Cara Mudah Memasang Wallpaper Vinyl dengan Baik

Persiapan sebelum pemasangan wallpaper vinyl


Bahan vinyl wallpaper Indonesia

Wallpaper vinyl menjadi salah satu alternatif untuk mempercantik interior rumah atau ruangan kantor. Wallpaper vinyl ini memiliki tekstur yang halus dan terbuat dari bahan vinyl yang tidak mudah sobek dan tahan air, sehingga wallpaper ini sangat cocok untuk menutupi dinding pada kamar mandi atau dapur. Namun, sebelum memasang wallpaper vinyl, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan seperti berikut.

1. Persiapan Dinding

Sebelum memasang wallpaper vinyl ini, pastikan dinding yang akan di aplikasi sudah dalam keadaan bersih dari kotoran, noda dan debu. Dinding harus dicuci dengan air bersih dan diamkan hingga kering. Setelah benar-benar kering, pastikan juga untuk menyisir dinding untuk menghilangkan partikel kecil yang terlewatkan saat mencuci dinding agar permukaan dinding halus, bersih dan rata. Jika dinding memiliki warna yang pekat ataupun kotoran membandel bisa juga menggunakan cat yang sama dengan warna dinding tersebut untuk mengecat dinding kembali agar permukaan cat menjadi rata dan halus dan bisa menghasilkan hasil yang maksimal setelah wallpaper di pasang.

Pada dinding yang terkena sinar matahari secara langsung, biasanya dinding tersebut terlihat lebih kusam atau pudar warnanya. Jangan khawatir, untuk mengatasinya, coba gunakan cat tembok dan warna sebelum dipasang wallpaper vinyl. Lakukan pengecatan 1-2 layer pada bagian yang terkena sinar matahari dan bekasnya.

Oleskan juga pasta bedeng secara merata pada dinding yang akan dipasangi wallpaper. Hindari berlebihan, tapi pastikan pasta bedeng terkoneksi sempurna pada dinding. Sebelum meratakan pasta bedeng dengan roller pahat dahulu supaya permukaan menjadi rata. Setelah itu lenyapkan hawa lembab dengan cara buka jendela/menyalakan kipas atau pengering untuk membuat dinding benar-benar kering. Semakin kering dan merata, maka semakin mudah memasang wallpaper tersebut.

Catatan : Jika tembok yang ingin di aplikasi wallpaper vinyl memiliki struktur atau permukaan yang tidak rata, maka tindakan yang harus dilakukan adalah dengan mengecat ulang tembok, kemudian dengan pasta bedeng yang merata di permukaan tembok untuk meratakan kembali permukaan dinding. Jangan mencoba untuk langsung memasang wallpaper vinyl pada tembok yang berpermukaan tidak rata, hasilnya akan kurang maksimal dan kurang menarik.

Begitulah persiapan yang harus dilakukan sebelum memasang wallpaper vinyl. Dengan melakukan persiapan yang baik, hasil dari aplikasi wallpaper vinyl akan lebih maksimal dan tahan lama.

Menentukan jenis lem yang cocok


cara memasang wallpaper bahan vinyl

Pemilihan jenis lem yang cocok sangat penting dilakukan agar hasil akhir dari pemasangan wallpaper bahan vinyl ini bisa lebih menarik dan juga tahan lama. Sebelum memilih jenis lem yang cocok, pastikan untuk mengecek kondisi dinding terlebih dahulu. Dinding yang baik adalah dinding yang kering dan halus. Kondisi tersebut sangat penting untuk menjaga agar lem yang digunakan dapat menempel dengan baik pada dinding tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis lem yang cocok untuk pemasangan wallpaper bahan vinyl:

Lem Putih

lem putih

Lem putih adalah salah satu jenis lem yang populer digunakan untuk pemasangan wallpaper bahan vinyl. Jenis lem ini bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko bangunan atau toko cat. Kelebihan dari jenis ini adalah maka mudah dicuci jika terkena tumpahan dan mudah dibersihkan saat wallpaper perlu diganti. Namun, jenis lem ini perlu dihindari jika dinding yang digunakan berwarna gelap, karena lem putih dapat menimbulkan bintik-bintik bekas lem pada dinding tersebut.

Lem Powder

lem powder

Jenis lem lain yang cocok digunakan untuk pemasangan wallpaper bahan vinyl adalah lem powder. Jenis lem ini termasuk jenis lem kering yang terdiri dari butiran-butiran bubuk yang kemudian dicampur dengan air sebelum digunakan. Kelemahan dari jenis lem ini adalah kekakuan yang dimilikinya, sehingga sulit membersihkan lem jika terjadi kesalahan pemasangan wallpaper.

Lem Khusus Wallpaper

lem khusus wallpaper

Jenis lem yang terakhir adalah lem khusus wallpaper. Jenis lem ini memang sengaja dibuat khusus untuk pemasangan wallpaper bahan vinyl. Keunggulan dari jenis lem ini adalah tidak menimbulkan bekas lem pada dinding dan aman digunakan pada dinding dengan warna gelap. Namun, jenis lem ini biasanya agak sulit dicari dan harganya lebih mahal dibanding jenis lem lainnya.

Demikianlah beberapa jenis lem yang cocok digunakan untuk pemasangan wallpaper bahan vinyl. Pastikan Anda memilih jenis lem yang tepat untuk hasil yang maksimal dan agar wallpaper dapat menempel dengan baik pada dinding. Selamat mencoba!

Langkah-langkah pemasangan wallpaper vinyl


Pemasangan Wallpaper Vinyl

Pemasangan wallpaper adalah salah satu cara yang murah dan cepat untuk mengubah penampilan rumah Anda. Wallpaper vinyl adalah jenis wallpaper yang dibuat dari bahan plastik yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang wallpaper vinyl:

1. Persiapkan Dinding dan Alat-alat

Sebelum mulai memasang wallpaper, pastikan dinding yang akan dipasang bersih dan rata. Jika ada lubang atau retak di dinding, perlu diperbaiki terlebih dahulu. Selain itu, pastikan Anda memiliki semua alat-alat yang dibutuhkan seperti meteran pita, gunting, pisau cutter, papan kayu, dan penghapus udara.

2. Potong Wallpaper Sesuai dengan Ukuran Dinding

Setelah dinding persiapkan dan alat-alat siap, ukur lebar dinding dan tambahkan beberapa inci untuk margin. Gunakan meteran pita untuk mengukur lebar wallpaper dan gunakan gunting atau pisau cutter untuk memotong wallpaper sesuai dengan ukuran dinding. Pastikan Anda memotong wallpaper sedikit lebih panjang daripada dinding Anda. Ini akan memastikan bahwa wallpaper mencapai plafon dan alas dengan baik.

3. Pasang Wallpaper Secara Perlahan


Pemasangan Wallpaper Vinyl

Langkah terakhir adalah memasang wallpaper pada dinding. Letakkan wallpaper pada papan kayu atau meja dan letakkan penghapus udara di atas wallpaper. Mulai dari bagian atas dinding dan tempelkan wallpaper ke atas menggunakan penghapus udara hingga ke bawah. Pastikan tidak ada gelembung udara pada wallpaper. Jika Anda menemukan gelembung udara, gunakan penghapus udara untuk memperbaikinya. Tekan wallpaper dengan hati-hati menggunakan penghapus udara.

Setelah wallpaper terpasang, gunting tepi wallpaper dengan pisau cutter dengan hati-hati. Jangan ragu untuk memotong wallpaper sedikit lebih belakang karena Anda dapat memotong lebih banyak selama proses ini. Setelah wallpaper dipotong, gosokkan penghapus udara untuk meratakan tepi wallpaper.

Dalam memasang wallpaper vinyl, pastikan Anda terus bergerak perlahan dan hati-hati. Pastikan wallpaper terpasang secara merata dan tidak ada gelembung udara. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memasang wallpaper vinyl dengan mudah dan berhasil dalam waktu singkat.

Tips Perawatan dan Membersihkan Wallpaper Vinyl


Tips Perawatan dan Membersihkan Wallpaper Vinyl

Setelah memasang wallpaper bahan vinyl pada dinding rumah Anda, maka perlu juga untuk merawatnya agar selalu terlihat baru dan tidak mudah rusak atau pudar warnanya. Berikut beberapa tips perawatan dan membersihkan wallpaper vinyl yang perlu diketahui:

1. Jangan Membiarkan Terkena Sinar Matahari Langsung

Jangan Membiarkan Terkena Sinar Matahari Langsung

Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk merawat wallpaper vinyl adalah jangan membiarkan wallpaper terkena sinar matahari langsung terlalu lama. Radiasi UV dalam sinar matahari dapat membuat vinyl cepat pudar dan bahkan menjadi lebih rapuh. Hal ini dapat membuat wallpaper vinyl mudah terkelupas dan rusak.

2. Bersihkan Dinding Sebelum Memasang Wallpaper Vinyl

Bersihkan Dinding Sebelum Memasang Wallpaper Vinyl

Sebelum memasang wallpaper bahan vinyl, sebaiknya pastikan dinding yang akan dijadikan tempat pemasangan benar-benar bersih dan bebas dari debu atau kotoran. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelekatannya. Jika debu atau kotoran masih menempel pada dinding ketika wallpaper vinyl akan dipasang, maka kemungkinan besar vinyl tidak akan merekat dengan kuat.

3. Gunakan Sabun Lembut untuk Membersihkan Vinyl

Gunakan Sabun Lembut untuk Membersihkan Vinyl

Untuk membersihkan wallpaper vinyl, hindari menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak atau membuat vinyl cepat pudar warnanya. Sebaiknya gunakan sabun lembut seperti sabun cuci piring atau sabun mandi untuk membersihkan wallpaper vinyl. Campurkan sabun dengan air dan gunakan spons lembut untuk membersihkan permukaan wallpaper vinyl secara perlahan.

4. Hindari Membersihkan Dengan Kuas Kasar atau Sabun Berbuih

Hindari Membersihkan Dengan Kuas Kasar atau Sabun Berbuih

Jangan membersihkan wallpaper vinyl dengan cara yang kasar seperti menggunakan kuas kasar atau sabun berbuih. Hal ini akan merusak permukaan vinyl dan membuat wallpaper terlihat kusam dan kurang menarik. Sebaiknya, gunakan spons lembut atau kain lap yang lembut ketika membersihkan wallpaper vinyl.

5. Hindari Membersihkan dengan Cairan Yang Berwarna

Hindari Membersihkan dengan Cairan Yang Berwarna

Sebaiknya jangan menggunakan cairan yang berwarna untuk membersihkan wallpaper vinyl karena bisa membuat warna wallpaper cepat pudar dan berubah. Sebagai gantinya, gunakan air bersih untuk membilas wallpaper vinyl setelah membersihkan dengan sabun lembut.

6. Hindari Menggosok atau Mengelap Wallpaper Vinyl Terlalu Keras

Hindari Menggosok atau Mengelap Wallpaper Vinyl Terlalu Keras

Hindari menggosok atau mengelap wallpaper vinyl dengan terlalu keras sebab hal itu dapat merusak hang lem dan membuat lapisan vinyl mudah terkelupas. Sebaiknya gunakan kain lap bersih dan lembut atau spons untuk membersihkan wallpaper vinyl secara perlahan.’),

Solusi Mengatasi Masalah pada Pemasangan Wallpaper Vinyl


pemasangan wallpaper vinyl

Pemasangan wallpaper bahan vinyl dapat memberikan kesan yang indah dan rapi pada ruangan. Namun, seringkali muncul beberapa masalah saat pemasangan, seperti tidak rapi atau terdapat gelembung udara pada permukaan. Berikut ini beberapa solusi yang dapat dilakukan mengatasi masalah tersebut.

1. Persiapan Dinding yang Tepat


bersihkan dinding sebelum pasang wallpaper

Sebelum memasang wallpaper vinyl, pastikan dinding sudah bersih dan kering. Bersihkan debu dan noda pada dinding dengan sapu atau kain lap. Jangan lupa untuk memastikan bahwa dinding tidak berlubang dan rata. Hal ini akan memudahkan pemasangan dan menghindari munculnya kerutan atau gelembung udara pada wallpaper.

2. Penggunaan Alat yang Tepat


tools for installing vinyl wallpaper

Memasang wallpaper vinyl membutuhkan beberapa alat seperti rol dan cutter sebagai penunjang. Pastikan menggunakan alat yang tepat dan berkualitas agar proses pemasangan menjadi lebih mudah dan tentunya hasilnya lebih maksimal.

3. Shrink Wallpaper


shrink vinyl wallpaper

Jika saat dipasang wallpaper vinyl mengalami masalah seperti kerutan atau gelembung udara, jangan khawatir. Proses shrink (pengencangan) wallpaper dapat menjadi solusi. Caranya yaitu dengan menggunakan hair dryer dan mengarahkannya pada area yang bermasalah sampai wallpaper mengecil dan menempel pada dinding dengan rapi.

4. Modifikasi Ukuran Wallpaper


modify vinyl wallpaper size

Jika ukuran wallpaper lebih besar dari ukuran dinding yang akan dipasang, maka dapat diatasi dengan cara memodifikasi ukuran wallpaper. Gunakan cutter untuk memotong wallpaper sesuai dengan ukuran dinding. Pastikan memotong dengan hati-hati agar hasilnya tidak merusak desain wallpaper.

5. Hindari Pemasangan di Sisi Belakang Pintu atau Jendela


avoid installing wallpaper behind door or window

Perlu diingat, hindari untuk memasang wallpaper vinyl di sisi belakang pintu atau jendela. Hal ini dapat mengakibatkan kawatir karena munculnya kerusakan saat membuka atau menutup pintu atau jendela. Selain itu, paparan sinar matahari atau cuaca extrem dapat membuat gambar pada wallpaper berubah warna atau bahkan terkena flek air. Sebaiknya, dipasang pada dinding yang mudah dilihat dan jauh dari sumber benda yang berpotensi merusak.

Dengan melakukan beberapa solusi mengatasi masalah pada pemasangan wallpaper vinyl ini, diharapkan hasilnya menjadi lebih maksimal. Namun, jika dirasa masih sulit dan perlu bantuan ahli, jangan ragu untuk mencari bantuan dari tukang wallpaper profesional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *