Arti Lirik Despacito dalam Bahasa Indonesia: Makna Tersembunyi di Balik Lagu Terpopuler

Terjemahan Lirik Despacito ke Dalam Bahasa Indonesia


Arti-Lirik-Despacito-Bahasa-Indonesia

Despacito adalah lagu populer yang pertama kali dirilis oleh Luis Fonsi pada tahun 2017. Lagu ini sangat terkenal di seluruh dunia dan menjadi hit nomor satu di banyak negara. Tak heran jika para penggemar musik di Indonesia juga sangat menyukai lagu ini. Namun, karena bahasa Spanyol yang digunakan dalam lirik yang sulit dipahami, banyak pencinta musik yang merasa kesulitan untuk memahami maknanya. Oleh karena itu, terjemahan lirik Despacito ke dalam bahasa Indonesia sangat dibutuhkan. Berikut adalah terjemahan lirik Despacito:

Bacaan Lainnya

Despacito
Perlahan-lahan
Quiero respirar tu cuello despacito
Ingin menyingkapkan rahasia di lehermu perlahan
Deja que te diga cosas al oído
Biarkan aku membisikkan sesuatu ke telingamu
Para que te acuerdes si no estás conmigo
Agar kau teringat padaku walau kau jauh dariku
Despacito
Perlahan-lahan
Quiero desnudarte a besos despacito
Ingin membuat cintamu tumbuh dengan pelan-pelan
Firmo en las paredes de tu laberinto
Meninggalkan jejak di sudut-sudut hatimu
Y hacer de tu cuerpo todo un manuscripto
Membuat tubuhmu jadi menjadi sepenuhnya milikku
(Sube, sube, sube)
Naik, naik, naiklah
(Sube, sube)
(Naik, naik)
Quiero ver bailar tu pelo
Ingin melihat rambutmu bergerak
Quiero ser tu ritmo
Ingin menjadi irama yang kamu nikmati
Que le enseñes a mi boca
Agar kumulai membuka bibirku
Tus lugares favoritos
Dan mengenal waktu favoritmu
(Favorito, favorito, baby)
(Terfavorit, terfavorit, sayang)
Déjame sobrepasar tus zonas de peligro
Biarkan aku masuk ke daerah bahayamu
Hasta provocar tus gritos
Sampai membuatmu teriak
Y que olvides tu apellido
Sehingga kau melupakanku dengan segenap rasa bahagia
Si te pido un beso, ven, dámelo
Jika aku meminta ciuman darimu, datang dan berikan kepadaku
Yo sé que estás pensándolo
Aku tahu kau sedang memikirkannya
Llevo tiempo intentándolo
Sudah lama aku berusaha keras
Mami, esto es dando y dándolo
Kasih, ini adalah pemberian dan penerimaan
Sabes que tu corazón conmigo te hace bam bam
Kau tahu hatimu berdetak kencang saat bersamaku
Sabes que esa beba está buscando de mi bam bam
Kau tahu bahwa bayi itu membutuhkan bam bamku
Ven, prueba de mi boca para ver cómo te sabe
Datanglah kepadaku dan rasakan manisnya bibirku
Quiero, quiero, quiero ver cuánto amor a ti te cabe
Aku ingin tahu seberapa besar cinta yang kau miliki untukku
Yo no tengo prisa, yo me quiero dar el viaje
Aku tak terburu-buru, aku ingin merasakan perjalanannya denganmu
Empezamos lento, después salvaje
Kita mulai perlahan, lalu menjadi liar

Itulah terjemahan lirik Despacito ke dalam bahasa Indonesia. Dengan terjemahan ini, kita dapat lebih memahami makna yang terkandung di dalam lirik tersebut dan menikmati lagu ini lebih dalam. Selain itu, hal ini juga membuka kesempatan bagi para penggemar musik Indonesia untuk mengapresiasi musik dari luar negeri yang mengandung pesan yang sangat baik dan inspiratif. Tak hanya itu, kita juga bisa belajar bahasa Spanyol dengan lebih mudah melalui lagu ini.

Arti dari Kata-kata Asing dalam Lirik Despacito


Arti dari Kata-kata Asing dalam Lirik Despacito

Lagu Despacito yang dipopulerkan oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee ini memang memiliki lirik yang sangat enak didengar. Namun, bagi orang yang tidak memahami bahasa Spanyol, pasti akan merasa kebingungan dengan beberapa kata-kata asing yang terdapat dalam liriknya. Nah, berikut ini adalah arti dari kata-kata asing dalam lirik Despacito.

1. Des-pa-ci-to

Secara harfiah, Despacito berarti “pelan-pelan” atau “perlahan-lahan”. Dalam lagu itu sendiri, Despacito menggambarkan sebuah kesabaran untuk menggoda seseorang secara perlahan dan hati-hati.

2. “Firmo tu pared”

Kata Firmo berarti “menandatangani”. Dalam lirik ini, maksud dari “Firmo tu pared” adalah “Saya menandatangani dindingmu”. Maksud dari lagu ini adalah Luis Fonsi ingin meninggalkan bekas di hati wanita yang ia cintai.

3. “Despacito, Quiero respirar tu cuello despacito”

Kata respirar berarti “menghirup” atau “bernafas”. Sedangkan cuello berarti “leher”. Dalam lirik ini, Luis Fonsi ingin menghirup bau wangi di leher wanita yang ia cintai.

4. “Firmo en las paredes de tu laberinto”

Lagu ini mengatakan “Saya menandatangani dinding dalam labirinmu”. Laberinto berarti “labirin” atau “pencarian yang rumit”. Artinya, Luis Fonsi ingin menempuh pencarian yang sulit untuk mendapatkan cinta dari wanita yang ia cintai.

5. “Hasta que las olas griten: ¡ay, bendito sea el mar que nos llevó a los dos!”

Pada bagian ini, artinya adalah “sampai ombak meneriakkan: terberkatilah laut yang membawa kita berdua!”. Luis Fonsi meminta agar cintanya tidak berakhir, meskipun harus menghadapi rintangan yang berat. Ia ingin tetap bersama wanita yang ia cintai dan sampai akhirnya dapat bersama selamanya.

6. “Tú, tú eres el imán y yo soy el metal”

Dalam lirik ini terdapat ungkapan “Kamu, engkau adalah magnet dan aku adalah besi”. Luis Fonsi merasa terpikat oleh pesona wanita yang diibaratkan magnet itu. Ia merasa bahwa dirinya dan wanita itu merupakan pasangan yang tepat dan saling membutuhkan.

7. “Quiero desnudarte a besos despacito”

Kata desnudarte berarti “menyentuhmu dengan lembut”. Dalam lirik ini, Luis Fonsi ingin menyentuh wanita yang ia cintai dengan lembut dan menggoda secara perlahan-lahan dengan masuk dalam keintiman.

8. “Que le enseñes a mi boca”

Pada bagian ini, maksudnya adalah “ajarkan bibirku”. Luis Fonsi meminta kepada wanita yang ia cintai agar ia bisa belajar dari wanita itu tentang cara-cara yang membuat dirinya dicintai.

9. “Quiero, quiero, quiero ver cuánto amor a ti te cabe”

Dalam lirik ini dijelaskan “Saya ingin melihat seberapa besar dengan cinta yang ada pada dirimu”. Luis Fonsi ingin tahu seberapa besar cinta yang dirasakan oleh wanita yang ia cintai untuk dirinya. Ia ingin merasakan cinta yang tulus dari wanita tersebut.

10. “Pasito a pasito, suave suavecito”

Pada bagian ini terdapat ungkapan “Langkah demi langkah, lembut-lemut”. Luis Fonsi meminta wanita yang ia cintai untuk mengikuti irama ini dan bergerak perlahan-lahan dan lembut dalam sebuah hubungan.

Itulah arti dari kata-kata asing yang terdapat dalam lirik Despacito. Tentu saja liriknya tidak hanya sekadar menyanyikan kata-kata asing saja, tetapi juga memberikan makna dan harapan dalam sebuah hubungan. Dengan melihat arti dari lirik ini, kita bisa merenungkan dan belajar tentang arti sebuah hubungan yang berjalan perlahan-lahan dan tanpa terburu-buru.

Pesan Romantis dalam Lirik Despacito yang Digubah dengan Ritme Latin


Pesan Romantis dalam Lirik Despacito yang Digubah dengan Ritme Latin

Despacito, merupakan satu lagu yang populer di Indonesia dan di seluruh dunia. Lirik lagu ini memang berbahasa Spanyol, tapi banyak orang Indonesia yang suka mendengarkannya. Kebanyakan penggemar dari lagu ini mengaku selalu terkesan dengan irama Latin yang disuguhkan. Lirik Despacito yang romantisme, memang bisa menarik perhatian para pendengarnya. Pasalnya, pesan-pesan romantis yang diusung dalam lagu ini bisa bikin siapa saja baper(galau). Yuk, kita lihat apa saja pesan romantis dalam lirik Despacito ini.

Menjadi Pasangan yang Setia

Pesan Setia dalam Lirik Despacito

Pesan pertama yang bisa kita temukan dalam lirik Despacito, yaitu tentang satu pasangan yang setia. Ada beberapa penggalan lirik yang bisa membuktikannya. “Saat kau berbicara dengan tubuhmu, aku merasa kau akan menjadi milikku”, “Biarkan diriku membuktikan padamu bahwa yang ku suka hanya dirimu, yang selalu bermain diotakku”. Dari kedua penggalan lirik tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa pesan romantis yang diusung adalah tentang satu pasangan yang setia. Selalu saling mempertahankan satu sama lain, dan tak ada tempat untuk orang ketiga.

Cinta yang Terus Menerus Berkembang

Pesan Berkembang dalam Lirik Despacito

Despacito juga mengandung pesan bahwa cinta terus berkembang antara dua pasangan. “Ulangi, aku suka bagaimana rasa itu, ulangi, aku suka bagaimana kamu tak lelah mencintai”. Pesan dalam lirik ini terdapat arti bahwa cinta antara pasangan yang satu dan yang lain selalu berkembang dan tak pernah pudar. Kita bisa merasa bahwa cinta antara hubungan romantis memang membutuhkan usaha yang besar untuk mempertahankan. Dari pesan dalam lagu ini, kita juga dapat mengerti bahwa usaha yang besar bisa membuat cinta ini terus tumbuh dan berkembang walau waktu telah berlalu.

Kehadiran Pasangan Selalu Dirindukan

Pesan Kehadiran dalam Lirik Despacito

Lagu seperti Despacito memang bisa bikin kita rindu dengan seseorang, atau kita rindu dengan kehadiran dari seseorang yang sangat kita inginkan. “Hampir selalu aku memikirkanmu, dan aku tak pernah berhenti mencoba untuk membawa dirimu ke dalam pikiranku”. Pesan dalam satu penggalan lirik tersebut benar-benar menggambarkan rindu yang sangat kuat terhadap kehadiran seseorang yang sangat dinanti-nantikan di setiap kesempatan. Pesan dalam lirik ini bisa menggambarkan bahwa cinta itu bukan terbatas saja pada pelukan fisik, melainkan karantina terhadap sosok lain, dan kesetiakawanan yang tak pernah padam dari waktu ke waktu

Kesederhanaan Hubungan

Pesan Kesederhanaan dalam Lirik Despacito

Tidak perlu kita pergi jauh untuk merasakan kesederhanaan dari hubungan yang romantis. Lagu Despacito mencoba menggambarkan hal tersebut dalam lirik-liriknya. “Ku berharap kau bisa memperhatikan semua yang ada di kotaku, lakukan semua berdua, sendirian tak ada artinya sama sekali”. Pesan dalam lirik ini memperingatkan bahwa cinta tak hanya terletak pada pergi ke restoran mewah atau tempat terbagus. Namun cinta terkadang bisa terletak di hal-hal yang sepele seperti berjalan bersama-sama atau sharing action tentang satu hal yang sama.

Demikian beberapa pesan romantis dalam lirik Despacito. Lagu ini memang romantis, tapi pesan dalam lirik-liriknya memang bisa menggambarkan suasana dari hubungan yang sesungguhnya. Betapa indahnya saat dua pasangan yang saling mencintai bisa menjadi satu.

Kontroversi Terkait Lirik Despacito yang Beredar di Indonesia


Luis Fonsi

Despacito adalah salah satu lagu yang sedang populer di Indonesia. Lagu yang dipopulerkan oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee ini sukses menembus pasar musik Indonesia. Namun, lagu ini juga menjadi kontroversi di Indonesia terkait liriknya yang dianggap vulgar dan tidak sesuai dengan budaya Indonesia.

Berikut beberapa kontroversi terkait lirik Despacito yang beredar di Indonesia:

Despacito

1. Lirik yang Vulgar

Lagu Despacito menjadi kontroversi karena dianggap memiliki lirik yang vulgar. Ada beberapa lirik dalam lagu Despacito yang dianggap tidak pantas dan tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di Indonesia. Beberapa lirik tersebut merupakan metafora atau bahasa slang yang sulit dipahami oleh masyarakat umum. Tapi, ada juga lirik yang memang jelas-jelas vulgar dan kurang pantas untuk didengar oleh anak-anak.

2. Potensi Merusak Moral Anak-Anak

Kontroversi terkait lirik Despacito ini juga membuat banyak orang khawatir tentang potensi merusak moral anak-anak. Lagu ini sering diputar di tempat-tempat umum seperti mall, warung makan dan radio bahkan tidak sedikit anak-anak yang menghafal lirik serta menirukan gerakan dari lagu itu. Pasalnya, ada beberapa lirik dalam lagu yang mengandung unsur-unsur pornografi yang bisa merusak moral anak-anak.

3. Penghapusan dari Beberapa Stasiun Televisi

Karena kontroversi yang terus mengemuka tentang lagu Despacito, beberapa stasiun televisi di Indonesia menghapus lagu tersebut dari daftar layaran musiknya. Seperti misalnya RCTI dan SCTV yang memutuskan untuk tidak memutar lagu Despacito. Hal itu dilakukan sebagai bentuk sikap tegas stasiun televisi untuk memperhatikan konten dari lagu yang ditayangkan. Beberapa stasiun televisi lainnya juga menyusul memutuskan untuk tidak menampilkan lagu tersebut.

4. Dilaporkan ke KPID

KPI

Kontroversi terkait lirik Despacito juga mengundang perhatian Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID). KPID menindaklanjuti aduan masalah lirik lagu yang masuk kepadanya dengan mengumpulkan data dan informasi terkait siaran lagu tersebut di televisi maupun radio. KPID telah menegaskan agar lagu Despacito yang memiliki lirik kurang pantas segera dihapus dari layanan penyiaran. Pasalnya, tidak semua masyarakat Indonesia merasa nyaman dengan lirik lagu Despacito yang berbau pornografi.

5. Mendorong Pembuatan Lagu Alternatif

Walaupun marak kontroversi terkait lirik Despacito, hal itu justru mendorong munculnya kreativitas para musisi lokal dalam membuat lagu-lagu alternatif. Mereka menciptakan lagu-lagu dengan lirik bahasa Indonesia yang tidak kalah enak didengar. Sebagai contoh, lagu “Kamu yang Kutunggu” yang dipopulerkan oleh Rossa dan Afgan, serta lagu “Asal Kau Bahagia” yang dinyanyikan oleh Armada.

Dalam kontroversi terkait lirik Despacito ini masalah kesadaran dan penghargaan berbudaya jangan sampai pudar. Kita perlu memahami bahwa budaya Indonesia memiliki karakter yang sangat spesifik dan perlu dilestarikan dan dikembangkan. Sehingga perlu adanya penjagaan terhadap permukaan dan kedalaman kearifan lokal, termasuk dalam hal memilih dan menyampaikan informasi atau konten di ruang publik seperti musik.

Interaksi antara Budaya Latin dan Indonesia dalam Lirik Despacito


Budaya Latin dan Indonesia dalam Lirik Despacito

Lagu “Despacito” yang dipopulerkan oleh Luis Fonsi bersama Daddy Yankee ini mengguncang pasar musik dunia. Dan tidak hanya itu, lirik yang dituliskan dalam bahasa Spanyol ini juga berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia. Selain itu, terdapat interaksi yang begitu erat antara budaya Latin dan Indonesia dalam lirik “Despacito” ini.

Pada Bagian dari lirik yang mengatakan “Saya ingin bernafas dalam napas Anda yang lembut”, dapat dikatakan jika arti dari kalimat ini adalah sebuah ungkapan cinta yang begitu indah. Sejatinya, penggunaan kata “napas” dalam bahasa Spanyol mengandung nuansa yang berbeda dengan di Indonesia. Namun, melalui adaptasi dan terjemahan yang dilakukan oleh para pencinta musik Indonesia, makna pesan hati dari kalimat ini tetap tersampaikan.

Tidak hanya itu, lirik “Despacito” juga sering dimainkan pada pertunjukan dangdut di Indonesia. Mereka berhasil membawakan lagu ini sesuai dengan budaya musik Indonesia. Lirik lagu “qué es lo que está en tu mente?” Dalam bahasa Indonesia berubah menjadi “apa yang ada di pikiranmu?” Adapun penggunaan bahasa Indonesia dalam ini digunakan untuk menyesuaikan dengan budaya Indonesia.

Interaksi antara budaya Latin dan Indonesia dalam lirik “Despacito” dapat juga dilihat dalam penggunaan bahasa. Bahasa Spanyol, sebagai bahasa Ibu Lagu “Despacito” punya karakteristik tersendiri. Bahasa yang identik dengan perasaan romantis dan hangat ini sukses menyatu dengan budaya Indonesia. Hal ini tercermin dari banyaknya satu kitab romantika Indonesia yang mengadaptasi titel “Despacito” sebagai judul cerita mereka.

Budaya Latin juga mempengaruhi perkembangan musik daerah di Indonesia. Terdapat beberapa musisi Indonesia yang terinspirasi oleh alunan Salsa yang khas pada “Despacito”. Hal ini tercermin dalam lirik lagu “Cita Citata” yang mengambil melodi tanpa lisensi dari “Despacito”. Namun, banyak pengguna Twitter dan Youtube yang mempertanyakan keaslian lagu tersebut dan menilai Cita Citata selaku pencipta lagu telah mengambil ide dan tidak menghargai lagu “Despacito” yang sudah mendunia.

Kesimpulannya, lirik lagu “Despacito” yang dinyanyikan dalam bahasa Spanyol tersebut, tetap bisa disetarakan dengan budaya musik Indonesia. Penggunaan bahasa dan lirik dapat diadaptasi agar lagu ini dapat menembus pasar musik Indonesia. Penggunaan budaya dari dua negara yang berbeda dalam lirik lagu “Despacito” dapat memuaskan cita rasa banyak orang. Semoga saja kerjasama seni dan budaya ini dapat terus dirajut agar menjadi sebuah kesatuan yang lebih baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *