adalah mudah dalam instalasi sehingga sangat cocok untuk para pemilik rumah yang ingin menghemat anggaran. Harga atap kanopi terpal mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 250.000 per meter.

5. Atap Kanopi Kaca


Atap Kanopi Kaca

Atap kanopi kaca banyak dipilih karena memiliki keindahan yang sangat artistik, tampilannya yang elegan serta ketahanan dan daya tahan yang cukup kuat dari bahaya cuaca. Harga atap kanopi kaca cukup mahal, yaitu mulai dari Rp. 1.500.000 hingga Rp. 3.000.000 per meter.

Untuk mendapatkan atap kanopi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan lupa untuk mengetahui jenis dan bahan yang menjadi faktor penentu dalam menentukan harga atap kanopi. Bahan berkualitas tentunya akan memengaruhi harga. Demikianlah informasi terkait harga atap kanopi yang dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin membeli atau memasang atap kanopi di rumah atau bangunan Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *