Bakpia Khas Jogja

bakpia khas jogja

Yogyakarta, kota yang terkenal dengan pesona budaya dan alamnya, juga memiliki beragam kuliner khas yang menggugah selera. Salah satu kuliner yang paling populer dan menjadi oleh-oleh wajib bagi para wisatawan adalah bakpia.

Bakpia sudah ada di Yogyakarta sejak zaman penjajahan Belanda. Pada awalnya, bakpia dibawa oleh seorang imigran Tionghoa dari Tiongkok. Bakpia kemudian mengadaptasi lidah orang Indonesia dengan cara mengganti isisan dengan kacang hijau yang menjadi favorit banyak orang. Saat ini, bakpia menjadi salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang paling populer. Sangat  mudah untuk menemukan bakpia di Yogyakarta, mulai dari toko oleh-oleh, pasar tradisional, hingga warung pinggir jalan. Selain itu, Bakpia khas Yogyakarta biasanya memiliki isian kacang hijau, tetapi kini juga tersedia berbagai varian rasa lain, seperti cokelat, keju, dan durian.

Bakpia biasanya dikemas dalam kotak yang terbuat dari daun pisang atau plastik. Bakpia dapat bertahan hingga 3 hari jika menyimpannya di suhu ruangan dan hingga 1 minggu jika menyimpan bakpia di lemari pendingin. Selain itu, bakpia menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogja yang wajib dibeli oleh wisatawan. Bakpia dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Jogja. Harga bakpia bervariasi, mulai dari Rp20.000 hingga Rp50.000 per kotak. Seiring berjalannya waktu, bakpia Jogja semakin berkembang. Kini, ada banyak toko bakpia yang tersebar di Yogyakarta. Setiap toko memiliki ciri khasnya masing-masing, baik dari segi rasa, ukuran, maupun kemasan. Selain di Yogyakarta, bakpia juga mulai dijual di kota-kota lain di Indonesia. Bahkan, bakpia Jogja juga sudah mulai merambah ke luar negeri.

Pembuatan Bakpia Khas Jogja

Pembuatan bakpia khas Yogyakarta membutuhkan proses yang cukup panjang. Kulit bakpia terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan air. Untuk membuat isian bakpia dengan cara menghaluskan kacang hijau, gula merah, dan garam.

Kulit bakpia dibuat dengan cara mengaduk semua bahan hingga menjadi adonan yang kalis. Adonan kemudian ditipiskan dan diisi dengan adonan isian. Bakpia kemudian dibungkus dengan kulit tipis lainnya dan dikukus hingga matang.

Varian Rasa Bakpia Khas Jogja

Bakpia pada awalnya hanya memiliki dua varian rasa, yaitu kacang hijau dan kacang merah. Namun, seiring berjalannya waktu, muncul berbagai varian rasa bakpia baru, seperti durian, keju, cokelat, dan green tea.

Pembeda Bakpia Jogja dengan Bakpia Lainnya

Bakpia Jogja memiliki beberapa pembeda dengan bakpia lainnya, yaitu:

  • Kulit pastry yang tipis dan renyah. Kulit pastry bakpia Jogja memiliki tekstur yang tipis dan renyah. Hal ini membuat bakpia Jogja memiliki rasa yang lebih gurih dan enak.
  • Isian kacang hijau yang lembut dan legit. Isian kacang hijau bakpia Jogja memiliki tekstur yang lembut dan legit. Hal ini membuat bakpia Jogja memiliki cita rasa yang khas dan tidak mudah dilupakan.
  • Cara pembuatan yang tradisional. Bakpia Jogja masih dibuat dengan cara yang tradisional, yaitu dengan menggunakan oven kayu. Hal ini membuat bakpia Jogja memiliki aroma yang khas dan berbeda dari bakpia lainnya.

 

Rekomendasi Merek Bakpia Khas Jogja

Banyak wisatawan memburu bakpia yang telah menjadi oleh-oleh khas Jogja. Ada banyak merek bakpia yang dijual di Jogja, masing-masing dengan ciri khasnya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa merek bakpia khas Jogja yang bisa kamu coba:

1. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok adalah merek bakpia yang paling terkenal di Jogja. Selain itu, bakpia ini sudah ada sejak tahun 1945 dan memiliki banyak cabang di berbagai kota di Indonesia. Bakpia Pathok memiliki kulit yang tipis dan renyah, serta isian kacang hijau yang lembut dan manis.

2. Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari adalah merek bakpia yang juga cukup populer di Jogja. Selain tiu, bakpia ini memiliki berbagai varian rasa, mulai dari kacang hijau, kacang merah, cokelat, dan durian. Bakpia Kurnia Sari memiliki kulit yang lembut dan isian yang legit.

3. Bakpia Pia Djogdja

Bakpia Pia Djogdja adalah merek bakpia yang memiliki kemasan yang unik. Selain itu, bakpia ini memiliki berbagai varian rasa, mulai dari kacang hijau, kacang merah, cokelat, durian, dan green tea. Bakpia Pia Djogdja memiliki kulit yang lembut dan isian yang manis.

4. Bakpia Raminten

Bakpia Raminten adalah merek bakpia yang memiliki cita rasa yang khas. Selain itu, bakpia ini memiliki kulit yang tipis dan renyah, serta isian kacang hijau yang lembut dan manis. Serta varian rasa durian yang cukup populer.

5. Bakpia Pathuk 75

Bakpia Pathuk 75 adalah merek bakpia yang memiliki tekstur kulit yang renyah dan isian kacang hijau yang manis. selain itu, bakpia ini memiliki kemasan yang sederhana namun tetap menarik.

6. Bakpia Kukus Tugu

Bakpia Kukus Tugu adalah merek bakpia yang berbeda dari bakpia lainnya, karena cara pembuatan bakpia ini dengan cara dikukus , sehingga memiliki tekstur yang lembut dan isian yang padat. Selain itu, Bakpia Kukus Tugu memiliki berbagai varian rasa, mulai dari kacang hijau, kacang merah, cokelat, dan durian.

7. Bakpia Wong Djowo

Bakpia Wong Djowo adalah merek bakpia yang memiliki cita rasa yang tradisional. selain itu, bakpia ini memiliki kulit yang tipis dan renyah, serta isian kacang hijau yang manis. Selain tiu, bakpia Wong Djowo hanya memiliki varian rasa kacang hijau.

Tips Memilih Bakpia Khas Jogja

Dalam memilih bakpia khas Yogyakarta, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Kulit: Kulit bakpia yang berkualitas harus berwarna putih bersih dan tidak mudah pecah.
  • Isian: Isian bakpia yang berkualitas harus memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu kering.
  • Bau: Bakpia yang berkualitas harus memiliki aroma yang khas dan menggugah selera.

Tips Menikmati Bakpia Khas Jogja

Bakpia khas Yogyakarta dapat menikmati langsung atau memakan bersama dengan secangkir teh atau kopi. Bakpia juga dapat disimpan di dalam lemari es selama beberapa hari.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menikmati bakpia khas Yogyakarta:

  • Nikmati bakpia dalam keadaan hangat. Bakpia yang hangat akan terasa lebih nikmat.
  • Coba cicipi bakpia dengan berbagai macam isian. Anda dapat mencoba bakpia kacang hijau, bakpia keju, bakpia cokelat, dan lain-lain.
  • Berikan bakpia sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga. Bakpia khas Yogyakarta adalah oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang ke rumah.

Bakpia Khas Jogja sebagai Oleh-oleh

Bakpia merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta yang telah menjadi ikon kota ini. selainitu, Bakpia memiliki rasa yang lezat, harga yang terjangkau, dan daya tahan yang lama. Hal-hal inilah yang membuat bakpia menjadi salah satu oleh-oleh favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Kue ini memiliki cita rasa yang unik dan lezat, sehingga cocok untuk disantap kapan saja.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk membeli bakpia khas Yogyakarta sebagai oleh-oleh. Anda bisa membeli bakpia di berbagai toko oleh-oleh di Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *