Jenis-Jenis Helm Proyek yang Wajib Diketahui

Helm Hardhat


Helm Hardhat Proyek

Dalam bidang konstruksi maupun industri, helm proyek sangat diperlukan untuk melindungi pekerja tambang, konstruksi bangunan, dan konstruksi infrastruktur yang bekerja di area proyek. Salah satu jenis helm proyek yang paling umum digunakan adalah helm hardhat. Helm jenis ini dikenal dengan desain keras dan tahan lama untuk melindungi kepala dari benda-benda keras yang jatuh. Helm hardhat biasanya terbuat dari bahan thermoplastic atau bahan plastik lain yang kokoh dan tahan lama sehingga tidak mudah pecah atau rusak.

Helm jenis ini sangat penting bagi pekerja tambang atau konstruksi yang berpotensi terkena benda berat yang jatuh dari ketinggian. Bentuk helm ini dirancang dengan bentuk seperti topi, dengan memperhitungkan daya tahan, stabilitas dan keamanannya.

Terdapat beberapa jenis helm hardhat lainnya, dengan karakteristik dan fungsi berbeda pada masing-masing jenisnya. Helm hardhat dengan ventilasi memiliki ventilasi atau lubang-lubang kecil di bagian atas untuk menjaga pekerja tetap dingin dan kering selama bekerja di lapangan. Ada juga jenis helm hardhat yang dilengkapi dengan suspensi yang dapat disesuaikan, sehingga mudah mengatur agar pas pada kepala pekerja dengan ukuran kepala yang berbeda-beda.

Untuk memberikan perlindungan maksimal, helmet hardhat juga mempunyai opsi dengan fitur tambahan yang mampu melindungi area wajah dan leher, serta fitur pelindung telinga. Dalam beberapa kasus, proyek-proyek di Indonesia mewajibkan penggunnaan helm hardhat yang memenuhi standar tertentu.1

Helm hardhat sering terlihat dengan warna-kuning, oranye, hijau atau merah. Warna helm yang terang memberikan perlindungan lebih kepada penggunanya karena akan terlihat dengan mudah oleh pekerja lain yang sedang bekerja di sekitarnya. Ada juga jenis helm yang dilengkapi dengan lapisan reflektif untuk meningkatkan daya visibilitas dalam kondisi cahaya yang kurang.

Kamu harus mengganti helm hardhat setiap lima tahun sekali atau setelah terkena benturan keras untuk memastikan keselamatan kerja. Pastikan helmet hardhat diproduksi oleh produsen yang terpercaya dan telah memenuhi standar keselamatan internasional dalam pabrikan.

Jika kamu ingin membeli helm hardhat, sangat penting untuk mempertimbangkan kualitas dan ketahanan helm tersebut. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih helm hardhat adalah berat helm atau kenyamanannya saat digunakan dalam jangka waktu yang lama, kemampuan pengaturan sirkulasi udara, aksesori tambahan yang dibutuhkan serta kemudahan dalam membersihkannya.

Bagi para pekerja tambang, konstruksi bangunan, dan konstruksi infrastruktur, helm hardhat sering dianggap sebagai obat utama untuk melindungi kepala mereka selama bekerja. Dengan menggunakan helm hardhat berkualitas tinggi, para pekerja dapat merasa lebih aman dan nyaman, dan dapat menghindari berbagai cidera kepala yang tidak diinginkan.

Helm Kerucut


Helm Kerucut Indonesia

Helm kerucut sering dikenal sebagai keselamatan standar dalam proyek konstruksi di Indonesia. Jenis helm ini didesain untuk melindungi kepala dari benturan keras dan potensi cedera yang dapat terjadi saat bekerja di lokasi konstruksi. Helm kerucut memiliki bentuk seperti kerucut yang memungkinkan untuk melindungi kepala dari atas dengan rahang terbuka dan memiliki cangkang keras pada bagian atas helm.

Helm kerucut terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti plastik ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) yang tahan lama dan mampu menahan dampak benturan dengan bagus. Sebagian besar helm kerucut di Indonesia memiliki bantalan busa di dalamnya, yang membuat helm nyaman untuk dipakai dengan memberikan dukungan yang cukup pada kepala penggunanya.

Pilihan warna yang beragam tersedia di pasar dan menjadikan helm kerucut lebih menarik dan mudah dikenali oleh pengguna. Ada juga helm kerucut dengan desain tambahan seperti headband pengatur, penutup telinga, atau rahang penyangga yang memberikan lebih banyak perlindungan pada kepala dan wajah.

Dalam industri konstruksi, helm kerucut diatur oleh standar keselamatan yang ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia. Salah satu standar keselamatan yang penting adalah mengecek Akreditasi Depkes dan SNI (Standar Nasional Indonesia) pada helm kerucut. Helm kerucut yang lolos uji dan melalui standar nasional ini memberikan jaminan dan kepercayaan pengguna terhadap kualitas produk.

Helm kerucut umumnya digunakan oleh tenaga kerja di proyek konstruksi, tukang kayu, tukang ledeng, teknisi dll. Namun, meskipun helm kerucut merupakan helm keselamatan yang standar, pengguna sebaiknya mengecek kondisi helm secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar helm bisa berfungsi secara optimal jika terjadi insiden yang tak terduga pada saat berkaitan dengan pekerjaan di lokasi konstruksi.

Helm kerucut juga harus dirawat dengan baik dan tidak dipakai oleh ke pihak ketiga, meskipun dalam kondisi darurat. Dalam situasi ini, keamanan pekerja akan terancam.

Kesimpulannya, helm kerucut adalah pilihan helm keselamatan yang umum digunakan di berbagai lokasi konstruksi di Indonesia. Helm kerucut sudah melalui standar keselamatan yang ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, sehingga dapat memberikan perlindungan yang baik pada pengguna ketika bekerja di lokasi proyek konstruksi. Helm kerucut hadir dalam berbagai warna dan desain tambahan untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna dan menjadikan pengguna lebih nyaman saat memakainya.

Helm Topi


helm topi

Jenis helm proyek yang satu ini cukup populer di Indonesia. Sesuai dengan namanya, helm topi terlihat seperti topi biasa, namun dilengkapi dengan bahan tahan lama dan stiker reflektif untuk memantulkan cahaya. Helm topi bisa digunakan untuk berbagai jenis proyek, termasuk bangunan, jalan tol, dan proyek infrastruktur lainnya. Selain itu, helm topi juga tersedia dalam berbagai warna dan desain, sehingga bisa digunakan untuk membedakan pekerja pada tiap proyek.

Helm topi mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan jenis helm proyek lainnya. Salah satunya adalah desainnya yang ringan dan nyaman digunakan. Dibandingkan dengan helm proyek standar yang besar dan cenderung tidak nyaman, helm topi lebih mudah diatur dan tidak akan memberikan beban berlebih bagi pekerja yang menggunakannya. Desainnya yang ringan juga membuat pemakaian helm topi menjadi lebih lancar dan efektif, sehingga mempercepat pekerjaan konstruksi.

Selain itu, helm topi juga dirancang untuk memberikan perlindungan yang maksimal bagi kepala pekerja. Bahan yang digunakan untuk membuat helm topi biasanya terbuat dari bahan polikarbonat atau ABS yang kuat dan tahan banting. Helm topi juga memiliki suspensi yang dibuat dari bahan busa yang dapat menyerap energi, sehingga bila terjadi benturan, energi akan diserap oleh suspensi terlebih dahulu, bukan langsung pada kepala pekerja. Fitur helm topi lainnya adalah ada ventilasi berupa lubang-lubang kecil di atas helm yang bisa membantu mendinginkan kepala pekerja dan meminimalisir terjadinya keringat yang berlebihan yang dapat mengganggu pekerjaan.

Meskipun helm topi terlihat seperti topi biasa, namun alat pelindung kepala ini sangat penting dalam proyek konstruksi. Helm topi berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan benda keras seperti batu atau bahan bangunan. Dalam proyek konstruksi, benda-benda tersebut sering terlempar dari ketinggian dan dapat menyebabkan luka kepala yang serius. Oleh karena itu, penggunaan helm topi perlu diperhatikan dan diwajibkan dalam proyek konstruksi.

Karena kelebihan yang dimilikinya, helm topi bisa lebih mahal dibandingkan jenis helm proyek lainnya. Namun, keamanan dan kenyamanan pekerja sangat penting dalam konstruksi, sehingga biaya untuk membeli helm topi bisa dianggap sebagai investasi yang penting. Di Indonesia, banyak merek dan pilihan helm topi yang dapat dipilih, sehingga pekerja proyek bisa memilih helm topi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Helm Proyek Khusus


Helm Proyek Khusus

Terlepas dari perlindungan diri, helm proyek khusus (Khusus disini berarti spesifik untuk jenis pekerjaan tertentu) juga dibutuhkan untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja yang bekerja di lingkungan kerja yang tidak biasa seperti lingkungan yang berisiko tinggi. Oleh karena itu, jenis helm proyek khusus ini dirancang untuk memenuhi persyaratan keselamatan tertentu yang berkaitan dengan pekerjaan tertentu.

1. Helm Proyek Listrik

Helm proyek listrik memainkan peran penting dalam melindungi pekerja yang bekerja di dekat ingkar mantan listrik Sumber daya. Helm ini dirancang khusus untuk menghentikan arus listrik yang mungkin mengalir melalui kepala pekerja jika terjadi insiden listrik.

2. Helm Proyek Konstruksi

Ini adalah jenis helm proyek yang paling dikenal dan biasanya dikenakan oleh pekerja konstruksi untuk melindungi mereka dari cedera kepala. Helm proyek konstruksi terdiri dari bagian dalam bertekstur keras yang memberikan perlindungan lebih untuk otak dan bagian luar dengan bahan polyester keras.

3. Helm Proyek Kimia

Industri kimia biasanya memiliki risiko tinggi terhadap bahan kimia, asam, dan cairan korosif lainnya. Helm proyek kimia dirancang untuk melindungi para pekerja dari risiko tersebut, meningkatkan keselamatan kepala mereka selama bekerja di industri kimia.

4. Helm Proyek Welding

Helm proyek welding diproduksi untuk melindungi dari api, bunga api, dan radiasi sinar UV yang dikeluarkan selama pengelasan. Helm ini juga dilengkapi dengan pembungkus cerdas yang meningkatkan kenyamanan yang diperlukan saat bekerja untuk waktu yang lama, terutama selama tersebut melakukan pekerjaan las dan pengelasan.

5. Helm Erdbergbau

Helm proyek ini digunakan dalam industri pertambangan bawah tanah. Kepala pekerja yang bekerja di tambang batu bara, misalnya, memerlukan perlindungan terhadap benda jatuh dari lantai atas atau lingkungan lain yang membahayakan.

6. Helm Proyek Tali

Helm proyek tali atau helm proyek lalat digunakan oleh pekerja konstruksi yang bekerja di ketinggian / tinggi seperti menara, jembatan, dan lain sebagainya. Ini dirancang khusus untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam kondisi ketinggian yang tidak biasa.

Jadi, Anda dapat memilih jenis helm proyek yang tepat sesuai dengan keselamatan di lingkungan kerja Anda. Aman dan sehat, mulai dari kepala!

Komponen Penting Pada Helm Proyek


Jenis-Jenis Helm Proyek

Helm proyek adalah salah satu kelengkapan keselamatan yang harus digunakan oleh pekerja di lokasi proyek. Setiap tahun, kecelakaan di lokasi proyek masih terjadi. Kebanyakan kecelakaan itu bisa dihindari dengan menggunakan helm proyek yang tepat. Ada beberapa jenis helm proyek di Indonesia dengan komponen yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan setiap jenis proyek. Berikut adalah komponen penting yang harus dimiliki oleh helm proyek.

1. Cangkang/Kepala Helm


Cangkang/Kepala Helm

Cangkang atau kepal helm adalah bagian terpenting dari helm proyek karena bagian tersebut akan melindungi kepala dari benturan keras dan kejatuhan benda dari ketinggian pada lokasi proyek. Biasanya terbuat dari bahan serat fiberglass atau plastik yang kuat dan dapat menahan benturan keras. Pastikan cangkang atau kepal helm yang Anda gunakan sesuai dengan fungsi dan kualitas yang dibutuhkan oleh proyek Anda.

2. Busa Dalam Helm


Busa Dalam Helm

Busa dalam helm menjadi yang kedua dalam daftar komponen yang penting pada helm proyek. Busa ini berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan langsung dengan sisi cangkang helm. Jika busa dalam helm berkualitas buruk, maka busa tersebut tidak akan berfungsi secara maksimal dalam melindungi kepala Anda. Pastikan busa dalam helm yang Anda gunakan sesuai dengan standard kualitas dan tipe helm proyek.

3. Tali Penjepit Kepala


Tali Penjepit Kepala

Tali penjepit kepala adalah komponen penting pada helm proyek. Tali ini berfungsi untuk menyangga helm pada kepala pekerja. Pastikan tali penjepit kepala yang Anda gunakan tidak mudah putus dan terbuat dari material yang kuat dan tahan lama. Sebelum Anda menggunakan helm, pastikan juga tali penjepit kepala sudah diregulasi sesuai besar lingkar kepala Anda sehingga helm tidak mudah lepas saat Anda bekerja.

4. Pelindung Telinga


Pelindung Telinga

Pelindung telinga adalah komponen yang sangat berguna dalam melindungi telinga pekerja di lokasi proyek. Bahan yang digunakan pada pelindung telinga bervariasi, mulai dari bahan karet atau silikon. Pastikan Anda memilih pelindung telinga yang nyaman digunakan dan sesuai dengan standard kualitas dan tipe helm proyek Anda.

5. Kacamata Pelindung


Kacamata Pelindung

Kacamata pelindung adalah komponen penting pada helm proyek yang berfungsi untuk melindungi mata pekerja dari sinar matahari matahari dan debu-debu yang terbang di lokasi proyek. Pastikan kacamata pelindung yang Anda gunakan sesuai dengan tipe helm proyek yang Anda gunakan dan tidak mengganggu pencapaian target kerja yang harus dilakukan walaupun sedang menggunakan kacamata pelindung.

Dalam memilih jenis helm proyek, pastikan Anda memilih helm yang memenuhi standard kualitas dan sesuai dengan tipe pekerjaan Anda. Ceritakan pengalaman Anda dengan menggunakan helm proyek pada media sosial Anda agar lebih banyak orang yang terinspirasi untuk memperhatikan keselamatan di lokasi kerjanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *