Jenis-jenis Pahat Bubut dan Fungsinya: Panduan Lengkap Teknik Bubut

Pengenalan Pahat Bubut


pahat-bubut

Pahat bubut adalah pahat yang digunakan untuk memotong material kayu, logam, atau bahan lainnya dalam pengolahan dengan mesin bubut. Ada banyak jenis pahat bubut yang digunakan tergantung pada jenis material yang akan dipotong dan efek yang ingin dicapai dalam proses pengolahan.

Pada umumnya, pahat bubut dibuat dari bahan berkualitas tinggi yang tahan lama serta tajam pada ujungnya. Jenis bahan yang biasa digunakan antara lain High-Speed Steel (HSS) dan karbida. Selain faktor bahan pembuatan, ukuran dan bentuk pahat bubut juga dipertimbangkan agar dapat sesuai dengan proses dan alat yang akan digunakan.

Untuk pemula, inilah beberapa jenis pahat bubut dan fungsinya:

1. Pahat Potong (Cutting Tool)

pahat-potong

Pahat potong adalah jenis pahat yang sering digunakan dalam proses pemesinan. Pahat ini dirancang untuk memotong material melintang atau membelah benda kerja dan isinya menjadi dua. Fungsi utama dari pahat ini adalah membuang material dengan cepat dan akurat. Pada umumnya pahat potong memiliki bentuk V atau U.

Ada dua jenis pahat potong, yaitu pahat potong bulat dan pahat potong segitiga (square-end). Pahat potong bulat memiliki ujung yang lebih bulat dan cocok digunakan untuk memotong benda kerja yang lebih keras. Sedangkan pahat potong segitiga memiliki ujung yang lebih runcing dan digunakan untuk membentuk sudut serta melicinkan permukaan benda kerja.

Dalam penggunaannya, pahat potong biasanya dilengkapi dengan holder atau pemegang pahat yang terpisah dan dapat dilepas pasang sesuai dengan kebutuhan. Holder ini biasanya terbuat dari besi berkualitas tinggi yang tahan lama dan dapat digunakan untuk berbagai aplikasi dan mesin bubut.

Dalam pemilihan pahat potong, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan terutama faktor material yang akan dipotong, kecepatan pemotongan yang diperlukan, serta efisiensi pemotongan.

2. Pahat Skrapping (Skrapping Tool)

pahat-skrapping

Pahat skrapping digunakan untuk menghaluskan permukaan material. Fungsi utama pahat ini adalah untuk menghilangkan sisa bahan pembuangan (trailing edge). Pahat ini dirancang dengan ujung runcing dan berbeda bentuk dengan pahat potong.

Proses skrapping pun terbilang rumit karena memerlukan keahlian khusus dan dapat memakan waktu yang cukup lama. Namun, dengan hasil akhir yang sangat baik serta sangat presisi, membuat pahat skrapping sering digunakan dalam industri manufaktur atau pembuatan mesin.

3. Pahat Tarik (Parting Tool)

pahat-tarik

Pahat tarik digunakan untuk memisahkan material pada kedua sisi benda kerja. Fungsi utama pahat ini adalah untuk memotong benda kerja menjadi dua bagian. Disebut juga pahat pembelahan/keluar.

Pemakaian pahat tarik untuk memisahkan benda kerja di tengah dilakukan dengan hati-hati, mengingat kekuatan yang dibutuhkan untuk memotong suatu benda sangat tinggi. Oleh karena itu, pemilihan bahan dan pembuatan pahat tarik sangat penting.

Demikianlah jenis-jenis pahat bubut dan fungsinya yang harus diketahui terutama bagi pengrajin atau industri manufaktur. Dengan pengetahuan yang cukup dan pemilihan jenis pahat yang tepat, pengolahan bahan dengan mesin bubut dapat menjadi lebih optimal dan efektif.

Jenis Pahat Bubut Berdasarkan Bentuknya


Jenis Pahat Bubut Berdasarkan Bentuknya

Ada beberapa jenis pahat bubut yang berbeda berdasarkan bentuknya. Pahat bubut sering kali dibuat khusus untuk tugas-tugas tertentu pada mesin bubut. Berikut merupakan beberapa jenis pahat bubut berdasarkan bentuknya.

Pahat Bubut Pengebor

Pahat bubut pengebor adalah alat untuk melubangi material dengan diameter kecil. Bentuknya seperti terompah dengan ujung yang sangat tajam. Pahat bubut pengebor biasanya terdapat pada anjungan mesin bubut.

Pahat Bubut Potong Pipih

Pahat bubut potong pipih adalah jenis pahat bubut yang digunakan untuk memotong permukaan material dengan gerakan memutar yang datar. Pahat bubut potong pipih kebanyakan digunakan untuk perataan permukaan material-logam seperti baja dan alumunium.

Pahat Bubut Pemutar

Pahat bubut pemutar adalah jenis pahat bubut yang digunakan untuk memproses permukaan material dengan bentuk lingkaran. Pahat bubut pemutar biasanya dipakai untuk menghasilkan roda gigi, alat keras, pulley, dan sekrup.

Pahat Bubut Potong Alur

Pahat bubut potong alur adalah peralatan untuk membuat slot pada material dengan menggunakan mesin bubut. Pahat bubut potong alur memiliki pahat-pahat dengan bentuk melengkung untuk melakukan operasi pemotongan. Biasanya, pahat bubut potong alur digunakan pada industri manufaktur saat membuat komponen-komponen mesin besar atau dalam pembuatan baut, mur, dan lain sebagainya.

Pahat Bubut Potong Sudut

Pahat bubut potong sudut adalah alat yang digunakan untuk memotong permukaan material dengan sudut tertentu. Pahat bubut potong sudut digunakan dalam pembuatan profil, ubin, dan fitting pipa.

Pahat Bubut Instalasi Lubang

Pahat bubut instalasi lubang biasanya digunakan dalam industri otomotif untuk memotong lubang dengan kepresisan tertentu pada jenis bahan material yang lebih lunak.

Dengan ragamnya jenis pahat bubut yang tersedia saat ini, penting untuk menemukan jenis yang tepat untuk tugas yang Anda inginkan. Dalam memilih jenis pahat bubut yang tepat, penting untuk menyesuaikannya dengan jenis material yang dibubutkan, kemampuan mesin bubut yang digunakan, serta hasil akhir yang diinginkan. Dengan penggunaan jenis pahat bubut yang benar, Anda akan memperoleh hasil bubutan yang berkualitas dan sesuai dengan permintaan Anda.

Fungsi Pahat Bubut dalam Proses Pemesinan


Pahat Bubut

Pahat bubut merupakan alat yang penting dalam proses pemesinan pada mesin bubut. Dalam proses bubut, pahat membentuk benda kerja dengan cara menghapus bahan dari permukaannya dan membentuk bentuk yang diinginkan.

Pahat Bubut Potong

Pahat Bubut Potong

Pahat bubut potong adalah jenis pahat bubut yang paling sering digunakan saat memotong bahan atau material. Terdiri dari beberapa bagian, pahat bubut potong berfungsi membuang serpihan yang dihasilkan oleh hasil bubutan. Pahat bubut potong dapat digunakan untuk memotong logam, kayu, plastik, dan bahan lainnya. Jenis-jenis pahat bubut potong meliputi flat nose, round nose, parting, dan threading tegangan tegak.

Pahat Bubut Penggiling

Pahat Bubut Penggiling

Pahat bubut penggiling juga dikenal sebagai pahat bubut yang gerakannya gesek, yang pada prinsipnya berfungsi untuk mengubah bentuk material dengan menggunakan pengamplasan atau pelepasan bahan. Pahat bubut penggiling memasukkan benda kerja ke dalam pahat dan menggesekkannya ke bawah dengan terus menghaluskan permukaan yang diinginkan. Jenis-jenis pahat bubut penggiling termasuk cylindrical, pointed, corner rounding, dan concave.

Pahat Bubut Pahat Dalam

Pahat Bubut Pahat Dalam

Pahat bubut pahat dalam digunakan untuk membentuk lubang, cabang, dan kantong pada benda kerja. Pahat bubut pahat dalam memiliki ujung yang melingkar dan yang dapat menembus permukaan dengan mudah. Jenis-jenis pahat bubut pahat dalam termasuk boring, facing, turning, dan shaping.

Pahat Bubut Pahat Pisau

Pahat Bubut Pahat Pisau

Pahat bubut pahat pisau digunakan untuk memotong bahan dengan memasukkan pahat lurus ke benda kerja. Antara pahat dan benda kerja harus diatur sudut yang sempurna agar bersenggat dengaan baik. Pahat bubut pahat pisau cukup digunakan pada benda kerja yang kecil dan ketebalannya sedang.

Pahat Bubut Pahat Tekuk

Pahat Bubut Pahat Tekuk

Pahat bubut pahat tekuk adalah jenis pahat bubut yang digunakan untuk membentuk suatu lengkungan atau melengkung dalam benda kerja. Pahat bubut pahat tekuk memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam pembentukan benda kerja yang kompleks. Jenis-jenis pahat bubut pahat tekuk termasuk radius, chamfering, dan grooving.

Dalam proses pemesinan, pemilihan pahat bubut yang tepat sangat penting untuk memastikan pembentukan bentuk yang diinginkan dan untuk menghindari kerusakan pada alat bubut. Oleh karena itu, penting bagi operator mesin bubut untuk memahami fungsi dari masing-masing jenis pahat bubut dan memilih yang sesuai dengan spesifikasi pekerjaan yang akan dilakukan. Selain itu, teknik pemakaian pahat bubut yang benar juga harus diterapkan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam proses pemesinan.

Memilih Jenis Pahat Bubut yang Tepat


pahat bubut fungsinya

Saat ini ada berbagai jenis pahat bubut yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan fungsi khususnya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari mesin bubut Anda, penting untuk memilih jenis pahat bubut yang tepat. Berikut beberapa jenis pahat bubut dan fungsinya:

Pahat Bubut untuk Potong


pahat bubut potong

Pahat bubut untuk potong digunakan untuk menghasilkan permukaan yang rata pada benda kerja. Pahat ini memiliki ujung yang runcing dan tegas, cocok untuk memotong bahan dengan kecepatan tinggi. Jenis pahat bubut ini berguna untuk membuat permukaan benda kerja lebih halus dan rata dengan memotong bahan yang tidak diinginkan.

Pahat Bubut untuk Membuat Alur


pahat bubut membuat alur

Pahat bubut ini digunakan untuk membuat alur di benda kerja. Ada beberapa jenis pahat bubut untuk membuat alur, seperti pahat bubut untuk alur lurus, alur melingkar, dan alur segitiga. Pahat ini sering digunakan pada pembuatan alur pada poros, roda gigi, dan komponen lainnya.

Pahat Bubut untuk Menggali


pahat bubut menggali

Jenis pahat bubut ini digunakan untuk membuat lobang atau lubang pada benda kerja. Pahat bubut untuk menggali terdiri dari dua bagian, yaitu pangkal dan pisau. Pisau dibuat dengan sudut tertentu untuk memastikan bahwa lobang atau lubang yang telah dibuat benar-benar sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Pahat Bubut untuk Memutar


pahat bubut memutar

Pahat bubut ini digunakan untuk membuat lukisan melingkar pada benda kerja. Jenis pahat ini memiliki bentuk khusus agar bisa membentuk bentuk melingkar dan memutar. Pahat ini sering digunakan pada pembuatan roda gigi, poros, bearing, dan benda kerja lainnya.

Pahat Bubut untuk Chamfering


pahat bubut chamfer

Chamfering adalah teknik pemotongan untuk menghilangkan sudut tajam pada benda kerja. Pahat bubut untuk chamfering digunakan untuk membuat sudut runcing pada benda kerja atau memodifikasi sudut yang sudah ada menjadi lebih tumpul. Pahat ini sangat berguna pada pembuatan sudut pada benda kerja seperti sudut pada tangki bahan bakar atau sudut pada rangka mobil.

Dalam memilih jenis pahat bubut, sedikit kesalahan bisa menyebabkan hasil yang buruk pada benda kerja dan mengurangi kinerja mesin bubut Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan jenis pahat bubut yang tepat untuk memastikan hasil yang optimal. Dalam memilih jenis pahat bubut, penting juga memperhatikan bahan benda kerja, ukuran, kecepatan rotasi mesin, dan jenis pahat bubut yang akan digunakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *