Teknik Membuat Cornice dari Besi di Indonesia

Apa Itu Besi Cornice dan Fungsinya?


besi-cornice

Besi Cornice merupakan hiasan pembatas pada bagian atas tembok dinding yang terpasang di bagian atap sebuah bangunan, baik itu rumah toko, perkantoran, ataupun bangunan komersial maupun industri. Cornice juga dikenal sebagai ornamen bangunan atau pada penggunaan bahasa serapan, kornis bangunan. Bagian ini umumnya terbuat dari besi atau kayu dalam bentuk strip melengkung.

Besi Cornice sendiri bisa diaplikasikan pada beragam jenis atap, mulai dari atap pelana, hip, maupun datar. Selain itu, aplikasi Besi Cornice ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat agar bangunan terlihat semakin indah dan elegan.

Ada beberapa fungsi dari Besi Cornice ini, diantaranya:

1. Sebagai Pelengkap Estetika Bangunan

Fungsi utama dari Besi Cornice adalah sebagai penambah estetika pada bangunan. Maka dari itu, biasanya desain bentuk dan material Besi Cornice disesuaikan dengan desain atau tema arsitektur bangunan yang sedang dibangun. Dalam penerapannya, Besi Cornice memberikan kesan cantik, estetis, dan elegan, sehingga membuat bangunan terlihat lebih menarik.

2. Sebagai Pelindung Tembok Bangunan

Selain sebagai hiasan pada bangunan, Besi Cornice juga berfungsi sebagai pelindung tembok bagian atas bangunan dari air hujan ataupun kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau cuaca. Dalam hal ini, Besi Cornice menghindarkan dinding bangunan dari kerusakan yang umumnya disebabkan oleh sinar matahari, hujan, maupun debu dan kotoran di udara.

3. Sebagai Pembatas Antar Ruangan

Di beberapa bangunan, seperti ruang konferensi, ruang meeting atau ruang rapat, kita bisa menemukan bahwa Pelanggan biasanya menggunakan Besi Cornice tersebut sebagai pembatas antar dinding ruangan. Selain itu, penggunaan Besi Cornice juga dianggap efektif untuk memudahkan pemilik bangunan saat ingin melakukan redekorasi pada ruangan tersebut.

4. Sebagai Penahan Gedung Bangunan

Besi Cornice memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni sebagai alat penyangga atau penahan beban pada atap bangunan. Fungsi ini adalah melindungi bagian atas dinding dari aliran air hujan yang jatuh dan mengalir. Dengan adanya Besi Cornice yang terletak di atasnya, maka air hujan dapat disalurkan hingga ke saluran pembuangan dengan mudah.

Dalam menerapkan Besi Cornice, tentunya harus diaplikasikan dengan baik agar bangunan memiliki tampilan yang indah dan elegan. Selain itu, juga harus memperhatikan jenis dan ukuran Besi Cornice yang akan digunakan agar sesuai dengan ruangan atau bangunan yang akan dipasang. Dengan menggunakan Besi Cornice yang tepat dan sesuai dengan desain arsitektur, bangunan akan terlihat lebih menarik dan memiliki proteksi yang lebih baik.

Kelebihan Besi Cornice Dibanding Material Lainnya


Besi Cornice Indonesia

Besi Cornice adalah salah satu jenis material yang sering digunakan untuk memperindah dinding atau langit-langit rumah. Material ini sering disebut juga sebagai ornament dinding. Besi Cornice memiliki beberapa kelebihan dibanding material lainnya, yaitu:

  • Bentuk yang Beragam

Kelebihan pertama besi cornice adalah bentuknya yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Mulai dari bentuk minimalis hingga bentuk yang rumit dan detail. Hal ini memudahkan untuk menghasilkan motif atau corak yang berbeda-beda di setiap ruangan. Selain itu, besi cornice juga memiliki kelebihan secara visual. Tampilannya memberikan kesan yang elegan dan mewah.

  • Tahan Lama dan Kuat

Besi Cornice Tahan Lama

Kelebihan lain besi cornice adalah tahan lama dan kuat. Material besi cornice terbuat dari bahan yang bertekstur keras dan tahan karat sehingga ketahanannya terhadap cuaca dan suhu sangat baik. Kelebihan ini menjadikan besi cornice cocok digunakan di ruangan yang rentan terhadap kelembapan, seperti kamar mandi dan dapur.

Besi cornice juga memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap benturan atau guncangan. Hal ini membuat material besi cornice menjadi lebih tahan lama dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan material lainnya.

  • Perawatannya Mudah

Perawatan Besi Cornice

Kelebihan lain besi cornice adalah perawatannya yang mudah. Jika dibandingkan dengan material kayu, misalnya, besi cornice membutuhkan perawatan yang lebih sedikit. Hanya dibutuhkan pengelap basah atau pembersih khusus besi pada saat yang tepat.

Besi cornice juga tidak mudah rusak oleh rayap atau serangga lainnya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir besi cornice akan rusak oleh binatang rakus.

  • Harga yang Terjangkau

Besi Cornice Harga

Kelebihan terakhir besi cornice adalah harganya yang terjangkau. Jika dibandingkan dengan material lain seperti gipsum atau kayu, harga besi cornice relatif lebih terjangkau. Hal ini menjadikan besi cornice dipilih sebagai alternatif yang tepat untuk mempercantik rumah tanpa membongkar isi tabungan. Harga besi cornice cukup variatif tergantung dari jenis dan desain yang dipilih. Tetapi, meski dengan harga yang sangat terjangkau kualitas yang diberikan tetap terbaik.

Nah, itulah beberapa kelebihan besi cornice dibanding material lainnya yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih material yang tepat untuk menghias rumahmu. Jangan ragu untuk memasang besi cornice di rumahmu dan nikmati kenyamanan serta keindahan yang diberikan.

Cara Memilih Besi Cornice yang Tepat untuk Rumah Anda


Besi Cornice Indonesia

Besi cornice adalah salah satu jenis dekorasi rumah yang cukup populer di Indonesia. Cornice memberikan kesan elegan pada atap rumah Anda. Cara memilih besi cornice yang tepat dapat mempengaruhi suasana ruangan rumah Anda secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih besi cornice yang tepat untuk rumah Anda.

1. Pilihlah Besi Cornice yang Sesuai dengan Konsep Rumah Anda

Besi Cornice Gambar

Saat memilih besi cornice untuk rumah Anda, pertimbangkanlah konsep rumah Anda. Apakah rumah Anda bergaya minimalis, modern, atau klasik? Setiap jenis rumah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Anda harus memilih besi cornice yang sesuai dengan karakteristik rumah Anda agar setiap elemen rumah saling melengkapi dan menciptakan kesan yang harmonis.

2. Perhatikan Ukuran dan Bentuk Ruangan

Ukuran Besi Cornice

Pilihlah besi cornice yang memiliki ukuran dan bentuk yang tepat untuk ruangan Anda. Ukuran dan bentuk besi cornice yang tidak sesuai dengan ruangan Anda bisa membuat ruangan terlihat aneh dan tidak proporsional. Perhatikan tinggi, lebar, dan bentuk ruangan Anda sebelum memilih besi cornice yang tepat.

3. Pilihlah Bahan Besi Cornice yang Berkualitas

Bahan Besi Cornice

Bahan besi cornice yang berkualitas sangat penting untuk menjamin kualitas dan daya tahan besi cornice. Pilihlah besi cornice yang terbuat dari bahan yang tahan karat seperti stainless steel atau galvanis. Selain itu, pastikan bahwa besi cornice juga dilengkapi dengan lapisan pelindung yang dapat membuatnya tahan lama dan tidak mudah berkarat.

4. Pilihlah Warna Besi Cornice yang Sesuai

Warna Besi Cornice

Warna besi cornice yang anda pilih bisa menjadi faktor penting dalam menentukan kesan ruangan. Pilihlah warna besi cornice yang sesuai dengan warna dinding dan plafon ruangan. Jika Anda ingin suasana yang tenang, pilihlah warna yang netral seperti putih atau abu-abu. Namun jika anda ingin suasana yang lebih hidup, cobalah warna-warna cerah dan menarik seperti kuning, merah, atau biru.

5. Perhatikan Harga Besi Cornice

Harga Besi Cornice

Harga besi cornice bisa sangat bervariasi tergantung pada merek dan kualitasnya. Pilihlah besi cornice yang sesuai dengan budget Anda. Namun ingat, jangan terlalu tergiur dengan harga yang murah jika menjumpai bahan yang tida berkualitas, yang dapat menimbulkan biaya tambahan yang lebih besar kedepannya.

Dengan mempertimbangkan 5 tips di atas, Anda dapat memilih besi cornice yang tepat untuk rumah Anda. Selain memberikan kesan estetik yang indah pada rumah Anda, besi cornice juga dapat melindungi atap rumah Anda dari kerusakan. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan besi cornice pada daftar perlengkapan rumah Anda.

Proses Pemasangan Besi Cornice yang Benar dan Aman


Proses Pemasangan Besi Cornice

Setelah memilih desain besi cornice yang tepat untuk rumah atau bangunan Anda dan mengukur ukuran yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pemasangan yang benar dan aman sehingga besi cornice dapat bertahan lama dan tidak membahayakan siapa pun.

Proses pemasangan besi cornice yang benar dan aman meliputi beberapa langkah berikut:

1. Persiapan dan Pengukuran

Persiapan dan Pengukuran Besi Cornice

Pertama-tama, pastikan area pemasangan bersih dan bebas dari segala jenis kotoran dan debris. Kemudian, ukur area di mana besi cornice akan dipasang untuk memastikan bahan yang tepat telah dibeli dan cukup untuk pekerjaan tersebut.

2. Memotong dan Membentuk Besi Cornice

Memotong dan Membentuk Besi Cornice

Selanjutnya, potong dan bentuk besi cornice sesuai ukuran dan desain yang diinginkan. Pastikan setiap bagian diselesaikan dengan hati-hati dan akurat.

3. Menempelkan Besi Cornice

Menempelkan Besi Cornice

Sebelum memasang besi cornice, siapkan lem yang cocok untuk digunakan pada permukaan dinding. Kemudian, tempelkan besi cornice ke dinding dengan lembut dan tepat. Pastikan bahwa besi cornice telah terpasang dengan kuat dan rata di dinding.

4. Finishing dan Penyelesaian

Finishing dan Penyelesaian Besi Cornice

Setelah besi cornice terpasang, beberapa langkah finishing dapat dilakukan untuk meningkatkan keindahan dan estetika besi cornice. Pertama, perbaiki setiap bagian yang kurang tepat atau rusak. Kemudian, cat atau cat ulang sesuai preferensi dan rancangan yang diinginkan. Akhirnya, bersihkan area kerja dan pastikan bahwa besi cornice terlihat halus dan rapi.

Proses pemasangan besi cornice secara tepat dan aman memastikan bahwa besi cornice di rumah atau bangunan Anda akan bertahan lama dan tampak indah. Penting untuk menyelesaikan setiap langkah dengan tepat dan memperhatikan detailnya agar akhirnya dapat menciptakan tampilan yang estetis dan menarik bagi bangunan Anda.

Besi Cornice di Indonesia

Peran Penting Besi Cornice di Arsitektur Indonesia


Peran Penting Besi Cornice di Arsitektur Indonesia

Besi Cornice menjadi elemen penting dalam arsitektur Indonesia. Terdapat banyak bangunan-bangunan bersejarah yang menggunakan Besi Cornice sebagai elemen arsitektur hunian atau bangunan publik. Parahiyangan Rumah Gadang di Sumatera Barat dan Palace of Yogyakarta di Yogyakarta adalah contoh bangunan Indonesia yang memanfaatkan Besi Cornice sebagai elemen arsitektur.

Keunggulan Besi Cornice sebagai Pilhan untuk Kesan Elegan


Keunggulan Besi Cornice sebagai Pilhan untuk Kesan Elegan

Selain memiliki sejarah panjang dalam arsitektur Indonesia, Besi Cornice juga menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang ingin mempertahankan tampilan elegan pada rumah Anda. Aluminum atau PVC produk yang ditawarkan saat ini sering kali kurang tahan lama dan kehilangan tampilan elegan dengan cepat. Sebaliknya, Besi Cornice tetap selalu tampil elegan meskipun setelah beberapa tahun menopang dan melindungi batas atas bangunan Anda.

Perawatan dan Perbaikan Besi Cornice untuk Tampilan yang Tetap Elegan


Perawatan dan Perbaikan Besi Cornice untuk Tampilan yang Tetap Elegan

Perawatan rutin pada Besi Cornice penting untuk mempertahankan tampilan yang tetap elegan. Perhatikan apabila terdapat penumpukan debu pada Besi Cornice yang akan mempengaruhi tampilannya. Sebuah kain lembab dan lembut dapat digunakan untuk membersihkan debu secara hati-hati. Periksa juga apakah ada kerusakan kecil atau kebocoran pada atap di sekitar Besi Cornice. Pastikan untuk memperbaiki kesalahan secepat mungkin untuk menghindari kerusakan lebih parah pada bangunan. Jika terdapat kerusakan yang lebih serius pada Besi Cornice seperti karat, sebaiknya segera memanggil tukang besi yang ahli untuk memperbaikinya. Jangan mencoba memperbaiki sendiri kerusakan Besi Cornice karena dapat menimbulkan kerusakan lebih serius atau bahkan berbahaya.

Perlindungan untuk Tampilan yang Tetap Elegan


Perlindungan untuk Tampilan yang Tetap Elegan

Terkadang hal yang terbaik untuk membuat tampilan elegan Besi Cornice adalah menghindari kerusakan dengan perlindungan yang tepat. Pencahayaan dan kelindungan yang tepat adalah cara termudah dan terbaik untuk melindungi Besi Cornice dari kerusakan. Menggunakan pelapis anti-korosif atau cat dapat memperpanjang usia pakai dan menjaga tampilan Besi Cornice. Selalu memperhatikan perlindungan yang tepat untuk tampilan Besi Cornice dalam jangka waktu yang lama.

Menerima Jasa Perbaikan dan Pemasangan Besi Cornice di Jakarta


Menerima Jasa Perbaikan dan Pemasangan Besi Cornice di Jakarta

Semua pengetahuan tentang perawatan dan perbaikan Besi Cornice di atas adalah hal yang penting untuk Anda ketahui. Namun, Anda mungkin masih memerlukan bantuan profesional dari tukang besi ahli untuk perbaikan atau pemasangan Besi Cornice. Profesional kami di Jakarta siap membantu Anda untuk solusi perbaikan and/atau pemasangan Besi Cornice terbaik untuk tampilan yang tetap elegan pada atap atau bangunan Anda. Jadi, segera hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut sekarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *