Teknik Komponen Undercarriage Excavator di Indonesia

Fungsi dan Jenis-Jenis Undercarriage Excavator: Pendukung Berat Mesin Konstruksi


Undercarriage Excavator

Excavator atau backhoe merupakan salah satu mesin konstruksi yang paling populer di seluruh dunia, yang digunakan untuk menguruk, memuat, dan membongkar bahan. Namun, dari sekian banyak jenis alat berat ini, ada satu komponen yang tak seharusnya dilupakan dan merupakan penunjang utama mesin ini, yaitu undercarriage excavator. Dalam subtopik kali ini, kita akan membahas fungsi dan jenis-jenis undercarriage excavator yang ada di Indonesia.

Fungsi Undercarriage Excavator

Excavator dibangun untuk bekerja dengan menopang atau bergantung pada undercarriage (onga atau kerangka) yang berfungsi menopang bobot utama mesin saat digunakan. Undercarriage excavator terdiri dari sejumlah komponen, seperti lubang sumbu track roller, idler, sprocket, track link, dan track shoe atau track pad.

Semua komponen tersebut bekerja sama untuk memastikan stabilitas dan performa mesin dalam berbagai kondisi kerja, terutama ketika beroperasi di lingkungan yang kasar dan berdebu. Komponen-komponen undercarriage excavator dirancang untuk menahan beban tonase berat mesin dan mengoperasikan mesin secara efisien dan efektif.

Jenis-Jenis Undercarriage Excavator

Ada dua jenis undercarriage excavator yang umumnya digunakan di Indonesia, yaitu:

1. Undercarriage Excavator dengan Lubang Sumut Track Roller Tertutup

Undercarriage Excavator

Tipe undercarriage excavator ini memiliki lubang sumbu track roller yang ditutup atau tertekuk. Hal ini membantu mencegah kotoran dan debu masuk ke dalam bearing. Undercarriage excavator dengan lubang sumbu track roller tertutup ini biasanya digunakan oleh mesin berukuran kecil hingga menengah.

2. Undercarriage Excavator dengan Lubang Sumut Track Roller Terbuka

Undercarriage Excavator

Undercarriage excavator ini memiliki lubang sumbu track roller yang terbuka, yang mempermudah pengolesan bearing. Biasanya, mesin berukuran besar menggunakan jenis undercarriage ini.

Dalam memilih undercarriage excavator yang tepat untuk mesin Anda, tentukan ukuran dan bobot mesin, serta kegunaan dan jangkauan kerja mesin Anda. Dengan pemilihan yang tepat, undercarriage excavator akan menjadi penunjang utama untuk menjaga stabilitas dan performa mesin Anda di lapangan.

Komponen Penting pada Undercarriage Excavator


Komponen Undercarriage Excavator

Undercarriage pada sebuah excavator memainkan peran penting dalam mobilitas dan performa mesin. Undercarriage tersusun dari beberapa komponen yang bekerja bersama-sama untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan unit. Meskipun terdiri dari berbagai macam bagian yang saling terhubung, ada beberapa komponen penting pada undercarriage excavator yang harus diperhatikan.

Grousers

Grousers

Grousers merupakan komponen yang terletak pada track link atau track shoe. Grousers berfungsi sebagai pelat penahan yang menempel pada setiap ripple atau puncak track. Grousers bertugas sebagai pengunci yang memungkinkan mesin bekerja pada medan yang miring dan curam. Jadi, komponen ini sangat berguna dalam menjaga stabilisasi mesin pada kondisi tanah yang kurang mendukung. Selain itu, grousers juga mampu meningkatkan traksi dan memungkinkan mesin beroperasi pada tanah yang licin.

Sprocket

Sprocket

Sprocket adalah salah satu komponen pada undercarriage excavator yang berbentuk roda bergerigi. Fungsinya sebagai generator putaran yang dapat menggerakkan track-link. Sprocket berguna untuk menarik track-link ke arah belakang atau ke arah depan untuk menggerakkan unit. Pergerakan sprocket yang halus sangat penting agar tidak terjadi gangguan pada sistem penggerak track link.

Track Link

Track Link

Track Link adalah komponen yang menghubungkan antara grousers satu dengan yang lainnya, terlihat seperti sebuah rangkaian dari bagian yang akan mengalirkan tenaga dari mesin, melalui sprocket, dan kemudian di distribusikan ke sisi bodi unit. Track link harus terbuat dari bahan yang tahan lama dan mampu menahan tekanan dengan baik karena akan mendapat tekanan yang sangat besar selama pengoperasian.

Track Shoe

Track Shoe

Track Shoe adalah komponen yang menjadi penopang utama dari seluruh beban mesin. Tidak hanya itu, track shoe juga berfungsi sebagai pelindung pada track link dari tergores atau terbelah akibat pengaruh kekuatan yang berasal dari tanah yang tidak rata. Track shoe terbuat dari besi dan memiliki kualitas yang baik agar tahan lama dan kokoh saat digunakan.

Idler

Idler

Idler merupakan komponen pada undercarriage excavator yang berbentuk mirip roda di bagian depan unit. Fungsinya adalah untuk mengatur putaran dari track-link dan menjaga ketegangan dari seluruh sistem undercarriage. Idler menjadi begitu penting karena mampu mengatur keselarasan pergerakan dari grousers sehingga mampu mengurangi kelelahan yang bisa terjadi pada track-link.

Kesimpulannya, komponen pada undercarriage excavator merupakan sistem yang saling berkaitan untuk mendukung kinerja mesin. Semua komponen tersebut harus bekerja dengan baik dan selalu terjaga agar excavator dapat beroperasi dengan maksimal. Oleh karena itu, pemilik excavator harus selalu memperhatikan kondisi dan perawatan pada komponen undercarriage untuk menghindari kerusakan yang lebih serius pada bagian lain yang dapat mempengaruhi kinerja dari mesin excavator itu sendiri.

Cara Merawat Undercarriage Excavator


Undercarriage Excavator

Masih tentang komponen undercarriage pada excavator, tentunya merawatnya menjadi hal yang sangat penting. Undercarriage merupakan salah satu komponen yang paling penting dan paling terbebani pada sebuah excavator, maka dari itu tentunya perawatan yang tepat sangat diperlukan agar undercarriage excavator tetap dalam keadaan baik dan awet. Berikut adalah beberapa langkah dalam merawat undercarriage excavator dengan baik dan benar agar umur dari undercarriage tersebut lebih lama.

Mencuci Undercarriage Regularly


Cleaning Undercarriage Excavator

Langkah awal dalam merawat undercarriage sebuah excavator tentunya dengan mencuci secara rutin. Sebuah alat berat seperti excavator tentunya pasti terkena banyak sekali debu, lumpur, dan kotoran lainnya yang bisa membuat undercarriage nya cepat rusak apabila tidak segera dibersihkan. Maka dari itu, sangat disarankan untuk membersihkan undercarriage ini secara teratur dengan menggunakan air bersih dan sabun.

Penggantian Track Pada Waktu Tepat


Undercarriage Track Excavator

Track atau rantai pada sebuah undercarriage memiliki umur yang terbatas, maka dari itu jika sudah waktunya harus diganti. Masa pemakaian rantai atau track sebuah excavator bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi penggunaannya. Sebagai contoh, umur track atau rantai sebuah excavator yang digunakan pada sebuah tambang akan jauh lebih pendek dibandingkan excavator yang digunakan di area konstruksi. Untuk itu, penggantian track atau rantai excavator harus dilakukan pada waktu yang tepat agar tidak merusak komponen-komponen di dalam undercarriage.

Perawatan Sprocket Dan Idler


Sprocket Excavator

Komponen seperti sprocket dan idler juga harus dirawat dengan baik agar kehidupan dari undercarriage excavator lebih lama. Sprocket adalah komponen roda gigi yang berfungsi menjalankan gerakan track pada undercarriage. Sedangkan, idler adalah pembawa track yang berada di sisi atas dan berfungsi sebagai penyeimbang berat pada undercarriage. Jika sprocket dan idler tidak dirawat dengan baik, komponen-komponen ini bisa cepat aus dan mengakibatkan undercarriage mengalami kerusakan. Maka dari itu, lakukanlah pengecekan terhadap kondisi sprocket dan idler secara rutin serta lakukanlah pelumasan pada komponen tersebut agar tetap dalam kondisi baik.

Menghindari Medan Berat


Excavator Working in Rocky Environment

Medan berat seperti hutan belantara atau area yang banyak bebatuan sangat berbahaya untuk sebuah undercarriage excavator. Medan seperti itu sangat dapat membuat undercarriage menjadi cepat aus dan terjadi kerusakan yang cukup parah. Jika memang harus bekerja di lingkungan tersebut, pastikan penggunaan undercarriage dan pengoperasiannya dilakukan secara tepat sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang akan terjadi.

Conclusion

Dalam merawat sebuah undercarriage excavator, sangat diperlukan ketelitian dan kehati-hatian. Jangan sampai sebuah undercarriage excavator mengalami kerusakan yang fatal hanya karena ketidaktahuan atau kurang perawatan. Lakukanlah langkah-langkah perawatan yang baik dan pastikan semua komponen pada undercarriage dalam kondisi yang baik sebelum Anda mulai bekerja dengan menggunakan excavator tersebut. Dengan begitu, undercarriage excavator Anda akan memiliki umur yang lebih lama dan Anda bisa melakukan pekerjaan dengan excavator dalam waktu yang lebih lama pula.

Tanda-tanda Undercarriage Excavator Perlu Diganti


Tanda-tanda Undercarriage Excavator Perlu Diganti
Excavator adalah alat berat yang sangat dibutuhkan saat melakukan pekerjaan konstruksi. Dalam melakukan pekerjaannya, undercarriage excavator menjadi komponen penting yang harus diperhatikan. Undercarriage tersebut terdiri dari sejumlah komponen penting seperti track link, track roller, carrier roller, idler, serta sprocket. Semua komponen tersebut harus dalam kondisi yang baik untuk memastikan excavator dapat bekerja dengan optimal. Namun, seperti halnya mesin, undercarriage excavator juga membutuhkan pemeliharaan dan penggantian. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda undercarriage excavator perlu diganti.

1. Kerusakan pada Track Link

Track Link Rusak
Track link adalah komponen yang menopang berat alat berat tersebut. Biasanya, komponen ini terbuat dari baja tahan karat. Namun, setelah digunakan dalam waktu yang lama, track link bisa mengalami kerusakan seperti aus atau koyak. Jika demikian, maka track link harus segera diganti. Jangan menunda-nunda penggantian track link karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain seperti sprocket atau track roller.

2. Carrier Roller dan Idler Aus

Carrier Roller Aus
Carrier roller dan idler adalah komponen yang berguna untuk menopang track dalam posisi yang sama serta menstabilkan alat berat tersebut saat bergerak. Biasanya, komponen tersebut terbuat dari baja tahan karat. Namun, setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama, carrier roller dan idler bisa mengalami kerusakan seperti aus atau bolong. Jika demikian, maka kedua komponen tersebut harus segera diganti. Jangan menunda-nunda penggantian carrier roller dan idler karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain seperti track roller dan sprocket.

3. Sprocket Aus atau Patah

Sprocket Rusak
Sprocket adalah komponen penting yang berfungsi untuk memutar track di sekitar sprocket tersebut. Biasanya, komponen tersebut terbuat dari baja tahan karat. Namun, setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama, sprocket bisa mengalami kerusakan seperti aus atau patah. Jika demikian, maka sprocket harus segera diganti. Jangan menunda-nunda penggantian sprocket karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain seperti track roller dan carrier roller.

4. Track Roller Aus atau Bolong

Track Roller Rusak
Track roller adalah komponen yang berfungsi untuk menopang track pada sisi dalam dan luar alat berat. Biasanya, komponen tersebut terbuat dari baja tahan karat. Namun, setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama, track roller bisa mengalami kerusakan seperti aus atau bolong. Jika demikian, maka track roller harus segera diganti. Jangan menunda-nunda penggantian track roller karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain seperti sprocket dan carrier roller.

Demikian beberapa tanda-tanda undercarriage excavator perlu diganti yang harus diperhatikan. Jika Anda melihat tanda-tanda tersebut, segera ganti komponen yang bersangkutan dan pastikan alat berat tersebut bekerja dengan optimal.

Proses Penggantian Undercarriage Excavator


Proses Penggantian Undercarriage Excavator

Komponen undercarriage excavator harus dijaga dengan baik karena fungsinya yang sangat penting dalam memudahkan gerakan dan fleksibilitas mesin. Namun, ada kalanya undercarriage mengalami kerusakan atau aus sehingga perlu diganti. Berikut adalah proses penggantian undercarriage excavator:

1. Persiapan


Persiapan

Untuk melaksanakan penggantian undercarriage, excavator harus berada di bengkel atau tempat yang layak. Pastikan bahwa mesin dalam kondisi mati dan stabil serta dikeringkan terlebih dahulu sebelum dilakukan penggantian.

2. Membuka Undercarriage Lama


Membuka Undercarriage Lama

Tahapan kedua adalah membuka undercarriage lama dari excavator. Hal ini dilakukan dengan melepas semua baut dan pengunci yang menahan undercarriage lama di tempatnya. Pastikan seluruh alat dan bagian yang dilepas disimpan dan dikelompokkan dengan baik agar tidak hilang atau tertukar.

3. Penggantian Sebuah Komponen


Penggantian Sebuah Komponen

Penggantian komponen seperti track shoe, sprocket, roller, dan idler dilakukan jika hanya beberapa bagian yang aus atau rusak. Komponen lama harus dikeluarkan dengan hati-hati dan diganti dengan komponen yang baru. Pastikan penggantian sesuai dengan spesifikasi mesin.

4. Penggantian Seluruh Undercarriage


Penggantian Seluruh Undercarriage

Jika undercarriage terlalu aus atau rusak, penggantian seluruh undercarriage harus dilakukan. Setelah mengeluarkan undercarriage lama dari excavator, ganti dengan undercarriage baru. Pastikan anda menggunakan undercarriage yang sesuai dengan spesifikasi mesin anda. Umumnya waktu yang dibutuhkan untuk penggantian seluruh undercarriage adalah 3 hingga 4 hari.

5. Perawatan Pasca Penggantian


Perawatan Pasca Penggantian

Setelah penggantian undercarriage excavator, pastikan untuk melakukan perawatan yang baik pada mesin ataupun undercarriage. Lakukan pengecekan seluruh bagian, apakah sudah sesuai dengan spesifikasi mesin dan baut terpasang dengan baik. Pastikan undercarriage dan engine dalam kondisi yang baik guna meningkatkan kinerja mesin. Luangkan waktu untuk pemeliharaan dan pembersihan excavator secara berkala. Dalam jangka waktu kurang lebih 6 bulan setelah penggantian diharapkan rutin melakukan pengecekan dan tidak menunggu hingga terjadi kerusakan lagi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *