Cara Mudah Membersihkan Lumut di Lantai

Kenali jenis lumut yang tumbuh di lantai


Jenis Lumut di Lantai

Ketika datang ke masalah lumut di lantai, ada beberapa jenis yang bisa tumbuh di permukaan lantai Anda. Lumut tumbuh dengan baik di lokasi yang lembap dan mendapat sedikit paparan sinar matahari atau kurang cahaya. Berikut adalah beberapa jenis lumut yang sering ditemukan di lantai rumah Anda dan bagaimana cara penghilangannya:

Lumut Karpet

Lumut Karpet

Lumut Karpet adalah salah satu jenis lumut yang paling umum tumbuh di lantai rumah atau ruang tamu Anda. Itu sering kali tumbuh di tempat yang lembap dan tidak terkena cahaya matahari langsung. Lumut karpet kecil dan lembut, dengan gaya hidup menyerupai tanaman kecil yang mengeluarkan akar ke permukaan lantai. Ini dapat menyebar dengan cepat ke permukaan lantai yang lembab dan mungkin tidak terlihat selama beberapa waktu. Cara membersihkan lumut karpet adalah dengan menyikat dan membersihkan lantai secara berkala.

Lumut Tawar

Lumut Tawar

Lumut tawar sering tumbuh di lantai dan bisa menjadi masalah serius jika dibiarkan terus tumbuh. Lumut ini akan menyebar dengan cepat jika tidak dibersihkan dan mungkin terjadi kesulitan untuk menghilangkannya sewaktu-waktu. Salah satu cara untuk menghilangkan lumut tawar adalah dengan menyiramkan soda kue pada permukaan lantai dan menyikatnya dengan kuas. Kemudian, bersihkan permukaan lantai dengan tisu basah atau kain lap.

Lumut Salju

Lumut Salju

Lumut salju tumbuh dengan cepat di lantai yang lembap dan lebih banyak mendapat paparan cahaya. Meskipun sering kali tumbuh di luar ruangan, lumut salju bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan juga. Cara membersihkan lumut ini yaitu dengan menggunakan cairan pemutih yang dicampur dengan air. Setelah itu, gosok lantai dengan kuas dan bilas dengan air bersih.

Lumut Tikar

Lumut Tikar

Lumut Tikar merupakan jenis lumut yang cenderung banyak tumbuh di tikar yang digunakan di ruang tamu maupun kamar tidur. Lumut ini sangat tidak disukai karena bentuknya yang cukup menjijikkan dan dapat menyebar ke permukaan lantai lainnya. Untuk membersihkan lumut ini, bersihkan permukaan tikar dengan menyikat dengan sabun bubuk. Kemudian, bilas dengan air bersih dan jemur tikar di bawah sinar matahari hingga kering.

Persiapan alat dan bahan untuk membersihkan lumut


membersihkan lumut di lantai

Jika Anda sering kali kesulitan membersihkan lumut di lantai rumah Anda, maka hal ini bisa diatasi dengan cara yang paling sederhana dan praktis. Dalam melakukan pembersihan lumut pada lantai, Anda perlu mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan agar bisa membersihkannya secara maksimal. Berikut adalah persiapan alat dan bahan yang bisa Anda gunakan:

1. Alat Penggosok

Alat penggosok seperti sapu lidi atau sikat kawat bisa Anda gunakan untuk membersihkan lumut di lantai. Pastikan Anda memilih alat penggosok yang memang khusus untuk membersihkan lumut. Gunakan alat penggosok tersebut untuk mengikis bagian lumut yang sudah mengeras.

2. Cairan Pembersih

cairan pembersih

Cairan pembersih adalah bahan yang sangat efektif untuk membersihkan lumut di lantai. Ada beberapa jenis cairan pembersih yang bisa Anda gunakan, antara lain cairan pembersih khusus untuk menghilangkan lumut, cairan pembersih anti jamur, cairan pembersih serbaguna, atau campuran cuka putih dan air.

Cairan pembersih khusus untuk menghilangkan lumut biasanya dijual di toko material bangunan, sedangkan cairan pembersih anti jamur bisa Anda beli di toko obat-obatan atau toko perlengkapan kesehatan. Jika Anda ingin lebih hemat, gunakan saja campuran cuka putih dan air sebagai bahan alami untuk membersihkan lumut.

3. Sabun Pembersih

sabun pembersih

Sabun pembersih juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan lumut di lantai. Sabun pembersih yang bisa digunakan adalah sabun pembersih serbaguna atau sabun pembersih khusus untuk lantai. Sabun pembersih biasanya digunakan bersamaan dengan air. Tuangkan sabun pembersih ke dalam ember yang berisi air, kemudian gunakan kain lap untuk membersihkan lumut di lantai.

4. Air bersih

air bersih

Air bersih sangat diperlukan dalam proses pembersihan lumut di lantai. Anda bisa menggunakan air bersih untuk membilas bagian lantai yang sudah dibersihkan dengan cairan pembersih atau sabun pembersih. Pastikan air yang digunakan bersih dan tidak tercemar agar hasil pembersihan bisa maksimal.

5. Kain Lap

kain lap

Kain lap yang digunakan untuk membersihkan lumut di lantai haruslah kain lap yang bersih dan halus. Jangan menggunakan kain lap yang kasar atau kain lap yang tidak bersih, karena hal tersebut bisa merusak bagian lantai Anda. Anda bisa memilih jenis kain lap yang lembut seperti kain flanel atau kain lap khusus untuk membersihkan lantai.

Dengan mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan di atas, membersihkan lumut di lantai bisa menjadi lebih mudah dan praktis. Selain itu, proses pembersihan lumut dapat dilakukan secara tepat dan efektif dengan hasil yang maksimal.

Langkah-langkah membersihkan lumut di lantai


Cara Membersihkan Lumut Di Lantai

Lumut adalah tanaman yang menempel pada permukaan. Lumut bisa tumbuh pada berbagai jenis permukaan seperti batu, tembok, kayu dan bahkan lantai rumah. Lumut bisa sangat mengganggu penampilan lantai rumah dan bahkan memperburuk kualitas udara di dalam rumah jika dibiarkan terus menerus. Oleh karena itu, langkah-langkah berikut ini dapat membantu Anda membasmi lumut yang menempel pada lantai rumah dengan mudah.

1. Membersihkan Lantai Rumah Secara Rutin


Membersihkan Lantai Rumah

Langkah awal untuk menghilangkan lumut dari lantai rumah adalah dengan membersihkan lantai secara rutin. Membersihkan lantai secara rutin dapat mencegah tumbuhnya lumut pada lantai. Caranya adalah dengan sapu lantai secara rutin dengan sapu yang lembut. Setelah itu, lap lantai yang sudah disapu dengan kain lap yang lembut. Pastikan bahwa lantai sudah benar-benar bersih dan tidak ada noda atau kotoran yang tertinggal pada permukaan lantai. Lakukan pembersihan tersebut secara teratur, minimal seminggu sekali.

2. Membersihkan Lumut dengan Cuka


Cuka

Cuka adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan lumut pada lantai rumah. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka dengan air kemudian oleskan pada daerah yang terkena lumut dengan menggunakan kuas atau kain lap. Biarkan cuka meresap ke dalam lumut selama beberapa menit. Setelah beberapa menit, sikat permukaan yang terkena lumut tersebut dengan kuas yang keras. Setelah itu, bersihkan permukaan lantai dengan menggunakan kain lap yang lembut. Lakukan cara tersebut secara berkala sampai lumut tidak muncul kembali.

3. Membersihkan Lumut dengan Larutan Pemutih


Larutan Pemutih

Larutan pemutih juga dapat digunakan untuk membersihkan lumut pada lantai rumah. Caranya adalah dengan mencampurkan larutan pemutih dengan air kemudian oleskan pada daerah yang terkena lumut dengan menggunakan kuas atau kain lap. Biarkan larutan pemutih meresap ke dalam lumut selama beberapa menit. Setelah itu, sikat permukaan yang terkena lumut tersebut dengan kuas yang keras. Setelah itu, bersihkan permukaan lantai dengan menggunakan kain lap yang lembut. Lakukan cara tersebut secara berkala sampai lumut tidak muncul kembali. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan larutan pemutih harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu sering karena dapat merusak lantai.

4. Membersihkan Lumut dengan Pasta Gigi


Pasta GigI

Pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan lumut pada lantai rumah. Cara ini tidak hanya efektif untuk membersihkan lumut pada lantai rumah, namun juga sangat murah dan mudah. Caranya cukup oleskan pasta gigi pada daerah yang terkena lumut dengan menggunakan kuas atau kain lap. Kemudian, sikat permukaan yang terkena lumut dengan kuas yang keras. Setelah itu, bersihkan permukaan lantai dengan menggunakan kain lap yang lembut. Lakukan cara tersebut secara teratur sampai lumut tidak muncul kembali.

5. Membersihkan Lumut dengan Baking Soda


Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk membersihkan lumut pada lantai rumah. Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta yang mudah diaplikasikan. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada daerah yang terkena lumut dengan menggunakan kuas atau kain lap. Biarkan pasta baking soda meresap ke dalam lumut selama beberapa menit. Setelah itu, sikat permukaan yang terkena lumut tersebut dengan kuas yang keras. Setelah itu, bersihkan permukaan lantai dengan menggunakan kain lap yang lembut. Lakukan cara tersebut secara teratur sampai lumut tidak muncul kembali.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan lumut pada lantai rumah. Dalam menjaga kebersihan lantai di rumah, pastikan Anda menggunakan sapu dan kain lap yang bersih serta hindari penggunaan bahan yang mengandung zat kimia yang terlalu keras karena dapat merusak permukaan lantai. Selain itu, hindari juga penggunaan larutan pemutih terlalu sering dan gunakan cara tersebut hanya pada kasus yang menyebabkan lumut muncul dalam jumlah yang cukup banyak.

Tips Mencegah Pertumbuhan Lumut di Lantai


Cara Membersihkan Lumut di Lantai

Lumut memang sangat sering tumbuh pada area yang lembab, misalnya seperti lantai. Kondisi lantai yang lembab dapat menyebabkan lumut tumbuh dengan cepat. Selain mengganggu keindahan ruangan, lumut juga dapat menyebabkan lantai menjadi licin dan berbahaya. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pencegahan agar pertumbuhan lumut di lantai dapat diminimalisir. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah pertumbuhan lumut di lantai:

Mencegah Pertumbuhan Lumut

1. Menghindari Ruangan yang Lembab

Sudah menjadi rahasia umum bahwa lumut tumbuh subur pada area dengan kelembaban yang tinggi. Maka dari itu, cara paling mudah untuk mencegah pertumbuhan lumut di lantai adalah dengan menghindari ruangan yang lembab. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki sistem ventilasi ruangan sehingga sirkulasi udara menjadi lebih baik.

2. Meminimalkan Penumpukan Air pada Lantai

Untuk mencegah pertumbuhan lumut di lantai, perlu menghindari penumpukan air yang terlalu lama di atas lantai. Air yang tergenang dapat menyebabkan area tersebut berubah menjadi tempat subur bagi lumut. Pembersihan rutin juga sangat penting untuk memastikan lantai tetap kering dan bersih.

3. Jangan Menggunakan Bahan Kimia yang Berbahaya

Saat membersihkan lantai dari lumut, perlu diingat bahwa penggunaan bahan kimia berbahaya dapat merusak lantai dan memicu pertumbuhan lumut lebih cepat. Oleh karena itu, gunakan bahan pembersih yang aman dan ramah lingkungan seperti cairan pembersih serbaguna dan sejenisnya.

4. Tambahkan Tanaman yang Tepat

Tanaman Hias Paling Efektif Untuk Menangkal Lumut

Menambahkan tanaman pada ruangan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan keindahan. Selain itu, tanaman juga dapat membantu mencegah pertumbuhan lumut di lantai. Beberapa jenis tanaman yang dapat membantu melawan pertumbuhan lumut adalah:

  1. Kaktus: Kaktus memiliki kemampuan untuk menyerap air yang berlebih dan menjaga kelembaban udara pada tingkat sehat.
  2. Tanaman Lili: Selain memiliki kecantikan yang menawan, tanaman lili juga dapat menyaring udara dan menjaga kelembaban udara agar tetap sehat.
  3. Tanaman Fern: Tanaman fern memiliki kemampuan yang kuat untuk membantu menjaga kelembaban lingkungan, dan dapat tumbuh baik pada daerah yang lembab.
  4. Tanaman Pohon Karet: Selain memiliki daun yang besar dan hijau cerah, tanaman pohon karet juga dapat membantu menyerap kelembaban di udara sehingga ruangan tetap sehat dan tidak lembab.

Dengan menambahkan tanaman yang tepat, pertumbuhan lumut di lantai dapat diminimalisir.

5. Membersihkan Lantai secara Rutin

Pembersihan Lantai

Pertumbuhan lumut di lantai dapat dicegah dengan membersihkan lantai secara rutin. Hal ini dapat membantu mengurangi kelembaban dan menjaga kesehatan lingkungan. Cara membersihkan lantai yang benar adalah dengan menggunakan pembersih yang efektif namun aman bagi lingkungan, seperti cairan pembersih serbaguna, sabun cuci lantai, dan sejenisnya. Selain itu, pastikan untuk menyapu atau mengepel lantai dengan benar sehingga tidak ada kotoran atau benda yang tertinggal di sela-sela lantai.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, pertumbuhan lumut di lantai dapat diminimalisir sehingga ruangan tetap bersih dan sehat. Anggap saja membersihkan lumut adalah sesuatu yang menyenangkan, dan jangan lupa untuk memperhatikan serta merawat lantai Anda dengan baik agar terhindar dari pertumbuhan lumut yang mengganggu.

Alternatif alami untuk membersihkan lumut di lantai


Lumut di lantai

Lumut di lantai bisa menjadi masalah karena dapat membuat permukaannya menjadi licin, membahayakan orang yang berjalan di atasnya. Namun, bukan berarti kita harus menggunakan bahan kimia yang keras untuk menghilangkan lumut di lantai. Ada beberapa alternatif alami yang bisa digunakan untuk membersihkan lumut di lantai, berikut salah satunya:

Penggunaan cuka


Cuka Putih

Cuka putih adalah alternatif alami lain yang dapat digunakan untuk membersihkan lumut di lantai. Caranya cukup mudah, yaitu menyiapkan larutan cuka putih dengan air, lalu mencuci lantai dengan menggunakan campuran cuka dan air tersebut. Setelah itu, bilas lantai dengan air bersih. Cuka dapat membantu menghilangkan lumut karena adanya kandungan asam asetat pada cuka yang dapat menjaga kebersihan dan membunuh bakteri yang ada pada lantai. Selain itu, cuka juga bisa membersihkan lantai dan membuat lantai anda kembali bersih dan bersinar.

Penggunaan soda kue


Soda kue

Soda kue adalah salah satu alternatif alami lain yang bisa digunakan untuk membersihkan lumut di lantai. Caranya cukup mudah, yaitu menaburkan sedikit soda kue pada lantai yang kotor karena lumut, kemudian disikat dengan sikat lantai yang basah, bersihkan lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa soda kue yang tertinggal. Soda kue memiliki kandungan alkali yang bisa membantu menghilangkan noda dan kotoran, termasuk lumut yang menempel pada lantai.

Penggunaan baking soda


Baking soda

Baking soda adalah bahan penghilang noda sekaligus membersihkan lumut di lantai. Caranya cukup mudah, yaitu menaburkan sedikit baking soda pada lantai yang kotor karena lumut, kemudian disikat dengan sikat lantai yang basah. Cuci lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa baking soda yang ada. Baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap dan mengikat bau, orang juga bisa menggunakan baking soda dengan cara menaburnya pada lantai terlebih dahulu sebelum menyikatnya. Selain itu, baking soda juga mengandung alkali yang bisa menghilangkan noda dan kotoran di lantai.

Penggunaan air jeruk nipis


Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis juga bisa menjadi alternatif alami untuk membersihkan lumut di lantai. Caranya mudah, persiapkan air jeruk nipis segar, lalu mencuci lantai dengan air jeruk nipis tersebut. Setelah itu, bilas lantai dengan air bersih. Air jeruk nipis mengandung zat asam yang ampuh dalam membunuh bakteri dan jamur yang menempel pada lantai. Selain itu, air jeruk nipis juga bisa menjaga kebersihan lantai dan memberikan aroma yang menyegarkan pada rumah anda.

Penggunaan getah pepaya


Daun Pepaya

Getah pepaya yang dihasilkan dari potongan daun pepaya dapat menjadi alternatif alami untuk membersihkan lumut di lantai. Caranya, persiapkan beberapa potongan daun pepaya, lalu gosokkan bagian dagingnya pada lantai yang kotor karena lumut. Gosok lantai dengan daun pepaya hingga lumut tersebut hilang. Selain membersihkan lumut, getah pepaya juga bisa membantu mengangkat noda dan membersihkan kerak pada lantai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *