Arti Lirik Lagu Despacito dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Lagu Despacito dalam Bahasa Indonesia


Arti Lagu Despacito Bahasa Indonesia

Lagu Despacito merupakan lagu yang terkenal di seluruh dunia dan juga di Indonesia. Lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi asal Puerto Rico, yang bernama Luis Fonsi. Lagu ini diciptakan oleh Luis Fonsi bersama dengan Daddy Yankee. Lagu ini rilis pada tanggal 12 Januari 2017 dan langsung meledak di pasar musik dunia.

Lagu ini sangat populer di Indonesia dan banyak diputar di radio maupun di platform streaming musik. Lagu ini juga banyak di-cover oleh para musisi dan youtuber. Banyak orang yang tidak tahu arti dari lagu ini karena liriknya menggunakan bahasa Spanyol. Oleh karena itu, mari kita bahas pengertian dari lagu Despacito dalam Bahasa Indonesia.

Despacito berasal dari kata dalam bahasa Spanyol yang artinya adalah “perlahan”. Dalam lagu ini, penggunaan kata despacito dapat diartikan sebagai permintaan untuk melakukan hubungan seks dengan perlahan dan santai.

Menurut Luis Fonsi sendiri, lagu ini memiliki arti yang lebih dalam dari sekedar permintaan untuk melakukan hubungan seks. Lagu ini sebenarnya bercerita tentang jatuh cinta pada seseorang dan melakukan apapun untuk membuat orang itu merasa spesial dalam hidupnya. Despacito seakan menjadi metafora tentang bagaimana kita memperlakukan orang yang kita cintai. Kita mau melakukan apapun untuk membuat orang itu bahagia.

Oleh karena itu, jika kita mendengarkan lagu ini secara keseluruhan, kita akan menemukan banyak petuah tentang cinta dan hubungan. Misalnya penggalan lirik: “Firmo en las paredes de tu laberinto, y hacer de tu cuerpo todo un manuscrito” yang artinya “Menulis pada dinding labirinmu, dan menjadikan tubuhmu sebuah naskah.”

Arti dari lagu Despacito dalam Bahasa Indonesia selain tentang hubungan cinta yang romantis, serta menyenangkan dan penuh kasih sayang, lagu ini juga mengandung pesan moral yang baik seperti menjaga kepercayaan, kejujuran, dan rasa tanggung jawab.

Jadi, itulah pengertian dari lagu Despacito dalam Bahasa Indonesia yang sebenarnya. Lagu ini bukan hanya terkenal karena liriknya yang menggoda, namun juga karena pesan cinta dan moral yang baik yang terkandung dalam liriknya. Lagu ini merupakan lagu yang cocok untuk didengarkan ketika sedang merayakan kebahagiaan bersama orang yang kita cintai.

Lirik Lagu Despacito dan Terjemahan ke Bahasa Indonesia


Despacito versi Bahasa Indonesia

Lirik lagu Despacito memang mengguncang dunia. Lagu ini bukan hanya populer di negara asalnya, Puerto Rico, namun juga meledak di seluruh dunia termasuk Indonesia. Bagaimana tidak, banyak orang yang tergila-gila dengan lirik lagu dan dentuman musik yang catchy.

Despacito sendiri memiliki arti “perlahan” dalam bahasa Spanyol, namun apa yang membuat lagu ini sangat menarik adalah karena lirik dan iramanya yang membuat pendengarnya merasa tergila-gila. Despacito juga memiliki versi Bahasa Inggris, namun di Indonesia versi Bahasa Indonesia-nya yang paling populer.

Despacito versi Bahasa Indonesia yang asli

Despacito versi Bahasa Indonesia asli dibawakan oleh Kuntoaji Wibisono dan Fiersa Besari. Namun, ada juga yang membuat versi lain dengan lirik yang berbeda dari yang asli. Sebut saja Tegar dan Enzy Storia yang membuat versi Bahasa Indonesia-nya yang berbeda dengan lirik yang menggambarkan kisah percintaan.

Berikut ini adalah lirik lagu Despacito versi Bahasa Indonesia asli oleh Kuntoaji Wibisono dan Fiersa Besari:

Despacito
Sedikit-sedikit kamu mendekati diriku
dengan lembut, lembut, perlahan
Kamu berikan napas baru padaku
Tubuhmu terasa menghangatkan diriku
Memberi rasa tenang, hatiku tidak sabar
Berbicara denganmu, bicara, bicara
Sedikit-sedikit kamu menundukkan diriku
dan aku tak ingat siapa diriku
Dengan perlahan, kita akan naik ke surga
dalam dalam, sejauh mungkin
Despacito

Sekarang, mari kita lihat lirik lagu Despacito versi Bahasa Indonesia yang diubah liriknya oleh Tegar dan Enzy Storia:

Perlahan, buka pintunya dari hatimu
Sungguh tak mudah untuk meraihmu
Jangan dulu langsung tergila-gila
Kamu harus lebih untuk mengenalmu
Dari mata turun ke hati,
sesuatu suka, kagum dan tertarik
Saat ku dekat kau memberikan pesona
Ku ingin mengikuti alurnya dan
rencanaku ini ternyata menjadi,
langsung jadian, bawa ke pelaminan,
istri impian, yang aku tunggu-tunggu,
ku selalu ingin, selalu, selalu
Ku berjanji untuk selalu ada,
kau di dada, ku ingin kamu,
Despacito

Itulah lirik lagu Despacito versi Bahasa Indonesia yang populer di kalangan masyarakat. Meski terdapat beberapa versi yang berbeda-beda, namun tetap saja lirik lagu ini tetap enak didengar dan membuat hati senang. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu lebih suka mendengarkan versi asli atau versi Bahasa Indonesia yang berbeda?

Dalam Musik dan Lagu, Bahasa Tidaklah Sebuah Halangan


bahasa dan musik indonesia

Dalam dunia musik dan lagu, bahasa tidaklah menjadi sebuah halangan untuk mengekspresikan emosi dan cerita. Arti lirik lagu Despacito bahasa Indonesia menjadi contoh bagaimana bahasa dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan pesan dan realitas yang dialami oleh seorang penyanyi atau penulis lagu.

Arti lirik lagu Despacito yang asalnya berbahasa Spanyol telah diinterpretasikan dan diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh beberapa musisi Indonesia. Salah satunya adalah Tegar Septian yang berhasil membawakan lagu tersebut dengan sangat emosional.

Lagu Despacito yang awalnya dinyanyikan oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee ini memang menjadi salah satu hits internasional yang luar biasa. Lagu dengan nuansa pop latina ini mampu membawa nada bahagia dan menghibur bagi yang memutarnya.

Namun, dengan lirik yang dalam, lagu ini lebih dari sekadar lagu dansa. Arti lirik lagu Despacito bahasa Indonesia sendiri menceritakan tentang gairah, cinta, dan juga kerinduan. Dalam bahasa Indonesia, arti lirik lagu Despacito menjadi lebih mudah dipahami oleh pendengar yang lebih mengenal kebudayaan dan bahasa kita sendiri.

Musik dan lagu memang tidak bisa dipisahkan dari bahasa. Karena lewat bahasa, maka cerita dan pesan dapat tersampaikan dengan lebih jelas. Bahkan, tidak semua lagu yang populer adalah bahasa Inggris. Di Indonesia sendiri, bahasa lokal seperti Jawa, Sunda, dan Minang juga banyak digunakan dalam musik modern.

musik dan bahasa indonesia

Bahkan dalam beberapa film musikal seperti Laskar Pelangi atau Ada Apa dengan Cinta, kita juga dapat menemukan lagu-lagu yang dibawakan dalam bahasa yang kurang dikenal oleh banyak penonton, tetapi diinterpretasikan dengan indah dan membuat pendengar merasa terkait dengan ceritanya.

Bahasa tidak boleh menjadi halangan untuk menikmati musik dan lagu. Meskipun tidak sepenuhnya memahami bahasa lirik lagu yang didengarkan atau dinyanyikan, musik itu sendiri dapat membawa emosi dan kebahagiaan yang luar biasa. Karena musik dapat dinikmati oleh siapa saja, dengan atau tanpa memahami bahasa yang digunakan.

Kontroversi yang Muncul Akibat Lirik Despacito dalam Bahasa Indonesia


arti lirik despacito bahasa indonesia

Setelah lirik Despacito versi Bahasa Indonesia dirilis, muncul berbagai kontroversi yang mengiringinya. Beberapa kontroversi di antaranya adalah:

Kontroversi Seksualitas


despacito cover

Sebagian orang Indonesia merasa bahwa lirik Despacito versi Bahasa Indonesia memiliki nuansa seksual dan kurang sesuai dengan nilai budaya Indonesia yang cenderung konservatif. Hal ini disebabkan karena beberapa lirik seperti “Perlahan-lahan (Despacito), aku ingin bernafas di lehermu (despacito), Biarkan aku memasuki zona merahmu (zonamu),” dianggap merujuk pada hubungan seksual. Selain itu, beberapa bagian lain dari lagunya juga dianggap terkesan vulgar, seperti bagian yang berbunyi “apa yang tidak boleh aku lakukan untuk memasuki bibirmu (para besar),” dan “kepala firaun dan momenmu saat ingin mencoba (la cabeza en el hombro y el resto en el suelo)”.

Kontroversi Peran Pemerintah


jokowi

Sejumlah orang memberikan kritik dan tuntutan kepada pemerintah Indonesia agar segera menindak lagu Despacito versi Bahasa Indonesia yang dianggap mengandung unsur negatif. Sebagian mengkritik Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) Nomor 19 Tahun 2014 tentang Penyiaran sebagai payung hukum yang kurang berfungsi. Namun, pemerintah bersikukuh bahwa penanganan atas lagu Despacito bukanlah kewenangan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pemerintah memberikan pembeberan bahwa tugas untuk menegakkan kaidah-kaidah dalam menghasilkan produk kreatif itu menjadi tanggung jawab sendiri dari para produsen dan pencipta karya, seperti para penyanyi, penulis lagu, sutradara, produser, dan sebagainya. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan bahwa lagu dan video musik bisa diatur oleh organisasi yang tepat, di mana isu kebudayaan dan perizinan dapat didiskusikan di tingkat masing-masing lembaga.

Kontroversi Kecurangan


despacito charting

Banyak pihak yang merajuk pada lagu Despacito versi Bahasa Indonesia dan mengatakan bahwa lagu ini ‘dicurangin’ atau merebut posisi puncak chart musik hanya berdasarkan popularitas bagian reggae, rap, atau bahasa Spanyol tempat lagu asli berasal. Padahal, beberapa lagu lainnya yang ternyata jauh lebih berkualitas dari segi syair, melodi, dan aransemen, malah tidak dapat berjaya di chart musik Indonesia. Akan tetapi, penentu posisi tersebut adalah dari pendengar dan bukan hanya berdasarkan deskripsi dari para kritikus musik atau para artisnya saja.

Kontroversi Pelanggaran Hak Cipta


hak cipta lirik despacito

Kemudian terdapat lagi isu mengenai sebuah klaim kesah bagi hak cipta lirik Despacito versi Bahasa Indonesia. Ada netizen yang mempermasalahkan klaim tersebut dengan alasan pengabaian terhadap hak cipta serta estafet pribadi dalam pengantar liriknya. Melihat dari peristiwa ini, maka sangat penting bagi para pencipta lirik untuk memperkenalkan penggunaan dan hak cipta terkait lirik yang didapat agar tidak menimbulkan kontroversi yang tidak diinginkan.

Kepopuleran Lagu Despacito di Indonesia dan Efeknya pada Musik Lokal


Despacito Indonesia

Lagu Despacito yang dinyanyikan oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee telah menjadi viral di seluruh dunia termasuk Indonesia. Lagu berirama Latin ini sangat mudah diingat dan menjadi favorit banyak orang di tanah air. Tetapi sejauh apa dan bagaimana lagu ini mempengaruhi musik lokal?

Lirik Lagu Despacito


Lirik Lagu Despacito bahasa Indonesia

Lagu Despacito ternyata telah di-cover oleh banyak penyanyi muda Indonesia seperti Denada, Via Vallen, dan Fatin Shidqia. Namun, tak sedikit juga yang memasukkan lirik lagu tersebut ke dalam bahasa Indonesia, agar lebih mudah diingat dan dipahami oleh masyarakat Indonesia yang tidak begitu mengerti bahasa Spanyol. Efeknya, lagu ini lebih mudah dicerna dan diingat oleh masyarakat Indonesia.

Popularitas Lagu Despacito di Indonesia


Popularitas Lagu Despacito di Indonesia

Lagu Despacito menjadi sangat populer di Indonesia pada tahun 2017, terutama setelah di-cover oleh penyanyi asal Surabaya, Via Vallen. Via Vallen membawakan versi dangdut dari lagu Despacito dan langsung mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia. Video klip Via Vallen di YouTube pun telah ditonton lebih dari 144 juta kali.

Popularitas lagu ini tak hanya di Indonesia, tetapi juga diseluruh Asia, termasuk Malaysia dan Filipina. Banyak juga penyanyi-penyanyi lokal yang mencoba memasukkan bunyi latin dan Spanyol ke dalam lagu-lagu mereka. Beberapa diantaranya adalah Rizky Febian, Marion Jola, dan Sheryl Sheinafia. Lagu-lagu tersebut lalu disukai oleh masyarakat Indonesia dan memicu tren baru dalam musik Indonesia.

Perkembangan Musik Lokal Usai Popularitas Lagu Despacito


Perkembangan Musik Lokal Usai Popularitas Lagu Despacito

Setelah lagu Despacito booming di Indonesia, banyak musikus lokal berusaha mengikuti trend ini. Dengan menambahkan unsur-unsur musik Latin, Spanyol, dan karibia pada musik mereka, musik lokal jadi lebih berwarna dan membuat mereka mempunyai daya tarik yang lebih besar. Musikus lokal seperti Raisa, Rizky Febian, Jaz, hingga Hivi! dapat merasakan efek positif dari tren ini. Mereka menjadi lebih dikenal dan berhasil meraih penghargaan atas prestasi musiknya.

Tentu, perkembangan musik lokal bukan hanya dari segi musik, ada juga dari segi produksi. Pada 2017, pemenang Indonesian Idol 2017, Maria Simorangkir merilis single andalannya yang berjudul “Yang Terbaik”. Single ini menjadi viral karena video klipnya yang keren dan high quality, yang pada waktu itu menjadi standar yang sangat tinggi untuk musik lokal. Hal ini menunjukkan adanya perkembangan produksi musik lokal yang lebih baik dan ambisius.

Kepopuleran lagu Despacito di Indonesia memang sangat luar biasa, dan berdampak pada perkembangan musik lokal. Banyak musikus yang mengikuti tren ini dan mencoba mengembangkan musik dengan menambahkan unsur-unsur asing. Hal ini membuat musik lokal semakin kaya dan bervariasi. Kita dapat melihat bahwa popularitas suatu musik global bisa menghasilkan dampak yang positif dalam industri musik lokal di suatu negara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *