Lirik Lagu Pramuka Sejati: Menjadi Pribadi Berkarakter

Pengertian Lagu Pramuka Sejati


Lagu Pramuka Sejati

Lagu Pramuka Sejati is a song that is synonymous with the Scout movement in Indonesia. This song is mainly sung by members of the Gerakan Pramuka Indonesia (Indonesian Scout Movement) during meetings, camping and other scouting activities. It is a song that unites the spirits of scouts and creates a sense of belonging to the community. The lyrics of Lagu Pramuka Sejati carry ethical values that are in line with the Scout movement’s principles and are aimed at promoting patriotism, brotherhood, and love for nature.

Bacaan Lainnya

Pramuka Sejati is a song that has been widely known and sung since the establishment of the Indonesian Scout Movement in 1961. It is intended to remind members of the movement of their duties as morally upright young Indonesians. Singing this song is a way of strengthening moral and nationalistic values while also instilling a sense of togetherness among scouts.

Not only that, the lyrics of Lagu Pramuka Sejati are also inspirational and motivating, not only to scouts but to anyone who hears it. The content of the song carries messages about how one can contribute positively to the community and nation. The song is full of lyrics that are aimed at fostering a spirit of brotherhood, kindness, bravery, and loyalty.

The music of Lagu Pramuka Sejati is upbeat, simple and easy to sing along with. The melody is simple to remember, and the chorus is straightforward to sing, making it easy for everyone to participate. The song’s catchy rhythm and melody are the reasons why this song has become so popular among the people of Indonesia, not only within the Scout movement.

In conclusion, Lagu Pramuka Sejati is a song that has been an essential part of the Scout movement in Indonesia for many years. It carries moral values that are in line with the Scout movement’s principles and is intended to promote patriotism, brotherhood, and love for nature. The song’s catchy melody and simple lyrics have made it popular not only among scouts but also among the public in general. It is a song that unites the spirits of Indonesia’s young generation and has become an anthem for the nation’s Scout movement.

Sejarah Lagu Pramuka Sejati


Lagu Pramuka Sejati Logo

Lagu Pramuka Sejati sudah menjadi lagu resmi gerakan Pramuka Indonesia sejak tahun 1961. Selain sebagai lagu resmi Pramuka Indonesia, lagu ini juga menjadi lambang bahwa Pramuka adalah bagian dari bangsa Indonesia. Seperti halnya negara Indonesia yang memiliki semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, Pramuka Indonesia juga ingin menunjukkan bahwa walau berbeda-beda, tetap satu dalam semangat kebersamaan.

Lagu Pramuka Sejati diciptakan oleh seorang Pramuka bernama Soedjojono Soemitro pada tahun 1951, pada masa kepemimpinan Bapak Boy Soedarmadji sebagai ketua umum Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia. Sejak awal diciptakan, lagu ini berhasil menarik minat para anggota Pramuka Indonesia dan tumbuh menjadi lagu kebanggaan seluruh anggota dan pengurus Pramuka Indonesia.

Awalnya, lagu Pramuka sejati dibuat dengan lirik menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan standar. Namun, pada perkembangannya, lirik dari lagu Pramuka Sejati disesuaikan dengan bahasa Indonesia sehari-hari agar lebih mudah dipahami dan dinyanyikan oleh seluruh anggota Pramuka Indonesia.

Makna dari lagu Pramuka Sejati sangat mendalam. Lirik lagu ini mengandung pesan-pesan moral dan nilai-nilai kebaikan yang tinggi. Pesan moral tersebut antara lain adalah mengajak kepada seluruh anggota Pramuka Indonesia untuk selalu menjunjung tinggi kejujuran, kesetiakawanan, keberanian, dan kerja keras. Selain itu, lagu Ini juga menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan persatuan, yang merupakan implikasi dari semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang dimiliki oleh negara Indonesia. Hal ini menunjukkan sikap Pramuka Indonesia yang tidak hanya peduli dengan prestasi atau pencapaian pribadi, namun juga dengan kepentingan umum serta kebersamaan yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Melalui lagu Pramuka Sejati, seluruh anggota Pramuka Indonesia akan selalu teringat akan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai generasi penerus bangsa Indonesia. Pesan-pesan yang terkandung dalam lagu Pramuka Sejati akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi para Pramuka Indonesia untuk terus berjuang serta melakukan tindakan positif bagi bangsa dan negara Indonesia.

Di samping itu, lagu Pramuka Sejati juga kerap dinyanyikan dalam berbagai kegiatan Pramuka Indonesia, mulai dari kegiatan belajar di unit Pramuka sampai pada kegiatan besar, seperti Perkemahan Nasional serta Jambore Nasional. Lagu ini juga menjadi perekat dan sarana menyatukan seluruh Pramuka Indonesia dari Sabang sampai Merauke dalam semangat kebersamaan dan persatuan.

Isi dan Makna Lagu Pramuka Sejati


Lirik Lagu Pramuka Sejati

Lirik Lagu Pramuka Sejati adalah sebuah lagu kebangsaan yang menjadi simbol keberanian, kejujuran, tanggung jawab, dan patuh pada peraturan dalam gerakan pramuka di Indonesia. Lagu ini sangat populer di Indonesia dan menjadi lantunan yang wajib dinyanyikan oleh seluruh anggota pramuka dalam kegiatan pertemuan dan perkemahan pramuka.

Pramuka Sejati adalah lagu kebangsaan yang digubah oleh melky Goeslaw dan liriknya ditulis oleh Sudarsono. Lagu ini dinyanyikan pertama kali dalam acara perkemahan pramuka tingkat nasional di Cibubur, Jakarta pada tanggal 14 Agustus 1961.

Di dalam lirik lagu Pramuka Sejati terdapat makna filosofis yang sangat mendalam, dimana dalam lirik tersebut terdapat pesan moral yang sangat baik bagi para anggota pramuka. Berikut ini adalah isi lirik dan makna yang terkandung di dalamnya.

1. Lirik Lagu Pramuka Sejati


Lirik Lagu Pramuka Sejati

Syukur

Kami bersyukur padaMu Ya Allah
Dapat berjasa untuk sesama manusia
Tugas pramuka kami junjung tinggi
Sapu jagat selalu kami siapkan.

Refrain:
Pramuka, Pramuka, penggalang, penegak, pandega
Siap sedia mengikuti panggilan
Pramuka, Pramuka, penggalang, penegak, pandega
Rahasia kami tidak ada dustanya.

Kasih sayang

Kasih sayang penting dalam hidup manusia
Pramuka pandai bergaul dengan sesama
Tabah, suka bersedih, suka bergembira
Kawan sejati selalu siap sedia.

Ujung Pandang, 28 Desember 1961
Melky Liese Goeslaw & Sudarsono

[dapat dinyanyikan berbarengan dengan Salam Pramuka:]
Dalam Pramuka, salam satu jiwa!

2. Makna dari Lirik Lagu Pramuka Sejati


Pramuka Indonesia

a. Bersyukur pada Allah
Berbuat baik kepada sesama manusia adalah tugas yang harus dilakukan oleh setiap anggota pramuka, sehingga dalam lirik lagu ini diawali dengan ungkapan syukur kepada Tuhan. Diharapkan dengan melakukan kebaikan, setiap upaya yang dilakukan oleh pramuka bisa berguna untuk sesama manusia.

b. Sapu jagat selalu siapkan
Sapu jagat adalah simbol upaya pramuka untuk membersihkan dunia dari kejahatan, kesalahan, dan kekurangan. Melalui lagu Pramuka Sejati, para anggota pramuka diingatkan untuk siap selalu untuk membantu menyelesaikan masalah di sekitarnya dan menjadi panutan bagi seluruh masyarakat.

c. Kasih sayang
Kasih sayang adalah makna filosofis yang menjadi nilai penting yang harus dimengerti oleh setiap pramuka. Dalam lagu Pramuka Sejati, para anggota pramuka diajak untuk selalu mencintai sesama manusia dan bergaul dengan baik tanpa memandang perbedaan. Pramuka harus menjunjung tinggi persahabatan dan setia kepada kawan-kawannya.

d. Siap sedia mengikuti panggilan
Siap sedia mengikuti panggilan menjadi arti bahwa pramuka harus siap kapan saja dan di mana saja untuk melayani masyarakat dan membantu sesama. Dibutuhkan kesediaan hati yang tulus untuk membantu orang lain, karena itu pada lirik selanjutnya diungkapkan bahwa rahasia pramuka tidak ada dustanya artinya, bahwa kejujuran selalu dipegang tinggi oleh pramuka.

e. Tidak ada dustanya
Pada lirik ini terkandung makna bahwa setiap anggota pramuka harus selalu jujur dan menghargai waktu, kepercayaan, dan kehormatan yang diberikan. Tidak boleh ada kebohongan, karena kejujuran adalah nilai penting dalam gerakan pramuka.

Sebagai kesimpulan, lagu Pramuka Sejati memiliki pesan moral yang baik dan sangat kuat. Unsur keagamaan maupun pengembangan kepribadian bisa ditemukan dalam lirik lagu ini. Oleh karena itu, lagu Pramuka Sejati wajib dikuasai dan dinyanyikan oleh para anggota pramuka di seluruh Indonesia. Karena lagu ini menjadi penghubung pramuka di seluruh pelosok Tanah Air dan menyatukan semangat saling membantu dan gotong royong dalam membantu sesama.

Melodi dan Lirik Lagu Pramuka Sejati


Lagu Pramuka Sejati

Lagu Pramuka Sejati adalah lagu kebangsaan bagi kelompok pramuka di Indonesia. Lagu ini diciptakan pada 1961 oleh seorang pramuka bernama Ruhana Kuddus. Lagu ini kemudian diresmikan sebagai lagu pramuka nasional Indonesia pada 14 Agustus 1980. Lagu Pramuka Sejati memang tidak hanya memiliki lirik yang indah, namun juga memiliki melodi yang unik dan mudah diingat.

Not Angka Lagu Pramuka Sejati

Melodi Lagu Pramuka Sejati cukup sederhana dan mudah diikuti meski bagi mereka yang belum memahami not balok. Lagu ini dimainkan dengan waktu 4/4, artinya empat ketukan per hitungan. Melodi lagu ini terdiri dari tujuh nada yang mudah untuk dinyanyikan bersama-sama. Untuk memudahkan Anda belajar untuk memainkan lagu ini, Anda dapat menggunakan aplikasi pencari not angka atau membeli buku not angka.

Namun jika Anda memiliki kesulitan dengan not balok, hanya lirik saja sudah cukup memotivasi Anda. Lirik yang sederhana namun berisi pesan moral yang menginspirasi dan memotivasi untuk mengembangkan diri, memajukan bangsa, dan melayani masyarakat. Berikut adalah lirik lengkap dari Lagu Pramuka Sejati:

Lirik Lagu Pramuka Sejati
Kami pramuka Indonesia
Satya Dharma diperkasa
Pandu bangsa menuju jaya
Siap sedia mengabdi padamu

Chorus:
Pramuka, jaya pramuka
Semboyan kami satu
Pramuka, jaya pramuka
Kami muda, suci, sejati

Warga negara yang pancasilais
Jujur dan sejahtera serta pandai
Bertekun rajin serta gembira
Jiwa kami patriot, nasionalis

Chorus:
Pramuka, jaya pramuka
Semboyan kami satu
Pramuka, jaya pramuka
Kami muda, suci, sejati

Suara kami teriakan berkobar
Kami pramuka Indonesia sejati
Majukanlah terus pramuka bangsa
Hingga terus maju berjaya

Lagu Pramuka Sejati

Dalam Lagu Pramuka Sejati, terdapat semboyan “Satya Dharma Diperkasa” yang berarti “Kepercayaan dan Dharma diperkuat” dalam Bahasa Indonesia. Semboyan ini menjadi semboyan resmi untuk kelompok pramuka Indonesia dan berisi pesan moral mengenai pentingnya memperkuat keyakinan, menumbuhkan rasa saling percaya, dan memperjuangkan kebenaran. Semboyan ini diharapkan akan menjadi pijakan untuk melindungi bangsa serta mewujudkan Indonesia cerdas, baik, dan berakhlak mulia.

Lagu Pramuka Sejati selalu diciptakan untuk memperkuat nilai-nilai dan semangat pramukaisme di Indonesia, terutama di era modern ini. Lagu ini tetap relevan untuk dikumandangkan dalam berbagai kesempatan baik di acara sekolah maupun kegiatan pramuka lainnya.

Dengan memperdengarkan atau menyanyikan Lagu Pramuka Sejati, dapat memberikan nuansa kebangsaan yang sangat memotivasi. Penyebaran lagu ini juga menjadi salah satu upaya untuk mengenalkan lebih jauh tentang Pramuka Indonesia. Semoga saja dengan kerja keras para putra dan putri bangsa dalam menjunjung tinggi semangat pramukaisme, maka cita-cita pramuka di Indonesia untuk menciptakan generasi yang cinta tanah air dan berakhlak baik akan semakin tergapai.

Popularitas Lagu Pramuka Sejati di Indonesia


Lagu Pramuka Sejati di Indonesia

Lagu Pramuka Sejati adalah lagu kebangsaan yang dinyanyikan oleh seluruh anggota pramuka di Indonesia. Lagu ini mulai diadopsi sebagai lagu kebangsaan pramuka pada tahun 1961. Sejak saat itu, lagu ini telah mengalami perubahan susunan lirik dan alunan musik, tetapi tetap mempertahankan tema dan semangatnya yang sama.

Popularitas Lagu Pramuka Sejati di Indonesia semakin meningkat seiring dengan perkembangan pramuka sebagai organisasi pendidikan nonformal yang cukup besar di Indonesia. Lagu ini sering dinyanyikan pada berbagai kegiatan pramuka, seperti perkemahan, kemah persami, dan pertemuan pramuka antar sekolah. Selain anak-anak pramuka, banyak orang dewasa juga mengenal dan menyanyikan lagu pramuka ini, terutama mereka yang pernah menjadi anggota pramuka di masa mudanya.

Asal Mula Lagu Pramuka Sejati


Asal Mula Lagu Pramuka Sejati

Lagu Pramuka Sejati pertama kali diperkenalkan pada Muktamar Pramuka ke-3 tahun 1961 di Yogyakarta. Lagu ini ditulis dan dikomposisikan oleh Cornel Simanjuntak dan Loekman Hakim, seorang anggota pramuka asal Jakarta. Lagu ini diciptakan untuk menggantikan lagu kebangsaan pramuka yang sebelumnya bernama Hymne Kepanduan.

Lagu Pramuka Sejati memiliki lirik yang sederhana namun sarat dengan pesan-pesan moral dan nasionalisme. Liriknya mengajak seluruh anggota pramuka untuk berjuang demi kebaikan dan kejayaan bangsa Indonesia. Alunan musiknya juga diambil dari lagu daerah Minangkabau yang bernama ‘Kampuang Nan Jauh di Mato’.

Susunan Lirik dan Alunan Musik


Susunan Lirik dan Alunan Musik Lagu Pramuka Sejati

Lagu Pramuka Sejati memiliki susunan lirik dan alunan musik yang baku, tetapi tidak jarang dijumpai variasi dan improvisasi oleh para anggota pramuka dalam menyanyikan lagu ini. Lirik dari lagu Pramuka Sejati adalah sebagai berikut:

Pramuka siaga selalu siap
Prajurit kebangsaan sampai mati
Pramuka penggalang Rajin berbakti
Pandega setia satu jiwa
Selalu siap sedia menolong
Dalam susila pramuka kita dikenal
Tut Wuri Handayani
Terus maju jayalah
Pramuka, Pramuka.

Di samping itu, alunan musik dari Lagu Pramuka Sejati juga cukup khas dan mudah diingat. Pada bagian intro, terdapat melodi dari alat musik harpa yang merupakan ciri khas lagu Pramuka Sejati. Lalu pada bagian chorus, nada yang sedang benar-benar ditekan dan diacungi jempol adalah nada yang disebut “Ti”.

Nilai-nilai yang Terkandung dalam Lagu Pramuka Sejati


Nilai-nilai yang Terkandung dalam Lagu Pramuka Sejati

Lagu Pramuka Sejati mengandung banyak nilai-nilai yang penting untuk diingat dan diterapkan oleh setiap anggota pramuka. Beberapa dari nilai-nilai tersebut adalah:

  • Kejujuran dan integritas
  • Kepedulian sosial dan kemanusiaan
  • Kerja sama dan solidaritas
  • Patriotisme dan nasionalisme
  • Cinta alam dan lingkungan

Dengan menjadikan lagu Pramuka Sejati sebagai lagu kebangsaan pramuka, diharapkan setiap anggota pramuka dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab.

Pengaruh Lagu Pramuka Sejati terhadap Pramuka Indonesia


Pengaruh Lagu Pramuka Sejati terhadap Pramuka Indonesia

Lagu Pramuka Sejati memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan pramuka di Indonesia. Lagu ini menjadi salah satu identitas pramuka sebagai suatu organisasi pendidikan nonformal yang berfokus pada pendidikan karakter dan kepemimpinan. Lagu Pramuka Sejati juga membantu memperkuat semangat persatuan dan kesatuan di antara seluruh anggota pramuka, tanpa memandang perbedaan agama, ras, dan etnis.

Selain itu, lagu Pramuka Sejati juga dianggap sebagai salah satu lagu kebangsaan alternatif di Indonesia. Meskipun tidak memiliki status resmi sebagai lagu kebangsaan, lagu ini sering dinyanyikan dalam acara kenegaraan sebagai bukti kecintaan rakyat Indonesia terhadap negara dan bangsa.

Dengan begitu, Lagu Pramuka Sejati telah menjadi salah satu kebanggaan Indonesia dan menjadi lambang semangat perjuangan bagi setiap anggota pramuka yang ingin berkontribusi dalam membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *